Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Perawatan CVT Skutik - Bersihin Filter CVT Suzuki Spin 125


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Banar - otomotifnet.com

Buat pembesut skutik, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya peranti CVT. Nah, kalo pengin tarikan tunggangan Anda tetap yahud, bagian ini mesti bersih dari segala macam kotoran. Pasalnya kalo rumah CVT atau komponen transmisi itu kemasukan kotoran maupun terkena minyak, akan timbul bunyi berisik kayak suara tikus kejepit dan sangat mengganggu kinerja CVT.

Lho rumah CVT kan tertutup rapat, kok bisa ada kotoran yang masuk? "Perlu sampean ketahui, di ruang CVT terdapat saluran udara masuk dari luar yang diisap kipas pada magnet. Fungsi udara ini untuk membantu mendinginkan ruang CVT dan onderdil di dalamnya agar tetap bekerja maksimal," jabar Iwan Hermawan, mekanik Suzuki Joglo (SJ) di Jl. Joglo Raya No.88 Kembangan, Jakbar.


Gambar 1 Gambar 2

 

Masih ujar Iwan. "Namun sebelum udara masuk ke ruang CVT, lebih dulu disaring filter CVT. Jika peranti itu sudah rusak/robek, tidak menutup kemungkinan udara bercampur kotoran masuk dari situ dan menimbulkan suara cit..cit..cit seperti suara hewan pengerat itu. Terutama saat akselerasi awal."

Biar hal ini enggak terjadi pada tunggangan kesayangan, kudu dicek dan dibersihkan secara rutin. Caranya juga gampang serta bisa dikerjakan sendiri. "Bersihinnya enggak harus nunggu saat servis rutin 2.500 km. Bisa juga lebih cepat, tergantung kondisi lingkungan yang Anda lewati rawan debu/kotoran apa tidak?" anjur Iwan.

Mau tahu caranya? Berikut akan diperagakan Iwan pada Suzuki Spin. "Eh, tunggu dulu. Rumah saringan CVT atau filternya, sama persis dengan Suzuki Skywave, lo," imbuh pria asli Tangerang ini sambil menunjuk ke bagian tersebut (gbr.1).


 

Gambar 3 Gambar 4

 

 

Lanjut ke cara bongkar. Pertama, buka 6 baut pengikat rumah filter pakai kunci T-8 (gbr.2). "Tunggu sebentar, ini mas lubang jalur udaranya berada di atas filter," tunjuk pria berkumis ini ke arah lubang saluran udara masuk (gbr.3).

Lalu lepas dan cek kondisi filter CVT-nya. Kalau sudah rusak segera diganti. Ongkos tebusnya juga tidak terlalu menguras isi dompet, kok. Cukup siapkan dana Rp 15 ribuan. Kalau masih bagus serta hanya kotor saja, bisa dibersihkan pakai udara bertekanan dari angin kompresor (gbr.4).

Meski begitu, pria ramah ini mewanti-wanti jangan pakai tekanan terlalu kuat atau kencang. "Karena dikhawatirkan bisa merusak filter tersebut," bilang lajang ini dengan mimik serius.

Nah kalau semua sudah beres, Anda tinggal merapikan kembali peranti yang sudah dilepas tadi seperti kondisi awal. Silakan dicoba sendiri Mase!


Sumber : Penulis/Foto: Banar - otomotifnet.com

 



Sponsored Links

Menguji Ketangguhan Hyundai H-1 di Jalur Pantura
Ketangguhan Hyundai H-1 dibuktikan dengan serangakai tes menempuh jarak 2.741 km yang diselenggarak...

Utilitas - Membersihkan Gril Bumper
Ibarat manusia, gril mobil tak ubahnya gigi yang ikut mempengaruhi tampilan. Kalau enggak gosok gigi...

Sokbreker Jupiter MX gampang jebol? ganti punya Nouvo Z coy!
Setiap motormania, pasti punya masalah tersendiri terhadap tunggangannya. Seperti dialami Rommy Hami...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru