Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Skutik - Skutik pakai tabung sokbreker, kaki lebih berotot kekar...


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Oct / Dede

Agar tampak lebih kekar, para modifikator mengubah tampilan sektor kaki-kaki baik depan maupun belakang. Pada skutik, melakukan hal tersebut salah satu caranya dengan ganti tabung sok asli dengan aftermarket (gbr.1).

 

“Saat ini karena banyaknya modifikasi dengan bahan skutik, maka jadinya banyak juga bermunculan merek tabung sok. Namun dari produk yang ada, bahan utama yang dipakai adalah aluminium,” kata Suhendi, mekanik bengkel modifikasi X-16 Motorbike di Pasar Mobil Kemayoran, Jakpus.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Saking banyaknya pilihan, tentu bikin hunting tabung sok buat skutik yang banderolnya Rp 450 ribuan ini jadi gampang. Oh ya, berbicara soal kemudahan tidak hanya soal mencarinya saja lo. Bongkar pasang tabung sok bawaan pabrik jadi barang aftermarket juga tergolong mudah.

 

Mau tau caranya? Yuk kita praktikkan pada Yamaha Mio. Sebelumnya siapkan dulu alat kerjanya yang berupa kunci ring ukuran 14, kunci L-10, obeng minus dan oli khusus sok. Langkah paling awal lepas dulu ban dan sepatbor depan. Selanjutnya baru kendurkan baut pengunci as sok depan (gbr.2).

 

Berikutnya longgarkan baut L di bawah tabung sok depan, alat yang dipakai kunci L-10 (gbr.3). “Jangan lupa sediakan kaleng buat wadah oli yang keluar dari tabung sok,” ungkap pria asal Kuningan, Jabar ini.


Gambar 5

Gambar 5

 

 

Bila oli dalam tabung sok susah keluar semua, langkah berikutnya tinggal tarik tabung dari as sok dan ganti dengan tabung sok aftermarket. Oh ya sebelum tabung tersebut dipasang, lepas dulu 2 sil di tabung sok bawaan motor (gbr.4).

 

“Kalau part itu belum bocor, tinggal pasang deh ke tabung sok aftermarket. Tapi bila ternyata silnya rusak, mesti ganti baru,” tutur Suhendi.

 

Langkah akhir dari prosesi ini, masukkan lagi oli sok ke dalam tabung (gbr.5). Bisa pakai oli yang lama atau ganti oli sok yang baru. Soal takaran, cukup samakan dengan aslinya yang hanya pakai 60 ml.

 

Sumber :Penulis/Foto: Oct / Dede - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Memilih bohlam, perhatikan inputnya?
Kerap penggantian bohlam di headlamp baru terpikir saat cahayanya mulai meredup atau bahkan mati sam...

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 - Subtitusi part aksesori Ninja 250cc
Mengacu harga jualnya yang Rp 46 jutaan, semua setuju kalau target pembeli Kawasaki Ninja 250 kelas ...

MENCARI GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN
PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN PENDINGIN 1. Mameriksa ketinggian air pendingin a. Periksa ketinggia...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru