Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Problem Solving - mengatasi knalpot slip on bocor?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Atenx

Saat ini, knalpot aftermarket untuk 4-Tak model slip on lagi in dan digemari motormania. Maklum, untuk urusan bongkar pasang, jadi sangat mudah dan membantu.

 

Cuma ya itu, di balik keistimewaannya, saluran gas buang jenis begini juga punya kelemahan, lo.

 

 

 

 

 

Contoh nih, ketika motor jatuh, kemungkinan knalpot bocor pada sambungan sangat besar (gbr.1).

 

Gambar 1

Gambar 1

 

 

Dampak yang paling terasa, suara yang dihasilkan peranti itu berubah jadi agak sember. Bahkan tak mustahil akan mempengaruhi tarikan.

 

Nah, buat Anda yang mengalami hal serupa, langsung saja dibenahi. “Caranya gampang kok, dan butuh modal gak sampai Rp 30 ribu,” ujar Yori, dari Yatim Speed (YS) di kawasan Manggarai, Jaktim. Mau tahu triknya? Langsung saja disimak.

 

Yang pertama harus diperhatikan adalah model slip on itu sendiri. Pasalnya, knalpot ini tersedia dengan sistem klem dan per. Walaupun prinsip kerjanya sama-sama mengikat pipa pada sambungan silencer, namun trik pembenahannya gak bisa disamakan.

 

Oke to the point aja! Pertama pisahkan dulu pipa knalpot dengan silencer-nya. Untuk yang model pegas, silakan lepas pernya lebih dulu. Nah, kalau yang model klem, langsung buka dengan bantuan kunci 8 atau 10.

 

Lantas potong sisa pipa yang ada di silencer dan ganti dengan pipa yang baru dengan bantuan tukang las (gbr.2).

 

 

Gambar 2

Gambar 2

 

 

Untuk ukuran panjang pipa, samakan dengan pipa aslinya. Dan untuk diameter, bisa diukur dari pipa knalpot yang bakal disambungkan dengan silencer.

 

“Yang jelas, ukuran diameter dalam pipa silencer harus lebih besar 0,5 mm dari ukuran diameter luar pipa knalpot,” wanti Yori. Lanjut ya! Kalau pipa baru sudah dipasang, langsung saja rakit kembali knalpot seperti semula.

 

Nah untuk mencegah bocor pada sambungan, manfaatkan lem silikon yang tahan panas atau high temperature silicon gasket pada pipa knalpot (gbr.3).

 

 

 

Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 Sampai di sini, giliran media pengikat pipa sambungan yang harus dibenahi.

 

Kalau yang model per, bisa ganti dengan ukuran pegas lebih pendek. Tujuannya, agar daya tarik per makin kuat. Nah kalau yang model klem lebih gampang. “Tinggal ganti klem bawaan dengan yang biasa dipakai buat mengikat pipa atau slang (gbr.4),

 

 

Gambar 4

Gambar 4

 

 

” tutup Yori.

 

Sumber :Penulis/Foto : Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Kuras Oli Sok Motor, Ingat Historisnya!
Ganti oli sok atau peredam kejut (shock-absorber) motor enggak bisa dibilang gampang. Lepas sok atau...

Audio Mobil - Redesign Tata Suara All New City
All New Honda City yang resmi dirilis PT Honda Prospect Motor (HPM), Kamis (27/11) lalu, sistem tata...

Daily Tips : Tangkal Pencurian Spion dengan "Sandblast"
Harga kaca spion bisa mencapai jutaan rupiah, jangan heran kalau barang kecil ini juga ada asuransin...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru