Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda
Rp230.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini
Rp99.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Toyota Kijang Innova (2) Biaya ganti kampas rem dan tongkat persneling innova, mahal?


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Manut / F.Yosi

Komponen yang satu ini sudah pasti masuk kategori barang fast moving. Akan tetapi, kalau Anda memelihara Innova dengan 'jenis kelamin' otomatis, kampasnya bisa lebih cepat habis.

 

Pada beberapa kejadian, ada keluhan mengenai kotornya pelek Innova yang bertransmisi matik. "Entah pemiliknya pakai kampas asli atau tidak, tetapi begitu keluhannya," imbuh Agung, sapaan karibnya.

 

 

 

Gbr 1

 

 

 

 

 

 

Gbr 2

 

 

 

 

 

 

 

Buat pemilik Innova matik, memang disarankan pakai kampas depan orisinal yang dilego Rp 632 ribu sepasang. Jangan beli yang aspal, ya. Maksudnya, pakai merek asli tetapi harganya menggiurkan karena lebih murah.

 

Lebih baik memilih komponen aftermarket yang bisa dipertanggungjawabkan. "Ada dua merek aftermarket, misalnya TRW dan Bendix," lanjut pria 45 tahun ini.

 

Kedua merek aftermarket itu dilego di bawah Rp 300 ribu. TRW Rp 225 ribu dan Bendix Rp 275 ribu. Bahan TRW tak jauh beda dengan yang asli. Sedangkan

Bendix ketika diraba lebih kasar dan tampak mengandung lebih banyak logam.

 

 

 

Tongkat Perseneling

 

 


Pernah merasa aneh dengan tongkat persneling? Biasanya ditandai dengan gejala tongkat ini bakal terasa agak longgar. Artinya memang ada komponen yang mulai apkir.

 

Tongkat persneling manual Toyota Kijang Innova relatif berbeda dengan mobil lain. Misalnya dengan Kijang kapsul dan kotak yang langsung nyemplung ke transmisi. Kalau oblak, bisa karena plastik di bagian bawah tuas yang mulai aus.

 

 

Gbr 1

 

 

 

 

Gbr 2

 

Nah, pada Innova, tongkat persnelingnya secara sekilas mirip dengan Kijang lawas. Di bagian bawahnya juga ada plastik yang biasa aus. Sayangnya, bukan plastik ini yang kalah duluan. "Tetapi yang rusak adalah karet sambungan di tengah tongkat," sambung Agung.

 

Jika dicermati lebih lanjut, memang ada karet di tengah tongkat, menyambungkan bagian atas dan bawah. Karet itu bisa pecah dan bikin oblak.

Tak bisa ganti karet, solusinya hanya bisa ganti tongkat yang cukup mahal, mencapai Rp 947 ribu.

 

Bisa saja sih dimatikan dengan las atau diganjal besi. Oblak langsung hilang. Sayang, konsekuensinya jadi tak bisa meredam getaran.

 

Sumber :Penulis/Foto: Manut / F.Yosi - otomotifnet.com


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Pembongkaran/Pemasangan Kopling
a. Pasang roda gigi penggerak primer pada ujung poros engkol. b. Pasang bagian luar kopling pada ...

Ganti Sein Skutik - Jangan biarkan lampu sein mati loh?
Produk besutan kelahiran pabrik, baik bebek, sport dan skutik pasti dilengkapi lampu sein. Yakni lam...

Service Hanger Pintu - Mencegah Bunyi Pintu Braak
Mendengar bunyi braak saat menutup pintu, banyak pemilik mobil menyalahkan karet pintu yang sudah au...



** Produk Otomotif **
Belanja online lebih hemat, dapatkan harga diskon & gratis ongkir :

Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru