Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda
Rp230.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini
Rp99.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Recommended : Honda Supra X 125 - upgrade performa Supra X125: Modal Rp 1,6jt, tambah power 1,78 DK


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Aant / Aant

Minggu lalu pembaca setia bernama Hutomo Nugraha Irianto bertanya soal upgrade performa Supra X 125, juga bengkel yang direkomendasikan. Pertanyaan sama juga masuk ke e-mail Mr. Testo (mr.testo10@gmail.com).

 

Nah demi memuaskan pembaca, Mr. Testo pun mencari bengkel yang piawai mengorek bebek 125 cc ini, tentu dengan spek harian dan biaya yang bersahabat. Tak lupa juga dilakukan pengukuran tenaga pakai dynometer, sehingga klaim kenaikan tenaga tak hanya berdasarkan feeling saja.

 

Untuk itu Mr. Testo menyambangi bengkel Bintang Racing Team (BRT), yang cukup disegani di arena road race. Sebab bisa mengantar Supra X 125 memenangi berbagai ajang kejuaraan nasional. Dan juga pernah membuat paket performa bagi Supra X 125.

 

 

Gambar 1
Knalpot free flow, dukung pembuangan lancar

 

 

Gambar 2
Noken as dengan durasi dan angkatan lebih besar

 

Gambar 3
Mapping CDI Di Pilih Yang Tune-Up

 


Lubang inlet di geser agar aliran bahan bakar lebih deras

Gambar 4

 

Namun tentu saja spek ubahan tak seheboh besutan balap, cukup memaksimalkan komponen standar dan mengganti beberapa part inti.

 

Apa saja yang diubah sehingga ketika diukur dengan Dynojet tipe 250i milik BRT, terukur tenaga naik dari 7,74 dk/7.000 rpm jadi 9,52 dk/7.700 rpm. Grafik tenaga pun sejak 4.000 rpm sudah lebih tinggi dari standar, bahkan hingga 10.000 rpm masih di atas 8 dk.

 

Untuk lebih jelasnya, mari dibedah satu per satu oprekan bengkel di Jl. Mayor Oking No.102, Cibinong.

 

Kepala Silinder


Fokus pada saluran masuk dan buang. Tak cukup dengan porting dan polish, namun juga menggeser lubang masuk ke arah luar sebanyak 2 mm. Caranya, membesarkan lubang ke arah luar, lalu mengelem sisi dalam agar diameter tetap seperti standar. Intake manifold juga mesti disesuaikan.

 

"Itu agar aliran campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar lebih cepat dan banyak," terang Suwar, mekanik BRT. Efeknya tentu saja ledakan di ruang bakar akan lebih besar, tenaga pun meningkat.

 

Karburator & Knalpot


Peranti pengabut bahan bakar tetap pakai standarnya, hanya saja buat mengimbangi ubahan pada kepala silinder, dimaksimalkan lewat cara mereamer 2 mm, sehingga kini venturinya jadi 20 mm. Setingan spuyer juga mesti dinaikkan, pilot jet jadi 40 dari standarnya 35, sedang main jet dari 75 jadi 80.

 

Dengan komposisi demikian, air fuel to ratio (AFR) atau perbandingan bahan bakar dan udara menjadi stabil. Terbaca di grafik tak terlalu kaya atau miskin, berada di angka 14:1. Sedang angka stokiometrinya 14,7:1.

 

Knalpot cukup pakai produk aftermarket yang berkarakter free flow agar pembuangan lebih lancar. Salah satunya buatan AHRS dengan tipe F3.

 

Noken As


Diganti buatan BRT, komponen yang plug and play ini karakternya baik angkatan maupun durasi lebih besar dari standarnya. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar pun jadi lebih deras. "Per klep cukup pakai standarnya, sedang setelan klep baik in maupun out pakai 0,05 mm," lanjut mekanik asli Semarang, Jateng ini.

 

Pengapian


Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sudah banyak, jika tak terbakar semua tentu percuma.

 

Makanya perlu didukung sistem pengapian yang lebih mumpuni dari standarnya. Dipilih buatan BRT tipe Neo Dualband. "Karena speknya sudah meningkat, maka grafiknya dipilih yang tune-up," tambah mekanik ramah ini. Sedang koil sesuai rekomendasinya, tetap pakai standar.

 

 

Gambar 5

 


Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Service Guidance - Bersihin Nosel Injeksi Yamaha V-Ixion
Coba tengok sistem pengabut bahan bakar yang diaplikasi pada motor Yamaha V-Ixion! Nah, motor yang d...

MERAKIT KEMBALI
Catatan: - Pastikan semua komponen yang akan dirakit (dipasang) sudah dalam keadaan bersih. - ...

Minerva Sachs R150 VX Rasa Besut Sport Sejati
Minerva Sachs R150 VX, motor jenis sport berteknologi Jerman yang baru diperkenalkan PT Minerva Moto...



** Produk Otomotif **
Belanja online lebih hemat, dapatkan harga diskon & gratis ongkir :

Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru