Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

ADo it Yourself - Atasi Spidometer Thunder Ngadat

Navigation: Otomotif » Mobil - Perawatan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Atenx


Emang nyebelin kalau indikator kecepatan motor atau istilah kerennya spidometer ngadat. Seperti yang dialami Cesar Reza (CR), salah satu pengguna Suzuki Thunder 125 lansiran 2008. “Dari pertama beli, spidometer belum pernah gue utak-atik atau putus. Eh tau-tau sekarang malah mati sendiri,” ujarnya sebel.

Apa yang jadi keluhan CR, menurut analisa Hasan Basri bisa disebabkan beberapa hal. “Selain putusnya kabel spido, hal-hal seperti baut pengikat yang kendur, kotoran yang terdapat dalam selongsong kabel spido, atau kabel yang kejepit bisa jadi penyebab perangkat tersebut ogah muter,” kata mekanik yang beralamat di Pos Pengumben, Jakbar ini.

Daripada hanya mengeluh, mendingan cek and ricek biar spidometer bisa berfungsi lagi. “Karena penyebabnya tergolong enggak rumit, urusan benerin perangkat ini bisa dilakukan sendiri di rumah kok,” bilang Hasan.

Hal pertama kali dilakukan adalah lepas 2 buah baut yang jadi tatakan lampu dengan bantuan kunci ring 10 (gbr.1). Dari sini, langsung lihat ke bagian bawah spidometer akan terlihat 2 buah kabel yang mengarah pada panel indikator. Nah yang sebelah kanan adalah kabel spidometer, selanjutnya lepas kabel tersebut dengan bantuan tang.

Kalau sudah, langsung periksa rumah nipelnya (gbr.2). Bila drat pengunci kendur karena getaran bisa mengakibatkan posisi nipel kurang pas, akibatnya spido jadi ko’it. “Untuk solusi yang dilakukan bila drat kendur yang jadi penyebabnya adalah dengan mengencangkannya kembali,” terang pria bertubuh langsing ini.

Kemungkinan biang kerok berikutnya karena kotoran yang sudah menumpuk pada bagian selongsong kabel spido. Cara bersihkannya tinggal masukkan bensin ke dalam selongsong dan lanjutkan dengan tarik ulur kabel tersebut beberapa kali. Bila dirasa sudah bersih lanjutkan dengan melumuri pelumas.

Selain bagian kabel, periksa juga poros pada as roda depan (gbr.3). Enggak jauh beda dengan cara sebelumnya. Bagian ini cukup dibersihkan atau dikencangkan bila drat penguncinya longgar.

Nah untuk membersihkan bagian ini, harus melepas pelek depan dulu. Bila sudah lepas, langsung bersihkan dengan bantuan sikat di bagian yang kotor. ”Jangan lupa, akhiri dengan memberi gemuk di bagian tersebut,” kata pria humoris ini.

Langkah terakhir, atur ulang jalur kabel spidometer (gbr.4). Urut kembali lajur kabel mulai dari poros di as roda depan sampai pada rumah spidometer di setang. “Biasanya kabel spido terjepit as sokbreker di bagian segitiga depan,” tutup pria yang akrab disapa Acan ini.

Sumber :Penulis: Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

MERAWAT TANGKI MOTOR HONDA TIGER (MOTOR SPORT)
Bagi para pemilik sepeda motor Honda terutama motor Sport ( Tiger 2000, Mega pro, GL Pro series) ter...

Perawatan standar tengah - Hindari As atau rumah standar tengah Aus atau kering..
Bagi motomania yang cuma ngerti naikin motor, pasti kerap melupakan standar tengah. Padahal peranti ...

BMW 318i dan Peugeot 206 - Cermat Saat Transmisi Matik Tertahan
BMW E36 memang cenderung sulit. Tanpa adanya bantuan batang dipstik, oli perlu dikuras terlebih dulu...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru