Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Trouble Shooting - Atasi Tiger Revo Nembak


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Banar (Tabloid OTOMOTIF) - otomotifnet.com

Meski terbilang baru, bukan berati motor kesayangan bebas rewel di tengah jalan. Semua tergantung kondisi (jalan atau perawatan). Seperti dialami Ardi, pemilik Honda Tiger Revo 2008. Mendadak, di knalpotnya nembak-nembak, dar.. der.. dor...


Posisi AIS di sebelah kiri bawah tangki

Slang menuju AIS menuju knalpot

"Terutama saat gas dipelintir di atas 3.000 rpm," kata warga Bekasi ini. Besutan pun dibawa ke bengkel Yu Qita Racing (YQR). Tohari alias Jepang, si mekanik pun ngecek karbu. Karena kalo gejalanya begitu, biasanya karbu kotor atau setelannya ngaco.

Tapi lucunya, setelah karbu bersih, eh ledakan knalpot masih terjadi. Si Jepang pun langsung mencurigai AIS (air induction systemnya). "Kalo karbu beres, udah gak salah lagi, berarti AIS-nya kotor!" yakin Jepang. Dan ternyata memang betul. J

adi, AIS perlu dibersihkan juga. Membukanya, cukup sediakan tang untuk copot klip/klem slang, obeng plus dan kunci 10 untuk buka komponen AIS. Lalu bensin dan kain lap buat bersihin AIS. Dijamin, setelah saluran/slang-slang AIS dan membran AIS-nya bersih. Tunggangan gak nembak lagi, deh!

Kenapa? Karena saluran AIS selain masuk ke knalpot ada yang masuk ke filter udara dan intake manifold. "Nah, kalo saluran ini kotor atau mampet, udara yang masuk ke ruang bakar pun terhambat, akibatnya besutan kekurangan udara dan mengalami masalah," ulas Cadel kepala mekanik YQR.


Bongkar dan bersihkan AIS

Membran AIS rawan terganjal kotoran

"Kasus ini juga kadang terjadi pada besutan yang sering diajak jalan-jalan di tempat berdebu (lingkungan sarat debu)," ulas Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No.5, Kebon Jeruk, Jakbar. Sebab jika lingkungan berdebu, udara yang dipasok juga mengandung debu.

Fungsi AIS sendiri, menyuplai udara bersih ke saluran pembuangan/knalpot. Gunanya untuk mengurangi emisi gas buang. Gas buang terdiri dari CO (carbon monoksida) dan HC (hidro carbon). Udara yang disuplai ke knalpot mengandung O2 (oksigen), sehingga gas buang dari knalpot yang awalnya CO bercampur O2 menjadi CO2 (carbon dioksida) dan awalnya HC bercampur O2 menjadi HCO2 (hidro karbon oksida). Emisi lebih sedikit.

Jadi, AIS juga perlu dirawat intensif!



Sponsored Links

Bikin Lancar Grip Gas Motor yang Seret
Paling enggak enak, saat mengendarai motor, putaran gas (grip) seret. Apalagi ketika hendak menyalip...

PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN
Pemeriksaan pompa oli

Throuble Shooting - Deteksi getar, asal vibrasi pangkal keki (1)
Adanya fasilitas getar di handphone karena dianggap mampu membantu pemiliknya. Namun kalau ada getar...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru