Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Subtitusi kampas kopling Yamaha Vega ZR - Vega ZR pakai kampas kopling Jupiter MX / Kharisma..


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Jika kita melongok jumlah kampas kopling di Yamaha Vega ZR pasti heran. Kenapa? Sebab, di besutan ini hanya punya dua lembar, berbeda dengan tunggangan bebek lain yang sudah lama mengadopsi empat lembar untuk kampas koplingnya.

 

Selain itu, dari hasil survei Tim OTOMOTIF, ternyata banyak juga yang menanyakan soal substitusinya, "Kira-kira bisa gak, kalo kampas koplingnya pakai punya tunggangan lain?" tanya Rizal salah satu pembesutan Yamaha Vega ZR.

 

Ternyata perbincangan itu sampai juga di telinga Hadi, mekanik bengkel Ahmad Motor. "Bisa kok. Pakai punya Honda Karisma dan Yamaha Jupiter MX. Gak perlu mengubah sedikit pun," celetuk pria di Jl. Meruya Utara No.17, Jakbar.

 

Nah, untuk membuktikan omongannya, kita langsung praktikkan aja. Tetapi sebelum memulai, kita kudu mengumpulkan alat yang diperlukan. Obeng kembang, kunci T-8, T-12, ring 10, 12 dan 14. Sekarang fungsikan standar tengah di motor agar aman.


Gambar 1

http://www.otomotifnet.com/otoweb/images/image/tips/Motor/12%20December%2009/minggu%204/subtitusikampaskoplingvegazr01-Arseen.jpg

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Pertama, suhu mesin motor harus dingin karena oli mesti dibuang. Caranya, buka baut pembuangan oli di sebelah kiri dengan kunci T-12 (gbr.1). Lalu lepas cover bawah yang masing-masing sisi terdapat tiga buah baut, gunakan obeng kembang.

 

Selanjutnya, mencopot dua baut knalpot di depan pakai kunci ring 10, bagian tengah hingga belakang pakai kunci ring 12. Masih dengan kunci yang sama, kendurkan dan lepas empat baut untuk pegangan footstep di bagian bawah mesin.

 

 

Oh iya, jangan lupa kick starter juga mesti dilepas, agar lebih leluasa mencopot bak koplingnnya. "Cara melepasnya, kita tahan dengan tangan gagang kick starternya, lalu kendurkan baut penguncinya pakai kunci ring 14," ucapnya.

 

Berikutnya, langsung kendurkan dan copot sebelas baut pengancing bak kopling dengan kunci T-8 (gbr.2). Setelah itu, lepas 6 baut penahan rumah kopling pakai kunci T-8 (gbr.3) dan copot komponen tersebut satu per satu.

 

Sekarang coba kita bandingkan perbedaan ruas kampas kopling Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX dan Vega ZR. "Punya Karisma kampasnya lebih banyak namun kecil-kecil, sedang MX agak besar. Beda dengan Vega ZR, ruasnya lebih lebar dari yang lain," ucapnya sambil menunjukkan bedanya (gbr.4).

 

Soal harga, punya Vega ZR dihargai Rp 54 ribu sepasang. Sedang MX ada empat lembar, dibanderol Rp 70 ribu per buahnya. Lalu Karisma dilego Rp 125 ribu untuk empat lembarnya. Terus, keuntungannya apa, dong?

 

"Punya Karisma lebih menyentak untuk tarikan awal. Beda kalo punya Vega, terlalu halus dan terasa lamban untuk berakselerasi. Keuntungan lain, kita gak perlu beli lagi, lah wong yang dipakai cuma dua, sisanya buat cadangan deh," tutupnya.

Asyik, kan?

 

Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com


way commented on 11 Jul 2010, 01:17:49
bos. ukuran kampas kopling vega zr sama kharisma beda kale.... ukuran punya kharisma lebih tipis. sedangkan punya vega lebih tebal.. kalo masalah diameter emank sama.. tapi geriginya juga ada bedanya..



Sponsored Links

Tips untuk menghindari kecelakaan
1.selalu gunakan rem belakang 2.gunakan operan gigi ke pertama

Modification guidance - Upgrade Kawasaki athlete?
Enggak sedikit pembesut Kawasaki Athlete yang merasa tunggangannya kurang bertenaga. Pasalnya meski ...

Service Guidance - Substitusi Regulator Kaca Daihatsu Espass
Jika keausan terjadi, engkol diputar kuat-kuat kaca depan Anda tetap ogah bergerak. Selain air hujan...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru