Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Problem solving - mengatasi drat baut dol?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto:Iman

Motormania yang hobi ngutak-atik besutan kesayangan pasti sering atau pernah ngadepin baut slek atau dol gara-gara dratnya rusak. Kalo udah gitu, pasti bawaannya jengkel banget. Apalagi jika berkaitan sama komponen vital, kayak drat baut knalpot. Arrggh...

 

 

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

Mau gak mau, yang pertama kali terbayang pasti harus membuka head, lalu dibawa ke tukang bubut untuk didrat ulang. Sialnya melepas peranti itu bukan perkara mudah. Tambah ribet, motor itu juga buat dipakai sehari-hari. Masak mesti nginep di bengkel?

 

Ah, tapi itu gak akan terjadi. Karena sekarang banyak alat bantu yang dijual bebas. Intinya, peranti ngoprek itu bisa memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu.

 

Salah satunya tools untuk menangani drat baut yang aus itu. Cihuiii...!

Lebih sip, peranti bernama FiX A Thread yang dijajakan Rp 80 ribu di pasar Lindeteves, Kota ini gampang banget digunakan. Neh, Bang Cecep dari Sadam Motor (SM) di daerah Ragunan, Jaksel berbaik hati mempraktikkan pemakaiannya (gbr.1).

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

Produk ini di kemasannya tertulis dari Australia. "Lumayan bermanfaat buat urusan ngebengkel di rumah, kok. Selain itu, rumah baut atau dratnya lebih kuat dari aslinya dan tentu alat itu gampang digunakan," urai Bang Cecep yang kerap pakai peci ini.

 

Okeh, langsung aja ya. Masalah drat yang slek di knalpot bisa segera diatasi, deh. "Drat yang slek dihancurin aja pake mata bor tap dengan ukuran baut 10. Jangan lupa dibersihkan sisa hancurannya," lanjut Bang Cecep.

 

Lalu masukkan recoilnya. Oh ya, recoil itu semacam ulir tapi bentuk tepiannya lebih tajam, biar lebih jelas bisa lihat gambarnya (gbr.2). Lantas masukan recoil ke dalam drat yang baru dibuat tadi, lalu patahkan di dalam (gbr.3).

 

Oh ya, ternyata nyaris semua baut di motor kalau dratnya slek bisa diperbaiki. Bahkan sampai membuat ulir baru buat busi kalo dol atau aus, recoil juga tersedia dalam berbagai ukuran baut dan dijual Rp 3.500-5.000.

 

Sumber :Penulis/Foto:Iman - otomotifnet.com



Sponsored Links

Sokbreker Gas dan Kampas Rem Motor
Sokbreker aftermarket model balap produksi Bitubo kini masuk pasar Indonesia. Namun, khusus untuk pe...

Problem solving - Knalpot, sil jebol diganti glasswool donk..
Sambungan knalpot dari header ke pipa ada banyak macam. Salah satunya model mangkok (Gbr.1) yang bis...

Oto Tips Motor- Roller Skutik Ringan = Deselerasi Besar?
Umumnya, akselerasi jadi pujaan pengguna skutik. Maklum iklim kompetisi selalu berada di benak tiap ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru