Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda
Rp230.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini
Rp99.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Part kelistrikan - Panduan memasang aki kering?


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Atenx

Gambar 1

 

 

 

 

 

Ngomongin peranti kelistrikan di sepeda motor memang gak ada habisnya. Khususnya bagian aki, yang bisa dibilang jantung kelistrikan pada kuda besi. Nah, setelah berkenalan dengan aki kering pada edisi lalu, sekarang kita bahas cara aplikasinya.

 

Gak bisa sembarangan bila mau aplikasi aki kering ke motor yang aslinya memakai aki basah! Sebab ada komponen kelistrikan yang tidak dimiliki pada motor yang bawaannya memakai aki basah," ujar Adi dari Adi Motor (AM) di daerah Komp. Kodam, Jaksel.

 

Menurut pria yang ahli dalam bidang elektronika ini, dasarnya aki kering memiliki prinsip kerja yang berbeda dengan aki basah, khususnya dalam urusan suplai arus. "Jadi perlu penyesuaian agar aki enggak cepat jebol," tambahnya.

 

 

 

Gambar 2
Skema rangkaian transistor dan IC regulator

 

Ada dua perangkat yang harus ditambahkan atau diubah bila mau mengadopsi aki yang memiliki sifat free maintenance ini. Nah, mau tahu perangkat tambahannya? Simak penjelasan pria yang akrab disapa Bewok berikut ini.

 

 

 

Rangkaian Tambahan

 

 

 


Pokok permasalahan yang ditemui saat mengaplikasi aki kering adalah pengisian yang terlalu besar. Meski voltase menunjukkan angka sama; 12 volt, namun saat mesin dinyalakan arus yang diterima lebih besar dan tidak stabil pada rpm di atas 5.000.

 

Kalaupun dipasangkan resistor, itupun harus ada yang dikorbankan. Kalau volt diberi tahanan, otomatis angka ampere yang akan naik dengan sendirinya. Solusinya, silakan pasang rangkaian yang terdiri dari transistor dan IC regulator.

 

 

 

 

Gambar 3
Transistor seri 2N3055 dan IC regulator jenis 7815


Cangkok soket kiprok agar bisa kanibal dari motor lain

Dua perangkat ini berfungsi menyelaraskan tegangan volt yang ngisi ke aki kering. Dengan pemakaian perangkat ini, arus yang diterima bakal flat sebesar 14,8 volt pada rpm tertinggi. Eits, tapi dengan catatan! Materi yang digunakan harus memiliki seri yang sesuai.

 

Untuk transistor, silakan pakai jenis yang biasa disebut model jengkol dengan seri 2N3055. Komponen lainnya adalah IC Regulator dengan jenis 7815. "Nah, untuk cara pasangnya monggo lihat skema," ucap Adi yang juga bilang untuk jenis IC regulatornya pakai yang PNP (positif-negatif-positif).

 

 

 

Gambar 4

Pakai Kiprok Bawaan Aki Kering

 

Mau yang lebih gampang? Bisa pakai kiprok bawaan motor yang sudah memakai aki kering. Sebab, kiprok dari motor yang sudah mengaplikasi aki kering sejak lahir, sudah dilengkapi dengan fedtru alias penyelaras voltase.

 

Ambil contoh Suzuki Smash yang mau pakai aki kering, boleh pakai kiprok milik Shogun 125 yang speknya sudah sesuai dengan aki kering. Biar soketnya klop, silakan cangkok dari motor yang sama.

 

 

Sumber :Penulis/Foto : Atenx - otomotifnet.com


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

service transmisi manual pada toyota kijang dan corolla
PEMASANGAN DAN MERAKIT.service transmisi manual pada toyota kijang dan corolla

Keran vakum Yamaha Mio ngadat?Dibikin manual, pasti bisa kok!
Untuk para otomania yang hobi tarik ulur kabel gas, maksudnya wirawiri pakai kuda besi, pasti jengke...

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 - Subtitusi part aksesori Ninja 250cc
Mengacu harga jualnya yang Rp 46 jutaan, semua setuju kalau target pembeli Kawasaki Ninja 250 kelas ...



** Produk Otomotif **
Belanja online lebih hemat, dapatkan harga diskon & gratis ongkir :

Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru