Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sepeda Motor - Fungsi Komponen dan Spare Part

Navigation: Otomotif


Sponsored Links

Order articles by: Submission date | Article title

Go to page: [ 1 ] [ 2 ]

Sistem Pendinginan Sepeda Motor
Mesin adalah suatu alat yang mengubah energi panas menjadi energi gerak , apabila mesin itu bekerja secara terus menerus maka akan menghasilkan panas yang luar biasa, oleh karena itu mesin membutuhkan pendingin agar mesin tidak over heat dan tetap pada suhu kerja (� 0 450C). Sistem pendinginan pada sepeda motor yang sering dipakai ada dua jenis, yaitu sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan cairan / liquid.

Kelebihan Profil Ban Motor Model U dan V
Pemasangan ban pada pelek ikuti sesuai petunjuk pabrik Bentuk tapak ban sepeda motor sangat berpengaruh pada pengendalian (handling). Sekarang ini ada dua model tapak si karet bundar, yakni model U dan V.

Knalpot Vector buat Skutik dan Helm KYT dari DMI
AHRS punya knalpot baru untuk skubek dan desainnya sangat manis, sedangkan DMI menyodorkan helm halfface sangat murah. Rancangannya pun bergaya Eropa.

Minerva Sachs R150 VX Rasa Besut Sport Sejati
Minerva Sachs R150 VX, motor jenis sport berteknologi Jerman yang baru diperkenalkan PT Minerva Motor Indonesia Selasa (27/4/2010) lalu. Mungkin ada yang penasaran, pengin tahu seperti apa performanya. Kebetulan Motor Plus mendapat kesempatan menjajalnya.

Utilitas - Pasang Pendingin Kaliper Rem Depan
Suhu yang terlalu panas pada perangkat rem depan motor dapat berpengaruh pada performa pengereman. Apalagi bila kita masih mengaplikasi kaliper serta kampas rem standar. Terlalu panas suhu kaliper menyebabkan kepekatan minyak rem di dalamnya berkurang. Hasilnya tekanan pada piston kaliper pun menjadi turun. Motor nyelonong sulit dihentikan.

Yamaha Scorpio - Scorpio Pakai Batok Lampu Mobil
Beberapa produk booster lampu membuat sinar lebih terang dibanding standarnya, termasuk Yamaha Scorpio. Namun sayang, batok lampu 'Kalajengking besi' yang terbuat dari plastik itu terus meleleh, tak kuat menahan panas lampu. "Perlu batok lampu dari bahan besi," ungkap Adi Sutisna dari RC Speed, di kawasan Rempoa, Jaksel. Kalau pakai lampu mobil, kenapa tidak?

Service Guidance - Kampas Rem Belakang Murah buat Jupiter Z
Bebek Yamaha keluaran terbaru seperti New Vega, New Jupiter Z dan Jupiter MX dari lahirnya sudah dibekali teromol belakang dengan ukuran lebih besar ketimbang varian terdahulunya. Kini besarnya teromol seragam dengan Yamaha tipe sport seperti RX-King, Scorpio dan skutik Yamaha Mio.

Panduan Modifikasi - Pasang Cakram Belakang Vario
Agar Buritan Semakin Mencengkeram Variomania yang ingin tampil beda, banyak cara bisa dilakukan. Misal dengan mengaplikasi sistem rem model disc brake di roda belakang. Selain tampilan motor terdongkrak, kemampun deselerasi skutik kesayangan pun kian mantap.

Modifikasi Guidance - Pasang Stabilizer Di Setang BeAT
Yudhistira, pemilik Pets Shop di daerah Bintaro, Jaksel, memilih Honda BeAT sebagai sarana transportasi sehari-hari. Alasannya karena motor jebolan Honda tersebut dinilai gesit saat diajak membelah kemacetan Jakarta. Meski demikian, ada sedikit ketidaknyamanan yang dirasa oleh pria yang akrab disapa Adhis ini.

Service Guidance - Selidik Bunyi Berisik Yamaha Nouvo
Awas! Jangan bingung lagi sama suara berisik yang timbul di sekitar rumah CVT. Terutama, buat penyemplak Yamaha Nouvo. Sebab suara berisik itu ditimbulkan enggak cuma dari satu part doang. Salah satunya, dari klip pengunci gigi rasio primer.

Service Guidance - Putaran Electric Fan Lemah Mesin Gerah
Kipas pendingin radiator mobil masa kini sudah mengandalkan tenaga listrik. Kipas yang biasa disebut electric fan ini sebelumnya lazim dipakai mobil berpenggerak roda depan. Tetapi kini mobil tarikan belakang pun mengaplikasinya. Waspada putaran bilah electric fan melemah. Sebab kejadian ini bisa bikin mesin gerah. Cermati juga kondisinya melalui gejala-gejala yang terjadi. Apa saja sih?

Modification Guidance - Modification Guidance
Akibat memapas silinder drastis dan naik stroke, blok silinder berubah ukuran. Bisa berkurang atau malah bertambah panjang. Akibatnya, rantai keteng standar tentu sudah tidak bisa dipakai lagi. Solusinya harus subtitusi pakai punya motor lain.

Modification Guidance - Pasang Alat Setting Sok Depan
Seperti sudah dijelaskan di tulisan sebelumnya Hendriansyah Racing Product (HRP) menciptakan part untuk setting kekerasan sokbraker depan. Pasti banyak yang bingung, seperti apa cara pasangnya? Apakah bisa dipakai di semua sepeda motor?

Service guidance - Pentingnya karet - karet di motor?
Di sepeda motor baik tipe bebek, sport maupun skutik, tak hanya ban yang menggunakan bahan karet. Ada beberapa spare-part yang juga dibuat dengan bahan tersebut. Bahkan boleh dibilang, onderdil-oderdil berbahan karet tersebut masuk dalam komponen penting. Mau tau lebih lanjut? Stay read this!

Subtitusi kampas kopling Yamaha Vega ZR - Vega ZR pakai kampas kopling Jupiter MX / Kharisma..
Jika kita melongok jumlah kampas kopling di Yamaha Vega ZR pasti heran. Kenapa? Sebab, di besutan ini hanya punya dua lembar, berbeda dengan tunggangan bebek lain yang sudah lama mengadopsi empat lembar untuk kampas koplingnya.

Yamaha V-Ixion - Upgrade performa v-Ixion model add - on..
Yamaha V-Ixion yang mengusung pasokan bahan bakar injeksi, kerap menyulitkan tuner dalam meningkatkan performa. Pasalnya V-Ixion sudah mengaplikasi ECU (electronic control unit). Tapi bukan tuner kreatif bila tantangan ini tak bisa ditembus.

Bajaj XCD 125 - Ragam subtitusi part bajaj XCD 125 : mayoritas part honda!
Sama seperti motor lain, di soal spare-part, Bajaj XCD 125 juga punya substitusinya, lo. "Setelah kita bandingkan, sebagian parts Honda bisa diaplikasi di motor India ini," bilang Boim, mekanik Malaka Motor (MM).

Suzuki Spin - Kampas rem depan spin pakai punya Shogun 125, harga sama tapi lebih awet dan irit..
Gara-gara sering bolak-balik bengkel ganti kampas rem depan Suzuki Spin 2007-nya, Yogi Permana, mahasiswa Interstudy, Jaksel merasa bosan. "Sudah umum bagi motormania, kalo ngerem pasti depan duluan. Makannya jadi cepet abis deh tuh kampas," keluhnya.

Ganti membran pair Satria FU agar tidak Dar-Der-dor!
Motormania lain pasti ogah mengalami hal seperti Viv Yanto, warga Tangerang, Banten. Bayangin aja, lagi asyik-asyiknya berkendara pakai Suzuki Satria FU 150 keluaran 2008-nya, eh terdengar suara nembak-nembak. Dor..dor..dor..

Ganti stoplamp model LED untuk Suzuki Skywave!
Stoplamp mati? Weeits...jangan sampai deh, bisa-bisa malah celaka gara-gara tersundul motor dari belakang. Tapi bila memang sudah telanjur koit, maka buru-buru diganti. Untuk pengendara Suzuki Skywave, urusan ganti baru stoplamp ternyata butuh dana yang lumayan besar.

Go to page: [ 1 ] [ 2 ]

Sponsored Links

Modification guidance - Up grade peredam mobil people carrier!
Dengan kapasitas angkut yang besar, People Carrier memang memiliki daya tarik di pasar Tanah Air. Na...

MERAKIT SUSPENSI BELAKANG
MERAKIT SUSPENSI BELAKANG Susunan komposisi suspensi belakang

Servis Karburator - Hindaki Kebakaran, Setel Pelampung Karburator
Banyak kasus kebocoran atau rembesan bensin dari karburator terjadi pada tunggangan motormania. Enta...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru