Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification Guidance - Paket bore-up suzuki smash 127 cc?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Teguh

Memang sekarang ini lagi ngetren, motor dengan ubahan bore-up dan sudah banyak pula kuda besi yang dipermak, mulai dari skutik, sport hingga bebek. Yang ingin mengandalkan tarikan tambah kenceng dan juga motor jadi ā€™iritā€™, katanya.

 

Dengan digantinya seher standar yang lebih besar akan menjadi lebih enteng, karena kompresi pembakaran lebih besar dan padat. Untuk harga bikin bore-up, sangat bervariasi dari ratusan ribu sampai jutaan dan tergantung keinginan pemilik.

 

Nah, untuk pemilik Suzuki Smash yang mau motornya dibore-up dengan dana minim, bisa baca info ini.

 

ā€¯Kalo paket bore-up Smash kurang lebih sekitar Rp 800 ribu. Kapasitas mesinnya menjadi sekitar 127 cc,ā€¯ sahut Nasrudin Kamil dari Ondolā€™s Selatan Motor (OSM) di Jl. Praja Dalam E No.37, Jaksel.

 

ā€¯Itu sudah termasuk blok mesin orisinal yang baru,ā€¯ ungkap mantan mekanik Suzuki Cengkareng, Jakbar ini. Harga blok mesin orisinal Smash seharga Rp 350 ribu. Tak lupa, blok mesin dipapas 2 mm biar seher tambah nongol dan dikorter di tukang bubut sesuai seher (gbr.1) & (gbr.4).

 

 

 

 

 


Gbr 1 Gbr 2

Gambar 1-2

 

 

 

 

 

Setelah blok mesin dipapas, seher juga kena coak diikuti squish head standarnya sebanyak 1 mm (gbr.2). Buat ukuran seher standar Suzuki Smash 53,5 mm. ā€¯Tergantung mau yang mana? Pakai seher Suzuki Thunder atau Honda Tiger,ā€¯ serunya lagi.

 

Harga seher standar merek NPR buat Suzuki Thunder dibanderol Rp 135 ribu/set (gbr.3). Sedangkan seher standar Honda Tiger Rp 110 ribu/set.

 

ā€¯Ukuran diameter seher Thunder 57 mm, kalau ukuran Tiger 63 mm,ā€¯ ujar Ari Gepenk dari G Motor (GM).


Gbr 3 Gbr 4

Gambar 3-4

 

 

Kalau mau pakai seher Tiger harus gedein crankcase, karena ukuran Tiger lebih besar 6,5 mm dari ukuran seher orisinal Thunder. ā€¯Biar enak, setingan klep in dan outnya masing-masing 0,10 mm,ā€¯ ujar Gepenk panggilan akrabnya. Di bagian pengabut, karbu standar juga masih bisa digunakan.

 

Tapi agar tarikan lebih maksimal tinggal menaikkan spuyernya dengan main jet standar Smash 92,5 jadi 110 dan pilot jet 15 jadi 17,5 atau 25. Untuk harga spuyer sekitar Rp 50 ribu dua buah.

 

Knalpot, bakal kurang pas bila ruang bakar sudah disetting buat kencang tapi saluran gas buang masih standar. ā€¯Sisa gas buang jadi gak los atau plong. Jadi, biar tarikan yahud bisa dibobok atau ganti model racing,ā€¯ sahut Chumil sapaan Nasrudin Kamil.

 

Sumber :Penulis/Foto : Teguh - otomotifnet.com


imam commented on 14 Aug 2012, 15:23:43
bisa minta no tlp yg d praja dalam...

rico_anthony commented on 19 Jan 2013, 13:09:07
nomor telp yg bs dihubungi brp gan?

monang harahap commented on 13 Feb 2013, 12:59:33
berapa no hp yg bisa di hub. gan ?



Sponsored Links

Kawasaki Ninja 150 - Subtitusi kiprok Ninja 150 pakai punya vespa bisa stabil!
Bila motor Sampean menganut kelistrikan AC macam Kawasaki Ninja 150 dan tiba-tiba pengisian tak lagi...

Kap Mesin - Enggak hujan, kaca kok berembun yah!
Pusing rasanya mengemudi tapi pandangan terhalang embun. Padahal lagi enggak hujan! Seperti yang dik...

MENCARI GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN
PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN PENDINGIN 1. Mameriksa ketinggian air pendingin a. Periksa ketinggia...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru