Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Perawatan Spare Part - merawat filter bahan bakar?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Toncil/uky

Gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam jalur bahan bakar, jika salah satu komponen terhambat maka yang masuk ke mesin menjadi tak optimal. Berbagai efek dihasilkan dari hambatan ini.

 

 

"Kebanyakan pemilik mobil malas membersihkan filter bensin in tank (gbr.1), padahal komponen tersebut tergolong penting," ungkap Taqwa dari bengkel Garden Speed di Cilandak, Jaksel. Filter yang berada di dalam tangki merupakan saringan pertama sebelum bensin menuju filter bensin berikutnya. 

 

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

Di mobil yang sudah sistem close loop, kotornya filter bensin ini bisa saja tak berpengaruh. Karena data di ECU selalu mengkoreksi supaya campuran tetap ideal. Kalau di open loop, kondisi ini akan langsung berpengaruh.

 

Walau begitu, pada close loop terdapat batasan dimana ECU sudah tak mentolerir keadaan. Jika sudah melewati batasan yang ada, mobil dengan close loop juga bisa boros.

 

Efek paling ringan filter bensin kotor, tenaga mesin menurun. Namun, jika hanya dipakai dalam kota kondisi ini jarang terasa.

 

 

Kedua, mobil tersendat-sendat. "Karena pasokan bahan bakar terlalu lean. Saat mesin butuh bensin, ketersediaan belum mencukupi," seru atlet terbang layang ini.

 

Komponen lain yang terkena dampak pompa bahan bakar itu sendiri (gbr.2). Umur pakai perangkat elektronik lebih cepat minta ganti.

 

Kotoran yang ada tak sepenuhnya ikut tersaring filter. Ada kalanya kotoran yang sangat kecil terus ikut jalur bensin. Kalau terus-terusan dibiarkan, injektor (gbr.3)

 

yang berfungsi menyalurkan bensin ke mesin bisa terhambat juga. Tak hanya debitnya saja yang terkoreksi namun juga semprotannya, yang harusnya menyebar jadi seperti kencing saja.

 

 

Dari efek-efek tersebut, berakhir pada konsumsi bahan bakar yang boros. Karena kotor, ECU membaca data bensin dalam keadaan lean, akhirnya diminta menambah pasokan bahan bakar. Selain itu, karena tenaga turun, injakan di pedal gas akan bertambah dalam untuk mencapai kecepatan tertentu.

 

 

Pada kondisi lain, seperti saat keadaan macet, Taqwa bilang kalau filter kotor bisa saja konsumsi justru jadi irit. Ibaratnya seperti saluran air rumah. Pompa air memompa air, namun karena filter air mampet, hasilnya kucuran air di kran lebih kecil.

 

Begitu juga yang masuk bak. Demikian halnya di mobil.

Supaya konsumsi bahan bakar tetap terjaga, baiknya rawat filter.

 

Caranya mudah, angkat jok belakang, lalu lepas bautnya dan tarik unit filter tersebut. Gunakan cairan pembersih karburator untuk menghalau kotoran yang ada di filter.

 

Sumber :Penulis/Foto: Toncil/uky - otomotifnet.com



Sponsored Links

10 Bagian yang Mesti Diperhatikan pada Motor
Kebanyakan pengendara motor baru mau memerhatikan kendaraannya jika mesin rewel, tidak mau menyala a...

Service guidance - Ganti bohlam spidometer Honda Tiger!
Agar panel spidometer dan takometer Honda Tiger bisa terlihat saat berkendara di malam hari, maka di...

I-Real Hanya 7 Unit di Dunia
Pada IIMS 2008 PT Toyota Astra Motor (TAM) benar-benar membanggakan I-Real sebagai kreasi yang inova...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru