Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda
Rp230.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini
Rp99.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Modifikasi Guidance - Pasang Seat Belt Otomatis


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Suryo Sudjatmiko

Sebagian besar mobil baru dilengkapi dengan sabuk pengaman yang otomatis dapat menggulung sendiri. Jenis seatbelt ini jelas menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Jika ingin menggunakan tinggal tarik dan kaitkan. Jika tidak, maka sabuknya akan menggulung secara otomatis dengan sendirinya. Singkatnya kita sebut sebagai seatbelt otomatis.

Beberapa jenis jip lawas, seperti Jimny, Feroza/Taft, hanya dilengkapi sabuk pengaman manual yang harus disetel terlebih dahulu sebelum dikaitkan. Bahkan Suzuki Katana dan Feroza mewariskan sabuk pengaman model jahiliah ini hingga produksi terakhirnya. Jelas, ini tidak praktis.

Mengakalinya, kita dapat memasang seatbelt otomatis. Maraknya produk aftermarket serta eks mobil limbah, membuat pilihan lebih banyak dan beragam. "Pada dasarnya, semua jenis sabuk pengaman otomatis bisa dipergunakan. Hanya lebih baik disesuaikan dengan tempat yang dimiliki jip bersangkutan," tutur Yusuf Ramadhan dari D2 Depok.

"Untuk beberapa jip seperti Jeep CJ, YJ maupun Land Cruiser FJ40 memiliki desain berbeda dengan yang biasa terpasang pada mobil niaga ataupun sedan. Jip-jip tersebut menggunakan jenis dengan penggulung yang dipasang menghadap ke luar," lanjut pemuda bertubuh ceking ini.

"Sedangkan Jimny, Taft maupun Feroza dirancang dengan seatbelt otomatis yang gulungannya menghadap ke dalam. Itu terdapat pada model yang dipasarkan di luar Indonesia. Di Indonesia Hanya Caribian saja yang dilengkapi seatbelt semacam ini," tambah pria yang akrab dipanggil Dede ini. "Nah…seatbelt jenis gulungan dalam inilah yang banyak dan mudah ditemui di pasaran," tambahnya.

Sebuah Jimny lansiran tahun 1982 kami ambil sebagai contoh untuk pemasang seatbelt kali ini. Apa yang coba diaplikasikan pada Jimny tersebut mengacu pada apa yang telah diaplikasikan pada Jimny Caribian ataupun Jimny yang beredar di luar negeri. Demikian juga dengan pemasangan seatbelt pada Daihatsu Taft dan Feroza, seyogyanya mengacu pada seatbelt yang terpasang pada model terbarunya.

Lalu bagaimana dengan jip-jip lain?...Bisa saja mengunakan cara ini, hanya saja dilihat terlebih dulu konstruksi yang dimilikinya. Apakah cocok dengan model gulungan luar atau dalam…

Langkah.

  1. Tandai dengan mal tempat yang akan dibuat rongga pada pilar B. Sebaiknya  mal mengacu pada jip sejenis terbaru yang sudah dilengkapi dengan seatbelt otomatis. (seperti Jimny Caribian untuk keluarga Jimny, dan Taft F78/73 untuk keluarga Taft dan Feroza)
     
  2. Buatlah rongga yang digunakan untuk menyimpan gulungan belt dengan mengunakan gerinda potong. Bisa juga dipotong dengan menggunakan api las, namun cara pertama tersebut dinilai lebih aman dan menghindari cat rusak.
     
  3. Tekuk plat pada bagian yang baru saja dipotong tersebut. Tujuannya selain menambah kekuatan pada bagian tersebut, supaya bagian bekas potongan tersebut tidak tajam dan lebih rapi.
     
  4. Pergunakan bor untuk membuat lobang baut pengikat gulungan seatbelt. Sesuaikan dengan dimensi yang dimiliki oleh lobang baut gulungan seat belt tersebut
     
  5. Tandai bagian yang aakan dijadikan lobang baut penutup rongga seat belt.. Gunakan penutup satbeltnya sebagai mal, lalu bor bagian tersebut
     
  6. Supaya lebih cantik, cat bagian bekas potongang tersebut.
     
  7. Pasang gulungan seatbelt pada tempatnya dan eratkan baut pengikatnya
     
  8. Pasang penutup rongga seatbelt.

Sumber : Penulis/Foto : Suryo Sudjatmiko - otomotifnet.com


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Problem Solving - mengatasi knalpot slip on bocor?
Saat ini, knalpot aftermarket untuk 4-Tak model slip on lagi in dan digemari motormania. Maklum, unt...

Tips Djarum Black - Hati-Hati Memilih Radiator Coolant
Disinyalir, pakai cairan radiator coolant bisa bikin mesin lebih adem. Akan tetapi, beberapa kejadia...

Throuble Shooting - Mengapa bearing cam Mio berisik?
Setelah pemakaian kurang lebih 2 tahun, Indra Yanto pemilik Yamaha Mio keluaran 2007 merasakan ada y...



** Produk Otomotif **
Belanja online lebih hemat, dapatkan harga diskon & gratis ongkir :

Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru