Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda murah hanya
Rp84.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini.
5 in 1 dengan fungsi tambahan, bisa sekaligus sebagai palu, pisau kecil, lampu putih, lampu red darurat!
Rp150.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil, car organizer
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

SISTEM PENGISIAN

 Print this page 

Author: Ridwan

Batere dengan kapasitas tertentu, tidak memungkinkan dipakai
secara terus-menerus mensuplai kebutuhan listrik pada mesin atau
komponen lainnya pada mobil.

 

Oleh karena itu, pada mobil dibutuhkan
suatu sistem yang dapat mengisi batere kembali sekaiigus sebagai

sumber listrik yang mensuplai listrik langsung ke komponen
memerlukan pada saat mesin dihidupkan. Sistem ini disebut si
pengisian. Komporen—komponen utama sistem pengisian terdiri
batere, alternator; dem regulator, seperti ditunjukkan pada gambar
 
1. Alfernulor
Alternator adalah generator pembangkit listrik, yang mengubah 
energi mekanik dari putaran mesin menjadi tenaga listrik. Alternatif 
memsuplai kebutuhan listrik pada mobil sewaktu mesin hidup. Tetapi 
apabila jumlah pemakaian listrik lebih besar daripada yang dihasilin
alternator, maka batere lkut memikul beban kelistrikan tersebut

memperllhatkan konstruksi alternator, 

 

 

 

Alternator digerakkan oleh poros engkol melalui tali kipas
Dengan berputamya puli alternator, maka rotornya akan berputar 
menghasilkan arus listrik bolak-balik pada stator. Arus listrik bolak  
balik ini kemudian diubah menjadi arus searah oleh rangkaian dioda.

Bagian bagian alternator
a. PuIi
Puli berfungsi sebagai tempat tali kipas pemindah gerak putar dari poros engkol menjadi gerak putar rotor.

b. Kipas
Kipas berfungsi mendinginkan ramgkaian dioda dan kumparan
kumparan pada alternator.

c. Rotor
Didalam alternator, rotor merupakan bagian yang bergerak (berputar)
Pada rotor terdapat kumparan rotor yang berfungsi menimbulkan kemagnetan. Kutu kuku pada rotor berfungsi sebagai  kutub-kutub magnet dan dua slip ring berfungsi sebagai perantara penyaluran listrik ke kumparan rotor. Perhatikan

d. Stator

 


Stator

terdiri atas stator core (inti) dan kumparan
stator yang diletakkan pada frame depan dan belakang. Stator core
buat dari beberapa lapisan pelat besi tipis dan mempunyai alur pada
bagian dalamnya untuk menempatkan kumparan stator. Stator
akan mengalirkan fluks magnetik yang disuplai oleh inti rotor sedemikian
rupa, sehingga fluks magnet akan menghasilkan efek maksimum.
pada saat melalui kumparan stator.
 
e. End frame · 
Pada end frame terdapat stator dan rotor serta lubang-lubang 
untuk mangalirkan udara pendingin.

 

f. Rectifier
Rectifier merupakan rangkaian 6 atau 8 dioda sedernikian rupa,
yang berfungsi mengubah arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan
menjadi arus searah (DC).

 

g. Regulator
Regulator berfungsi mengatur besar arus listrik yang masuk ke
dalam kumparan rotor, sehingga tegangan yang dihasilkan oleh alternator
tetap (konstan) sesuai dengan harga yang telah ditentukan, walaupun putaran mesin yang menggerakkan berubah-ubah. Di samping itu regulator juga berfungsi pengisian pada batere apabila batere telah penuh dan alternator sudah dapat menyuplai arus listrik sendiri ke bagian yang memerlukan arus listrik.

 

 

 

Ada dua tipe regulator, yaitu tipe point

dan tipe tanpa poin (biasa disebut IC regulator;

 IC regulator memiliki ciri tertentu, yaitu :
- Ukurannya kecil dan outputnya tinggi.
- Tidak memerlukan penyetelan voltase (tegangan).
- Mempunyai sifat kompensasi temperatur untuk kontrol tegangan saat pengisian batere dan suplai ke lampu-lampu.


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Prinsip weight reduction di skutik drag!
Belakangan, ubahan motor skutik dragbike di Indonesia sudah memasuki tahap gila-gilaan. Itu dapat di...

Modifikasi Guidance - Aplikasi Cakram Belakang di Honda Blade
Peranti substitusi atau aftermarket, baik itu buat menambah gaya dan modis pada besutan tanpa mengur...

5 Komponen mesin yang paling sering menjadi masalah dan Indikasinya
Bila mesin anda terasa bergetar secara tidak normal ada kemungkinan itu disebabkan karena satu atau ...



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

5 in 1 Kenmaster, alat multifungsi saat darurat :
- Jump Starter (Pengganti aki mobil mati)
- Pompa ban
- Lampu penerang jalan (Pengganti lampu mobil/motor yang rusak, taruh di jendela atau tempat lain)
- Power Bank (charger handphone/tablet/gadget)
- DC Output 12V
Rp799.000



Uniqtro Racun Api Mini
Sangat efektif memadamkan api dalam sekejap jika ada bagian terbakar, wajib untuk mobil/truk, bisa juga untuk motor. Sangat murah dibandingkan mobil anda terbakar seluruhnya, hanya
Rp130.000


Pembersih Kaca Windshield
- Menjangkau Tempat Sulit
- Mampu membersihkan hanya dengan air biasa, hasilnya kaca anda tampak bersinar
- Bahan Aman untuk kaca
- Cocok untuk perjalanan jauh, menghilangkan kabut & kelembaban kaca mobil
- Untuk semua ukuran mobil, truk, SUV dan bahkan RV
Rp124.999



Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru