Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Problem solving - Kipas radiator Jupiter MX loh, Kok mati?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Teguh/Teguh

Cegukan, enggak cuma terjadi pada manusia. Motor juga bisa, lo. Ugh.. ugh.. ugh.. gitu yang terjadi di Yamaha Jupiter MX 135.

 

Simpelnya, jalan besutan ini jadi tersendat-sendat. Waduh, enggak banget deh penyakitnya!

Kuda besi yang dilengkapi radiator ini bisa begitu tentu banyak pemicunya.

 

Makanya kudu dicek satu per satu. Banyak yang bilang sih, kipas radiatornya tidak bekerja dengan baik. Sehingga suhu mesin pun berlebihan.

 

 

Kalo kipas ngadat, radiator enggak bisa membantu mendinginkan suhu mesin dengan maksimal. "Nah, kipas akan bekerja sesuai sinyal dari sensor panas (thermo switch yang ada di samping kanan blok mesin) jika titik didih mencapai 95-98 C," ujar salah satu staf mekanik dealer Yamaha di daerah Ciledug, Tangerang, Banten yang ogah disebutkan namanya.

 

 


Gbr 1 Gbr 2

Gambar 1-2

 

 

 

Makanya, bagi MX-mania yang mengalami hal sama, harus waspada. Jangan didiamkan, karena bisa merusak komponen lain.

 

"Setidaknya, cek dulu deh komponen itu!" saran mekanik tadi. Caranya gampang, kok. Ada dua versi; "Bisa dengan dijumper atau dilangsungkan dari kabel kipas ke kunci kontak dan mengetes thermo switch (TS) tadi di atas air panas!"

 

Langkahnya, pertama siapkan kesabaran. Sebab baut yang mengikat bodi MX cukup banyak. Sudah? Oke, mulai membuka semua baut pengunci di cover bodi tengah pakai kunci L-4. Lalu lepas baut sayap samping kanan.

 

Dijumper


Setelah bodi terbuka, TS akan tampak (gbr.1). Untuk mendeteksi versi pertama, siapkan dua kabel. "Dengan cara menyambung kabel dari kipas ke kunci kontak atau ke aki (gbr.2)," ujar Kamil dari Ondol's Selatan Motor (OSM) di daerah Kostrad, Jaksel.

 

Lalu koneksi salah satu kabel dari kipas ke kunci kontak atau aki di kutub positif (+). Kabel yang satu lagi dihubungkan ke negatif (-). Apabila kipas berputar, berarti peranti itu masih berfungsi dengan normal dan bagus.

 

 


Gbr 3 Gbr 4

Gambar 3-4

 

 

Di Atas Air Mendidih


Kok di atas air panas? Karena komponen ini bekerja melalui suhu panas mesin. Sekarang siapkan dulu air mendidih (95-98 derajat Celcius). Lalu, copot thermo switch (gbr.3) dari dudukannya, gunakan kunci 19 pas.

 

Berikutnya, tes komponen itu di atas air yang mendidih untuk mengetahui O.K atau K.O komponen komponen itu (gbr.4).

 

Jika kipas berputar, berarti komponen itu bekerja dengan baik. Kalo sebaliknya, TS sudah mulai lemah dan harus diganti. "Kalo komponen itu rusak, mau gak mau beli baru. Sebab tak bisa dibetulin," tutup mekanik tadi lagi.

 

Sumber :Penulis/Foto: Teguh/Teguh - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - olusi Sok Belakang Skywave Goyang
Saat enak-enaknya bermanuver di tikungan, Putra Santoso pembesut skutik Suzuki Skywave 2008 merasaka...

Service guidance - Intake manifold Satria F150 bocor = boros BBM?
Tingginya jumlah penjualan motor di Tanah Air, sayangnya tak berbanding lurus dengan pengetahuan pem...

Kap Mesin - Enggak hujan, kaca kok berembun yah!
Pusing rasanya mengemudi tapi pandangan terhalang embun. Padahal lagi enggak hujan! Seperti yang dik...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru