Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Perawatan

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

10 Bagian yang Mesti Diperhatikan pada Motor
Kebanyakan pengendara motor baru mau memerhatikan kendaraannya jika mesin rewel, tidak mau menyala atau rewel. Padahal, ada sekitar 10 pemicu petaka yang bisa menimpa pengendara dan ada di antaranya berujung dengan kecelakaan.

Mau Bikin Velg Motor Kinclong, Gampang!
Kebetulan kondisi velg motor Anda sudah jelek. Karat tumbuh di sepanjang lingkaran sehingga enggak pede menunggangi motor. Kalau mau bikin mulus lagi, nih Andreas Purnama dari bengkel Mosbi (Modifikasi Superbesar Indonesia) kasih solusinya.

Kuras Oli Sok Motor, Ingat Historisnya!
Ganti oli sok atau peredam kejut (shock-absorber) motor enggak bisa dibilang gampang. Lepas sok atau tabung dari segitiga, buang oli lama dan masuk yang baru, kemudiann pasang lagi. Teorinya memang begitu, tapi ketika dibawa jalan, eh laju motor malah lari ke kiri dan kanan.

Usir Karat di Leher Knalpot Motor
Yang punya motor, coba perhatikan pada leher knalpot. Pasti terdapat karat, yang kalau didiamkan bisa membolongkan pipa saluran buang tersebut. Munculnya karat lantaran suhu yang begitu panaas di leher knalpot ketimbang di bagian ujungnya.

Suzuki New Smash - Waspadai Knalpot Nembak
Mengejar standar Euro 2 hampir semua motor keluaran baru mengaplikasi fitur penekan emisi gas buang. Meskipun fungsinya sama tapi setiap pabrikan punya istilah sendiri. Misalnya Suzuki menyebut fitur ini PAIR System, Yamaha memberi nama Air Induction System (AIS), lantas Honda berjuluk PAIR Control Valve.

Cek Auto Choke New Nouvo Z - Cukup Ditiup, Wussss...!!
Sistem cuk Yamaha New Nouvo Z terbilang modern. Enggak lagi model manual lewat tarik tuas tapi sudah bekerja otomatis (auto choke). Saat dibutuhkan (mesin dingin), katup cuk secara otomatis bekerja. Nah, berhubung semuanya bekerja secara electrical maka prosedur pengecekan juga berbeda dengan tipe manual.

Service Guidance - Perawatan CVT Honda Vario
Bedanya skutik (skuter matik) dibanding motor biasa, perawatan skutik enggak bisa cuma mesin doang. Secara berkala komponen transmisi otomatisnya atau CVT juga perlu perawatan. Kalau sampai ada masalah bisa berabe tuh. Udah larinya lelet, suaranya pun berisik.

Service Guidance - Cek Kaki-Kaki Penentu Kenyamanan (1)
Mengecek kaki-kaki motor untuk mudik, sama pentingnya dengan memastikan kesehatan mesin. Kesehatan roda dan suspensi penting buat jalan jauh. Ini nentuin kenyamanan pulkam alias pulang kampung. Percuma mesin tokcer namun roda enggak mutar.

Service Guidance - Cek Kaki-Kaki Penentu Kenyamanan (2)
BALANSING PELEK Beres urusan ban, Dodi Yanto nyaranin cek kesiapan pelek. Pastiin pelek gak oleng dan balans. Sebaiknya dibawa ke tukang pelek. Sebab, jika ada masalah ia bisa perbaiki. Tapi, untuk mengecek bisa dilakukan sendiri. Untuk pelek jari-jari (spoke wheel) periksa kekencangan jeruji. Di pelek racing (casting wheel), liat aja oleng atau nggak.

Service Guidance - Inreyen Motor Oversize (2-Tak)
Inreyen pada motor 2-tak yang baru turun mesin juga perlu dilakukan. Seperti poles liner silinder setelah oversize. Tentu dengan cara yang tidak jauh beda seperti dilakukan di mesin 4-tak. Perlu diketahui, mesin 2-tak tidak gunakan klep dan sistem pelumasan inti berada di ruang bakar.

Service Guidance - Trik Ganti Arang Dinamo Starter Motor
Jika elektrik starter nggak berfungsi, arang motor starter kerap dituduh sebagai biang keladi. Pasalnya arang bisa aus lantaran kerjanya bergesekan dengan poros dinamo. Padahal jika diteliti, bukan cuma itu sebabnya. Komponen penunjang kerja motor starter juga perlu dilacak.

Modifikasi Guidance - Glasswoll Knalpot Panjang Umur
Buat yang rajin nongkrong di dapur pasti tidak asing lagi dengan alat pencuci panci yang satu ini. Fungsinya sebagai scrubber atau penggosok saat mencuci pantat panci yang biasanya gosong. Materialnya kasar dan oleh produsennya diklaim terbuat dari stainless steel yang tahan karat.

Service Guidance - Beda Tipe Beda Perlakuan Filter Udara
Filter udara di motor sudah mengalami tiga kali evolusi. Generasi pertama, menggunakan bahan busa. Lanjut tipe kertas kering dan kemudian yang terakhir dan terbaru, kertas basah. Lantaran beda tipe, tentunya beda pula di soal perlakuan.

Service Guidance - Bersihin Nosel Injeksi Yamaha V-Ixion
Coba tengok sistem pengabut bahan bakar yang diaplikasi pada motor Yamaha V-Ixion! Nah, motor yang dijual seharga Rp 19 juta-an ini sudah memakai teknologi injeksi, bukan karburator seperti di motor-motor kebanyakan.

Modifikasi Guidance - Pasang Nipel Lengan Ayun Scorpio
Swing-arm Yamaha Scorpio juga perlu perawatan! Kalo dicuekin, dapat berisiko macet seperti padatnya lalu lintas Jakarta. Akibat karat, efeknya bisa parh. Bos atau bushing arm nempel dengan lengan ayun dan susah dicopot.

Bersih-Bersih Karat - Treatment Musim Hujan
Pasti biker sudah banyak yang tau, bahwa air hujan yang turun itu mengandung zat asam yang mampu memicu karat pada permukaan besi yang tak terlindungi cairan antikarat.

Modifikasi Guidancetos - Pasang Kepet di Honda Tiger Revo
Sedia payung sebelum hujan, itu kalau buat pejalan kaki. Buat pengendara motor? Ya selain punya jas hujan, juga kepet. Lho, kok? Iya, karena kepet itu berguna saat musim hujan seperti sekarang, untuk menahan cipratan air. Jadi enggak lecyeek, kan?

Service Guidance - olusi Sok Belakang Skywave Goyang
Saat enak-enaknya bermanuver di tikungan, Putra Santoso pembesut skutik Suzuki Skywave 2008 merasakan ada yang kurang mantap dari kuda besinya di bagian belakang. "Terasa agak sedikit bergoyang atau ngayun," ucap warga Srengseng Sawah, Jakbar ini.

Modifikasi Guidance - Mio Ngibrit Pakai Piston Smash
Untuk harian, bore up nggak perlu besar. Asal tenaga naik, motor lumayan ngibrit dengan modal irit. Bagi, pengguna Yamaha Mio, silakan tiru Utomo, mekanik Tom's Racing di Pondok Benda, Pamulang. "Manfaatkan piston Suzuki Smash, naik bore jadi 53,5 mm. Biaya nggak banyak, tapi tenaga maksimal," terang mekanik dengan rambut dicat merah ini.

Audio Mobil - Menghilangkan Efek Storing
Gejala storing (alternator whine) kerap terjadi pada kabin mobil, yang sudah diupgrade sistem audio standarnya. Gejala awal yang sering muncul, kerap muncul suara melengking mengikuti putaran mesin mobil. "Bunyi seperti suara nguing akan semakin terdengar dan melengking, pada 2 ribu rpm ke atas," buka Maslim Djanuanto, instalatur Basis Audio di Taman Meruya, Jakbar.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ] [ 3 ]

Sponsored Links

Toyota Soluna (3-Habis) - Kiat membikin nyaman intrerior Soluna plus facelift lampu?
Yang satu ini kiat buat bikin nyaman interior. Jok kulit bisa didapatkan model sarung mulai dari Rp ...

Mengatasi pilot bearing transmisi Macet nih..
Mesin dengan saluran udara dan sistem pengapian yang posisinya relatif tinggi memang cukup aman alia...

Memeriksa Karburator
Karburator membuat butir-butir bensin mengapung dan bercampur dengan udara sebelum diberikan ke sili...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru