Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Recommended - Upgrade performa Satria FU150 : tenaga naik hampir 5 DK..


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Aant / Aant

Setelah minggu lalu membahas upgrade performa Honda CS1, kali ini giliran pemilik bebek super Suzuki, Satria FU 150, yang mengirim email ke Mr. Testo (mr.Testo10@gmail.com). Pertanyaannya sama, bengkel mana yang bisa bikin lari bebek DOHC ini lebih kencang dengan budget ekonomis.

 

Pilihan memang banyak, “Namun salah satu yang bisa jadi rujukan, bengkel Maju Motor (MM) yang dikomandani Untung. Dipilih, karena selain hasil cukup oke, juga jadi rujukan anak-anak klub Satria FU,” terang Mr. Testo.

 

Maklum, pengalaman bertahun-tahun mengoprek besutan drag bike dan road race membuat mekanik asal Tegal, Jateng ini tak banyak mengalami kendala untuk menaikkan performa Satria FU. “Apalagi riset dilakukan tak lama setelah kehadirannya,” terang mekanik berbadan subur ini.

 

Apa saja yang digarap sehingga saat dites pakai dynometer Dyno­jet 250i milik Sportisi Motorsport, tenaga bisa mencapai 18,81 dk. Artinya naik hampir 5 dk dibanding standarnya yang hanya sekitar 14 dk. Wowww...!

 

 

 

Gambar 1

 

 

 

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

 

 

Gambar 4

 

 

 

Blok dan Kepala Silinder


Dibore-up pakai piston Yamaha Scorpio standar (70 mm) sehingga volumenya kini mencapai 187,7 cc. “Muka piston perlu dibuatkan 4 coakan agar tak membentur klep,” terangnya. Sedang kepala silinder diporting dan polish agar laju bahan bakar dan udara lebih lancar.

 

Noken As


Agar bahan bakar yang masuk lebih banyak, angkatan noken as dibikin lebih tinggi. “Pantatnya dibubut 1 mm, penyesuaiannya mesti bikin shim custom dari mata bor, karena cari yang tebal susah,” ujar pria yang bengkelnya di Jl. Layur No.43, Pulo Gadung, Jaktim. Sayang durasi buka-tutup tak diukur.

 

Knalpot


Mengejar aliran gas buang lebih plong namun suara tetap standar, leher asli diganti produk aftermarket merek Kawahara yang diameternya lebih besar. Sedang silencer dibobok. “Lari kencang namun aman dari polisi akibat vonis polusi suara.”

 

CDI dan Koil


Sebagai otak pengapian dan pelipat ganda tegangan listrik, perlu dipilih yang berkemampuan lebih tinggi agar bahan bakar yang masuk terbakar tuntas. “CDI pakai buatan Thailand, limiter lebih tinggi namun kurva pengapian masih nyaman untuk harian.”

 

Knalpot


Mengejar aliran gas buang lebih plong namun suara tetap standar, leher asli diganti produk aftermarket merek Kawahara yang diameternya lebih besar. Sedang silencer dibobok. “Lari kencang namun aman dari polisi akibat vonis polusi suara.”

Part dan jasa

 

 

 

1. Seher + ganti boring

Rp. 500.000

 

 

2. Bubut nokes as + shim

Rp. 350.000

 

 

3. Karburator Keihin PE 28

Rp. 550.000

 

 

4. Leher knalpot + bobok

Rp. 300.000

 

 

5. CDI Lek step 2

Rp. 1.300.000

 

 

6. Koil Kitaco

Rp. 250.000

 

 

7. Per kopling CLD

Rp. 100.000

 

 

8. Jasa

Rp. 2500.000

 

 

Total

Rp. 3.600.000

 

 

Maju Motor: 021-7108 6779

 

 

 

Data upgrade perfroma

 

 

 

 

Standar

Upgrade

Kenaikan

Tenaga

14 dk / 9.000 rpm

18,81 dk / 10.500

4,81 dk

 

Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com



Sponsored Links

Toyota Yaris - mencegah pipa tangki Yaris keropos..
Beberapa waktu yang lalu datang surat pembaca dari saudara Caris yang mengeluh soal keroposnya pipa ...

Kawasaki Ninja 250 - CDI booster Ninja 250 : tenaga / akselerasi?
Banyaknya peranti aftermarket untuk Kawasaki Ninja 250 yang sekarang beredar di pasar makin membuat ...

Service Guidance - Jangan mendorong mobil untuk start mesin?
Aki tekor dan mesin sulit start. Kondisi darurat seperti ini, biasanya banyak yang meminta tolong un...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru