Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Penyetelan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Ridwan

 

Saringan udara

 

 

 

Penyetelan katup/klep agar lebih irit
caranya :


Stela celah  klep agak renggang agar ketika klep overlap tidak banyak campuran bensin-udara yang ikut terbuang bersama gas bekas.
jangan terlalu renggang yang bisa mengakibatkan buka tutup klep tidak akurat dan bikin berisik, harus dalam batas toleransi buku panduan pabrik.
misalkan : beberapa jenis bebek stelan klep standar
in 0,05-0,07mm, dan out 0,08-0,10mm bila diukur memakai filter gauge.


lalu rubah stelan menjadi sama rata sekitar :
in 0,07mm, dan out 0,10mm bagi motor bebek
in 0,10mm(rapat), dan out 0,10mm(sliding) bagi motor skubek
in 0,10mm(rapat), dan out 0,15mm(sliding) bagi motor sport/torsi tinggi

untuk mengerjakan penyetelan ini sebaiknya dilakukan pada saat mesin dalam keadaan dingin, lalu bila motornya berisik dan mesin cepat panas, disarankan agar selalu
gunakan oli sesuai spesifikasi, sebab efek mesin cepat panas dan berisik umumnya dipengaruhi pemilihan oli terlalu encer, juga karena menyetel klep dalam
kondisi mesin masih panas.

supaya motor injeksi tidak mogok, selalu perhatikan kondisi aki apa masih bagus, mau ngedrop/memang sudah ngedrop atau sudah tidak bisa menyimpan strum lagi.
aki sumber energi utama komponen injeksi, selain gunakan masing-masing indikator, komponen pengapian dan instrumen kelistrikan lain.
cara sederhana melacak aki masih bagus, lagi ngedrop/ mau soak bisa dilakukan lewat cara manual. misalkan aki benar-benar masih fit kondisinya. biasanya lampu
indikator injeksi di panel spidometer akan terlihat terang. selain itu juga di motror injeksi akan sering terdengar suara nyaring putaran dinamo yang cepat didalam tangki
tanda pompa injeksi siap kerja. tapi kalau lampu indikator sudah mulai agak redup ditambah suara putaran dinamo pompa injeksi terdengar mengalun, itu artinya strum aki haurs di charge ulang.



Sponsored Links

All New Honda Jazz - ECU mugen dongkrak 20 DK bro!
Dunia balap sudah pasti ada faktor penting untuk meningkatkan performa mobil. Yang masih hangat yakn...

Sokbreker depan Honda Vario CBS Techno - good bye jedag - jedug Vario Techno?
Ada rasa penasaran saat Mr. Testo test ride Honda Vario CBS Techno. Sokbreker depannya terasa lebih ...

Bersih-bersih pipa knalpot yuks!
Bagian pipa knalpot memiliki peran yang cukup penting. Selain sebagai part penunjang tenaga mesin, p...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru