Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Audio Mobil - Menghilangkan Efek Storing


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Anton

Gejala storing (alternator whine) kerap terjadi pada kabin mobil, yang sudah diupgrade sistem audio standarnya. Gejala awal yang sering muncul, kerap muncul suara melengking mengikuti putaran mesin mobil. "Bunyi seperti suara nguing akan semakin terdengar dan melengking, pada 2 ribu rpm ke atas," buka Maslim Djanuanto, instalatur Basis Audio di Taman Meruya, Jakbar.

Meski usia mobil terbilang masih muda, tak bisa dijadikan patokan untuk terhindar dari efek negatif kelistrikan ini. Pasalnya gejala storing biasa muncul setelah upgrade atau memasang komponen audio baru. Seperti mengganti head unit standar pakai versi aftermarket, atau menambah speaker berikut power amplifier-nya.

Awal permasalahan sebenarnya berasal dari instalasi perkabelan tiap komponen audio yang dipasang. "Idealnya jika sudah pakai komponen pengganti atau tambahan, seperti head unit dan power amplifier, posisikan kabel ground tiap komponen pada satu titik dan ja­ngan dipisah," anjur Maslim menambahkan.


gbr.1

gbr.2

gbr.3

gbr.4

Cari posisi terbaik untuk menempatkan titik ground tambahan tadi. Paling baik diletakkan menyatu pada pelat yang cukup tebal. Seperti pada pegangan safety belt, atau di pelat kaki penyangga jok belakang (Gbr.01). Pertimba­ngannya, kedua posisi ini punya ketebalan pelat cukup bagus.

Sebelum kabel ground tiap komponen dipasang, gerus permukaan pelat yang akan dijadikan titik ground pakai gerinda (Gbr.02). Tujuannya agar posisi peletakan ujung kabel bisa rata dengan permukaan pelat. Kemudian beri sedikit gemuk (grease) pada permukaan bekas gerusan tadi (Gbr.03) agar tak menimbulkan karat. Sebab efek storing bisa muncul lagi, jika pelat berkarat.

Jangan lupa memberi jarak antara posisi kabel RCA (kabel sinyal) dengan kabel listrik. Jarak antara ke­duanya minimal sejauh 20 cm (Gbr.04). Dijamin efek storing tak akan muncul lagi. 

Lebih dalam seputar tips audio mobil, silahkan gabung forum otomotifnet.com. Atau klik link berikut:

Sumber : Penulis: Anton
 - otomotifnet.com



Sponsored Links

Peratawan Mesin - Prosedur ,menganti oli mesin?
Ritual yang wajib dilakoni agar mesin motor kesayangan tetap awet adalah dengan mengganti oli mesinn...

Memeriksa Karburator
Karburator membuat butir-butir bensin mengapung dan bercampur dengan udara sebelum diberikan ke sili...

Bahaya! Ban Motor Tipe Tube Dibikin Tubeless
Banyak pemilik motor melakukan kekeliruan terhadap bannya. Entah karena mengikuti perkembangan tekno...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru