Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda murah hanya
Rp84.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini.
5 in 1 dengan fungsi tambahan, bisa sekaligus sebagai palu, pisau kecil, lampu putih, lampu red darurat!
Rp150.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil, car organizer
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Kampas Kopling Jupiter MX gosong?

 Print this page 

Author: Aant / Aant - otomotifnet.com

Bukan rahasia kalo Yamaha Jupiter MX, khususnya generasi awal punya kelemahan di kopling. Kampasnya mudah gosong.

 

"Sebab oli yang melumasi plus mendinginkan kampas jumlahnya tak mencukupi," jabar Kurniawan Budi Susilo dari bengkel Kurnia Motor (KM).

 

 

 

Maklum, konstruksi koplingnya menggantung tinggi dan jauh dari oli yang sebagian besar ada di karter. Ditambah lagi rumah koplingnya sangat rapat, makanya oli yang masuk minim.

 

 

Jika dibiarkan, umur kampas tak akan lama. "Paling tahan 6 bulan, bahkan ada yang cuma 3 bulan sudah gosong, terutama yang cara berkendaranya suka nyelip kopling," lanjut pria yang dibantu 3 orang ini.

 

 

 

Lalu, gimana agar kampas tak mudah gosong? Beberapa saat lalu, ada yang berkreasi dengan melubangi rumah kopling dan ganti kampas pakai milik Honda Karisma. Terakhir mengganti rumah kopling pakai punya MX keluaran terakhir.

 

"Tapi cara pertama tak menyelesaikan masalah, karena suplai oli tetap minim. Sedang cara kedua, untuk menebus rumah kopling satu set biaya yang dikeluarkan tak sedikit," tutur pria yang menoleh jika dipanggil Susilo ini.

 

Trus gimana, dong? Karena penyebabnya adalah kekeringan, maka kudu 'disiram' agar basah. "Setelah riset lama, akhirnya ditemukan trik simple dan murah," urai pemilik bengkel di Ruko Puri Beta No.7, Jl. Ciledug Raya Tangerang.

 

Dengan 'membocorkan' sedikit oli yang menuju kruk as, lewat pembuatan jalur tambahan di bak kopling. Letaknya pas di samping rumah kopling, jadi oli menyemprot membasahi kampas.

 

 

Sudah tahu prinsipnya kan? Mari dipraktikkan. Buka bak kopling dengan melepas ke-10 baut dengan kunci T-8. Sebelumnya lepas dulu footstep depan, tuas kick starter, tuas stut kopling, dan mengetap oli.

 

Lalu siapkan bor plus mata berdiameter maksimal 1,5 mm. "Jangan kegedean, agar suplai oli ke kruk as tetap mencukupi," wantinya. Pertama buat titik pengeboran

 

 

Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 

Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5

Gbr 5

 

 

lalu bor sampai tembus Sudah? Cuci pakai bensin agar serbuk sisa pengeboran hilang.

 

Kelar, deh. Namun sebelum dirakit, menurut Susilo, mumpung sedang dibongkar jika mau lebih maksimal mesti sekalian ganti kampas (gbr.3) dan per kopling (gbr.4). Karena kampas dan per bawaan terlalu lembek, efeknya gampang selip dan bikin bensin boros.

 

Gantinya pilih per yang tekanannya lebih kuat dan kampas yang bahannya lebih bagus. Makin maksimal lagi jika judder spring (gbr.5) dilepas.

 

"Tiap pindah gigi jadi terasa lebih menyentak," ujar Susilo sambil berbisik garansi pengerjaan selamanya, sedang per dan kampas kopling 3 tahun dan 10 bulan.

 

Sekarang, koplingnya basah-basah-basah...!


Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com


bandit46 commented on 29 Dec 2010, 10:23:28
bos,bak kopling ane d bor sama bg ane 5 mm. dah ane blg tlg bor 1,5 mm.(mata bor ny. krn ane butuh motor buat k kampus terpaksa d pasang doeloe dgn ane isi oli mesin nya 1 L biar gak kurang oli k kruk as.gmn pendapat dan solusinyadari bos??
makasih....


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Self Diagnosis Yamaha V-Ixion - Deteksi Sensor Tak Fungsi
Salah satu keunggulan motor berbasis fuel injection seperti Yamaha V-Ixion yaitu kemampuan ECU memba...

Tips untuk pergi jauh saat menggunakan kendaraan!
1.periksalah ban pada kendaraan 2.periksalah mesin kendaraan

Yamaha Mio - Stel klep 0,08 mm agar Mio kembali langsam!!
Setelah diservis di bengkel umum, Sugiantoro mengeluhkan keadaan Ya­maha Mio Sporty keluaran 2007 mi...



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

5 in 1 Kenmaster, alat multifungsi saat darurat :
- Jump Starter (Pengganti aki mobil mati)
- Pompa ban
- Lampu penerang jalan (Pengganti lampu mobil/motor yang rusak, taruh di jendela atau tempat lain)
- Power Bank (charger handphone/tablet/gadget)
- DC Output 12V
Rp799.000



Uniqtro Racun Api Mini
Sangat efektif memadamkan api dalam sekejap jika ada bagian terbakar, wajib untuk mobil/truk, bisa juga untuk motor. Sangat murah dibandingkan mobil anda terbakar seluruhnya, hanya
Rp130.000


Pembersih Kaca Windshield
- Menjangkau Tempat Sulit
- Mampu membersihkan hanya dengan air biasa, hasilnya kaca anda tampak bersinar
- Bahan Aman untuk kaca
- Cocok untuk perjalanan jauh, menghilangkan kabut & kelembaban kaca mobil
- Untuk semua ukuran mobil, truk, SUV dan bahkan RV
Rp124.999



Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru