Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

PEMERIKSAAN KOMPONEN TRANSMISI


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Ridwan

1. Periksa poros output dan luncuran dalam.

 

a) Menggunakan jangka sorong, ukur ketebalan flens poros
output. Ketebalan minimum 4,90 mm (0,1929 in).

 

b) Menggunakan jangka sorong, ukur ketebalan flens  luncuran dalam. Ketebalan minimum 3,9 mm (0,1535 in).

 

c) Menggunakan mikrometer, ukur diameter luar dari permukaan jurnal poros output.
Roda gigi-2 : Minimum 38,415 mm (1,5124 in) 
Roda gigiâ€"3 1 Minimum 38,415 mm (1,5124 in)

 

d) Menggunakan mikrometer, ukur diameter luar, dan luncuran dalam. Diameter minimum 36,98 (1,4559 in).

 

2. Menggunakan gauge, ukur keolengan poros output.
keolengan,11 maksimum 0,06 mm (0,0024 in).

 

Periksa celah oli roda gigi-1, menggunakan dial gauge, ukur
contoh oli antara gigi dan lumcuran daiam, dengan bantalan
rol jarum terpasang

Celah standar : 2 0,009 ·- 0,064 mm (0,0004 - 0,0025 in)
Celah maksimum : 0,064 mm (0,0025 in)
Bila celah oli melampaui maksimum, gantilah roda gigi, luncuran
dalam atau bantalan rol jarum.

 

3. Periksa celah oli roda gigi-2 dan 3, menggunakan dial gauge
ukur celah oli antara roda gigi dan poros dengan bantalan roda jarum terpasang.

Celah Standar : 0,06 - 0,11 min (0,00211 - 0,0043  in)
Celah maksimum : 0,11 mm (0,0043 in)
Bila celah oli melampaui nilai maksimum, gantilah roda  gigi atau poros output. 

 

 

4. Periksa ring synchmesh.
a) Putar dan tekan ring synchromesh untuk mengetahui
kemampuan pengeremmannya.

 

   
b) Ukur celah di antara, ring synchromesh dengan roda gigi.
Celah standar : 1,0 - 2,0 mm (0,039 - 0,079 iv)
Celah maksimum : 0,8 mm (0,031 in)
Bila celah kurang dari limit, gantilah Ping synchromesh  

 


5, Ukur celah antara garpu pemlndah dan hub sleeve, menggunakan feeler gauge, ukur celah antara hub sleeve dan garpu pemindah.
Celah maksimum 1,00 mm (0,039 in). Bila celah melampaui nilal
limit, ganti garpu pemindah atau hub sleeve.

 

 

 

6. Bila perlu, ganti bantalan pores input.

a) Menggunakan tang snap ring, lepas snap ring.

b) Menggunakan hidlrolik pres, lepas bantalan

 

 

 

 

 

c) Menggunakan hidrolik pres, pasang bantalan yang 
baru. SST 09506 - 30012.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d) Pilih snap ring untuk mandapatkan celah aksial minimum dan pasangan pada poros.

 

 

 

 

 

 

 

7. Bila perlu, ganti bantalan belakang poms output.
a) Menggunakan tang snap ring dan SST, kembangkan snap ring bantalan dan tekan bantalan masuk. SST 09710 - 30020 (09710 - 03020, 09710 - 03110).

 

 

 

 

 

 

 

 

b) Pasang penahan oli dan snap ring pada penahan bantalan.
c) Menggunakan tang snap ring dan SST, kembangkan snap ring bantalan dan tekan bantalan yang baru masuk. SST 09506-300l2 dan 09710-30020.
d) Ukur ketebalan aksial antara snap ring dengan penahan bantalan. Celah standar 0 - 0,1 mm (0 · 0,004 in)

 

 

 

 

 

c) Bila perlu, pilih Snap ring untuk mendapatkan kebebasan
aksial yang benar dan pasangkan pada penahan bantal  
Ketebalan snap ring:
 

8. Bila perlu, ganti perapat oli.

a) Menggunakan obeng, ungkit perapat oli keluar. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b) Menggunakan SST, tekan perapat oli yang baru masuk
Kedalaman perapat oli 10,3 - 11,1 (0,406 - 0,437 in). SST 09506 -35010.

 

 

 

 


9. Bila perlu, ganti perapat oli roda gigi gerak speedometer.
a) Menggunakan SST, tarik perapat oli keluar. SST 09921 - 00010

 

 

 

 

 

 

 

b) Menggunakan SST, pasang perapat oli yang baru. SST 09201 â€"- 60011. Kedalaman perapat oli 20 mm.

 

 

 

 

 

10. Bila perlu, ganti perapat oli.
a) Menggunakan obeng, ungkit perapat oli keluar,
b) Menggunakan SST, pasang perapat oli yang baru. SST 09304 -12012.

 

 

 

 

 

11. Bila perlu, ganti perapat oli dan bushing.

a) Menggunakan SST, lepas perapat keluar. SST 09308 - 00010 atau 09308 - 10010 dengan poros output terpasang

b) Panaskan ujung extension housing pada temperatur 100°C (176° â€" 212° F) d1 dalam pemanas oli

c) Menggunakan SST, lepas bushing dan pasang bushing 
baru. SST 09307 â€" 30010. 

 

 

c) Menggunakan SST, pasang perapat yang baru. SST  09307 - 30010.

 

 

 

 

 

 

d) Menggunakan SST, pasang perapat yang baru. SST 09307 - 30010.



Sponsored Links

Sistem bahan bakar
Sebelum dilakukan pembakaran, udara dan bensin harus dicmpur lebih dahulu sehingga menjadi berbentuk...

Plus Minus Honda BeAT dan Yamaha New Mio
Tidak bisa dipungkiri, dua skuter bebek (skubek) Honda BeAT dan Yamaha New Mio lagi berperang merebu...

Dampak Isu Kenaikan BBM - Trik Jitu Membeli Mobkas
Harga bensin yang sebentar lagi dinaikkan pemerintah, punya imbas cukup luas. Untuk itu masyarakat d...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru