Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda murah hanya
Rp84.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini.
5 in 1 dengan fungsi tambahan, bisa sekaligus sebagai palu, pisau kecil, lampu putih, lampu red darurat!
Rp150.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil, car organizer
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Subtitusi kampas kopling Yamaha Vega ZR - Vega ZR pakai kampas kopling Jupiter MX / Kharisma..

 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Jika kita melongok jumlah kampas kopling di Yamaha Vega ZR pasti heran. Kenapa? Sebab, di besutan ini hanya punya dua lembar, berbeda dengan tunggangan bebek lain yang sudah lama mengadopsi empat lembar untuk kampas koplingnya.

 

Selain itu, dari hasil survei Tim OTOMOTIF, ternyata banyak juga yang menanyakan soal substitusinya, "Kira-kira bisa gak, kalo kampas koplingnya pakai punya tunggangan lain?" tanya Rizal salah satu pembesutan Yamaha Vega ZR.

 

Ternyata perbincangan itu sampai juga di telinga Hadi, mekanik bengkel Ahmad Motor. "Bisa kok. Pakai punya Honda Karisma dan Yamaha Jupiter MX. Gak perlu mengubah sedikit pun," celetuk pria di Jl. Meruya Utara No.17, Jakbar.

 

Nah, untuk membuktikan omongannya, kita langsung praktikkan aja. Tetapi sebelum memulai, kita kudu mengumpulkan alat yang diperlukan. Obeng kembang, kunci T-8, T-12, ring 10, 12 dan 14. Sekarang fungsikan standar tengah di motor agar aman.


Gambar 1

http://www.otomotifnet.com/otoweb/images/image/tips/Motor/12%20December%2009/minggu%204/subtitusikampaskoplingvegazr01-Arseen.jpg

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Pertama, suhu mesin motor harus dingin karena oli mesti dibuang. Caranya, buka baut pembuangan oli di sebelah kiri dengan kunci T-12 (gbr.1). Lalu lepas cover bawah yang masing-masing sisi terdapat tiga buah baut, gunakan obeng kembang.

 

Selanjutnya, mencopot dua baut knalpot di depan pakai kunci ring 10, bagian tengah hingga belakang pakai kunci ring 12. Masih dengan kunci yang sama, kendurkan dan lepas empat baut untuk pegangan footstep di bagian bawah mesin.

 

 

Oh iya, jangan lupa kick starter juga mesti dilepas, agar lebih leluasa mencopot bak koplingnnya. "Cara melepasnya, kita tahan dengan tangan gagang kick starternya, lalu kendurkan baut penguncinya pakai kunci ring 14," ucapnya.

 

Berikutnya, langsung kendurkan dan copot sebelas baut pengancing bak kopling dengan kunci T-8 (gbr.2). Setelah itu, lepas 6 baut penahan rumah kopling pakai kunci T-8 (gbr.3) dan copot komponen tersebut satu per satu.

 

Sekarang coba kita bandingkan perbedaan ruas kampas kopling Honda Karisma, Yamaha Jupiter MX dan Vega ZR. "Punya Karisma kampasnya lebih banyak namun kecil-kecil, sedang MX agak besar. Beda dengan Vega ZR, ruasnya lebih lebar dari yang lain," ucapnya sambil menunjukkan bedanya (gbr.4).

 

Soal harga, punya Vega ZR dihargai Rp 54 ribu sepasang. Sedang MX ada empat lembar, dibanderol Rp 70 ribu per buahnya. Lalu Karisma dilego Rp 125 ribu untuk empat lembarnya. Terus, keuntungannya apa, dong?

 

"Punya Karisma lebih menyentak untuk tarikan awal. Beda kalo punya Vega, terlalu halus dan terasa lamban untuk berakselerasi. Keuntungan lain, kita gak perlu beli lagi, lah wong yang dipakai cuma dua, sisanya buat cadangan deh," tutupnya.

Asyik, kan?

 

Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com


way commented on 11 Jul 2010, 06:17:49
bos. ukuran kampas kopling vega zr sama kharisma beda kale.... ukuran punya kharisma lebih tipis. sedangkan punya vega lebih tebal.. kalo masalah diameter emank sama.. tapi geriginya juga ada bedanya..


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Perbaiki Drat Busi Dol : Cara hemat, hasil akurat..
Seringkali kejadian, memasang busi dengan posisi kurang pas (miring) sehingga ulir rumah busi termak...

Seputar mur dan baut - Hindari baut roda macet, ini rahasianya!
Kamu mungkin pernah mengalami kesulitan saat akan membuka baut roda. Tambah runyam bila baut roda ma...

Kopling
Kopling (clutch) berfungsi menghubungkan dan melepaskan tenaga (putaran) dari mesin ke bagian pemind...



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

5 in 1 Kenmaster, alat multifungsi saat darurat :
- Jump Starter (Pengganti aki mobil mati)
- Pompa ban
- Lampu penerang jalan (Pengganti lampu mobil/motor yang rusak, taruh di jendela atau tempat lain)
- Power Bank (charger handphone/tablet/gadget)
- DC Output 12V
Rp799.000



Uniqtro Racun Api Mini
Sangat efektif memadamkan api dalam sekejap jika ada bagian terbakar, wajib untuk mobil/truk, bisa juga untuk motor. Sangat murah dibandingkan mobil anda terbakar seluruhnya, hanya
Rp130.000


Pembersih Kaca Windshield
- Menjangkau Tempat Sulit
- Mampu membersihkan hanya dengan air biasa, hasilnya kaca anda tampak bersinar
- Bahan Aman untuk kaca
- Cocok untuk perjalanan jauh, menghilangkan kabut & kelembaban kaca mobil
- Untuk semua ukuran mobil, truk, SUV dan bahkan RV
Rp124.999



Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru