Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mobil - Memperbaiki

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ]

PROSEDUR SERVIS DAN REPARASI MOBIL
Pada bagian hal ini akan diuraikan cara-cara pelaksanaan servis dan reparasi mobil. Sebagian besar pelaksanaan reparasi diawali dengan penyajian gambar secara garis besar.

Service Guidance - Perbaiki Kancing Doortrim Patah
Kesal rasanya jika pada saat mengemudi lewat jalan rusak ataupun jalan mulus, timbul suara berisik di interior. Setelah dicermati suara ini timbul dari kancing door trim yang patah atau hilang, sehingga papan yang menempel di pintu bersentuhan dengan bodi mobil. Penyebabnya sepele tapi tentu bikin bete karena berisiknya itu lo.

Service Hanger Pintu - Mencegah Bunyi Pintu Braak
Mendengar bunyi braak saat menutup pintu, banyak pemilik mobil menyalahkan karet pintu yang sudah aus dan tipis. Ternyata masalahnya tak hanya pada karet pintu saja. Masih ada sumber bunyi lain yakni pengunci pintu atau yang disebut door lock assy

Audio Mobil CBU - Pasang FM Konverter, Sinyal Kuat
Pemilik mobil-mobil CBU (Completely Built Up) versi importir umum, kerap direpotkan saat hendak tuning frekuensi radio lokal. Pasalnya sinyal frekuensi bawaan head unit (HU) standar, memiliki perbedaan range atau jangkauan sangat signifika

Oto Tips Mobil - Cegah Getar Di Balik Pilar Toyota Avanza
Tinggal gunting double tape dan dibuat mengikuti tarikan garis bukaan pintu. Ukur panjangnya sesuai dengan panjang plastik penutup. Kalau kelebihan, jelek kan?

Modifikasi Guidance - Modifikasi Guidance
Untuk harian, bore up nggak perlu besar. Asal tenaga naik, motor lumayan ngibrit dengan modal irit. Bagi, pengguna Yamaha Mio, silakan tiru Utomo, mekanik Tom's Racing di Pondok Benda, Pamulang. "Manfaatkan piston Suzuki Smash, naik bore jadi 53,5 mm. Biaya nggak banyak, tapi tenaga maksimal," terang mekanik dengan rambut dicat merah ini.

Toyota Soluna (1) - Meneliti bodi Soluna bekas taksi?
Pernahkah Anda bertanya, mobil apa saja yang cukup muda usianya tetapi simpel dan praktis? Wah, pasti langsung menyebut beberapa merek dan tipe. Namun kalau dipersempit lagi menjadi jenis sedan dan relatif terjangkau kantung? Mungkin banyak yang menyebut Toyota Soluna.

Toyota Soluna (3-Habis) - Kiat membikin nyaman intrerior Soluna plus facelift lampu?
Yang satu ini kiat buat bikin nyaman interior. Jok kulit bisa didapatkan model sarung mulai dari Rp 400 ribuan. "Itu bahan biasa," ujar Niko bos toko Multi Graha di Duta Mas Fatmawati lt.2 no.84. Ada juga yang Rp 550 ribu, sedangkan sarung dengan bahan MBTech Rp 750 ribu.

Problem solving - Usir bunyi berisik di pintu!
"Meski jalan tidak bergelombang, di balik door trim tetap berisik," tutur Sisca, pengguna Suzuki Baleno 2000. Maklum staf marketing salah satu perusahaan swasta ini agak bawel soal bebunyian tak wajar di mobilnya.

Problem solving - Knalpot, sil jebol diganti glasswool donk..
Sambungan knalpot dari header ke pipa ada banyak macam. Salah satunya model mangkok (Gbr.1) yang bisa ditemukan pada mobil seperti Mercedes-Benz, Jeep CJ-7, Land Rover atau Nissan Patrol.

Perawatan rem Mobil - Awas, mobil tidak bisa berhenti!
Ada orang punya prinsip, kalau mobil asal maju saja. Yang penting bisa dipakai ke mana-mana. Tetapi, bagaimana soal berhentinya? Kalau yang ini jangan sampai asal berhenti saja. Bisa berabe bukan, jika rem tak bekerja sempurna.

Toyota Kijang Innova diesel - Cara mudah dongkrak 10 Dk!
Mengendarai mesin yang awalnya diciptakan Rudolf Karl Diesel pada Toyota Kijang Innova memang sangat menyenangkan. Mesin 2KD-FTV common-rail turbo diesel yang terpasang memberikan torsi hingga 260 Nm pada putaran mesin 1.600 - 2.400 rpm. Namun tentu ada sedikit trik yang bisa digunakan agar setting yang ada tetap maksimal dan semakin efisien.

Pindah Klakson Toyota Avanza - Aman tanpa berisik lagi!
Bagi pemilik Toyota Avanza generasi facelift, saat menekan tombol klakson rasanya sedikit mengganggu kenyamanan mengemudi, karena suara klakson terdengar di kabin. Hal ini terjadi karena salah satu klakson ternyata berada di dalam ruang mesin. Bagi yang merasa terganggu ada solusi jitu. Tinggal pindahkan saja klakson di balik bumper depan.

Service berkala 80.000 km - Servis besar ke 2, apa aja, chek listnya?
Jarak tempuh mobil sangat memenga­ruhi kinerja dapur pacu standarnya. Setelah menempuh jarak dengan kelipatan puluhan ribu, sebaiknya segera lakukan general check-up.

Toyota Kijang Innova - Semprot cleaner, usir ngelitik Kijang Innova!
Yung Yung bingung tak terkira mendapatkan Toyota Kijang Innova berbahan bakar bensin miliknya timbul gejala knocking. Masalahnya bukan hanya ngelitik biasa, tapi hanya timbul di kecepatan 80 km/jam.

Usir hawa panas kabin dengan sunshade biar cepat dingin!
Semua orang suka dengan hari yang cerah. Tetapi panas matahari dengan sinar ultraviolet (UV) tinggi, dapat merusak kulit manusia. Begitupun yang akan dialami pada mobil. Tak hanya bagian luar, interior juga bisa rusak jika terus-menerus kena sinar matahari secara langsung. Terutama bagian depan.

hidupkan Indikator pintu Avanza biar tambah keren!
Termasuk jenis kendaraan first entry buyer, Toyota Avanza minim fitur beragam indika­tor yang fungsinya untuk mengingatkan pengemudi. Padahal kalu diperhatikan seksama, pada panel instrument cluster sudah terdapat rumah untuk lampu indikatornya loh.

Awas, Lepas EGR tidak tambah tenaga!
Generasi Isuzu Panther terakhir ternyata sudah pintar. Gelar EURO 2 yang disandangnya tidak sekadar isapan jempol. Sebab ada penambahan peranti khusus pengontrol emisi. Salah satunya adalah EGR atau Exhaust Gas Recirlutation.

Apa akibat jika speleng kemudi berlebih?
Pernah merasakan putaran di lingkar kemudi tiba-tiba jadi berlebihan? Bahasa yang kerap diperdengarkan yakni speleng. Kondisi ini terjadi akibat adanya ketidaksesuaian antara putaran di lingkar kemudi dengan pergerakkan di roda. Mendeteksi penyebabnya tak semudah menggerakkan setir kanan dan kiri saja.

Bagaimana jika ban mobil tertusuk paku menyamping?
Paku memang tak pandang bulu. Bagian ban mana saja bisa tertancap olehnya. Mau di bagian tapak ataupun samping (sidewall). Ada yang tegak lurus, ada pula yang menyamping. Yang disebut kedua, termasuk cukup parah. Tapi tenang, lewat alat tambal ban ini, masih dapat juga diperbaiki.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ]

Sponsored Links

Seputar mur dan baut - Hindari baut roda macet, ini rahasianya!
Kamu mungkin pernah mengalami kesulitan saat akan membuka baut roda. Tambah runyam bila baut roda ma...

Tambah speaker, Suzuki Karimun Estilo - Bikin suara audio Karimun Estilo lebih merata!
Jangan heran ketika Anda masuk ke kabin Suzuki Karimun Estilo (Karlo), lantas mendengarkan lantunan ...

Tips untuk pergi jauh saat menggunakan kendaraan!
1.periksalah ban pada kendaraan 2.periksalah mesin kendaraan


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru