Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Kampas Kopling Jupiter MX gosong?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Aant / Aant - otomotifnet.com

Bukan rahasia kalo Yamaha Jupiter MX, khususnya generasi awal punya kelemahan di kopling. Kampasnya mudah gosong.

 

"Sebab oli yang melumasi plus mendinginkan kampas jumlahnya tak mencukupi," jabar Kurniawan Budi Susilo dari bengkel Kurnia Motor (KM).

 

 

 

Maklum, konstruksi koplingnya menggantung tinggi dan jauh dari oli yang sebagian besar ada di karter. Ditambah lagi rumah koplingnya sangat rapat, makanya oli yang masuk minim.

 

 

Jika dibiarkan, umur kampas tak akan lama. "Paling tahan 6 bulan, bahkan ada yang cuma 3 bulan sudah gosong, terutama yang cara berkendaranya suka nyelip kopling," lanjut pria yang dibantu 3 orang ini.

 

 

 

Lalu, gimana agar kampas tak mudah gosong? Beberapa saat lalu, ada yang berkreasi dengan melubangi rumah kopling dan ganti kampas pakai milik Honda Karisma. Terakhir mengganti rumah kopling pakai punya MX keluaran terakhir.

 

"Tapi cara pertama tak menyelesaikan masalah, karena suplai oli tetap minim. Sedang cara kedua, untuk menebus rumah kopling satu set biaya yang dikeluarkan tak sedikit," tutur pria yang menoleh jika dipanggil Susilo ini.

 

Trus gimana, dong? Karena penyebabnya adalah kekeringan, maka kudu 'disiram' agar basah. "Setelah riset lama, akhirnya ditemukan trik simple dan murah," urai pemilik bengkel di Ruko Puri Beta No.7, Jl. Ciledug Raya Tangerang.

 

Dengan 'membocorkan' sedikit oli yang menuju kruk as, lewat pembuatan jalur tambahan di bak kopling. Letaknya pas di samping rumah kopling, jadi oli menyemprot membasahi kampas.

 

 

Sudah tahu prinsipnya kan? Mari dipraktikkan. Buka bak kopling dengan melepas ke-10 baut dengan kunci T-8. Sebelumnya lepas dulu footstep depan, tuas kick starter, tuas stut kopling, dan mengetap oli.

 

Lalu siapkan bor plus mata berdiameter maksimal 1,5 mm. "Jangan kegedean, agar suplai oli ke kruk as tetap mencukupi," wantinya. Pertama buat titik pengeboran

 

 

Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 

Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5

Gbr 5

 

 

lalu bor sampai tembus Sudah? Cuci pakai bensin agar serbuk sisa pengeboran hilang.

 

Kelar, deh. Namun sebelum dirakit, menurut Susilo, mumpung sedang dibongkar jika mau lebih maksimal mesti sekalian ganti kampas (gbr.3) dan per kopling (gbr.4). Karena kampas dan per bawaan terlalu lembek, efeknya gampang selip dan bikin bensin boros.

 

Gantinya pilih per yang tekanannya lebih kuat dan kampas yang bahannya lebih bagus. Makin maksimal lagi jika judder spring (gbr.5) dilepas.

 

"Tiap pindah gigi jadi terasa lebih menyentak," ujar Susilo sambil berbisik garansi pengerjaan selamanya, sedang per dan kampas kopling 3 tahun dan 10 bulan.

 

Sekarang, koplingnya basah-basah-basah...!


Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com


bandit46 commented on 29 Dec 2010, 04:23:28
bos,bak kopling ane d bor sama bg ane 5 mm. dah ane blg tlg bor 1,5 mm.(mata bor ny. krn ane butuh motor buat k kampus terpaksa d pasang doeloe dgn ane isi oli mesin nya 1 L biar gak kurang oli k kruk as.gmn pendapat dan solusinyadari bos??
makasih....



Sponsored Links

Merasakan Kenyamanan dan Ketangguhan Mercedes-Benz
Menguji kemampuan bus? Dipastikan kurang populer dilakukan oleh media otomotif. Pasalnya, bus bukan ...

Service Guidance - Ganti Motor Van Radiator Avanza
Bagi pemilik Toyota Avanza yang mobilnya telah berjalan lebih dari 90.000 km jangan langsung panik b...

SARINGAN UDARA DAN SISTEM PEMBUANGAN
1. Saringan udara


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru