Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Rehabilitasi Yamaha Vega R


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis / Foto : Atenk - otomotifnet.com




Varian Yamaha Vega R memang sudah tidak diproduksi lagi. Gantinya, pihak PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengeluarkan seri terbaru berlabel New Vega R.

Nah, bagi yang masih punya Vega R lama di rumah, enggak usah minder soal performa. Mending kita rehab aja biar kondisinya enggak malu-maluin kalau bersanding dengan saudara kandungnya itu.

Oke, Let's Do It. Rehabilitasi dilakukan pada motor Vega R 2003. Langkah awal menurut Ari, mekanik GP Racing di Rempoa, Ciputat adalah ke bagian yang cukup fital, yakni karburator.

Bersihkan kerak yang menempel pada dinding karbu maupun pada lubang saluran seperti nosel dan pilot jet menggunakan bensin atau carb cleaner (gbr.1).

"Kalau melepas karbu, sekalian saja membersihkan filter karbu, yaitu dengan cara membilas busa filter dengan bensin, lalu di keringkan. Setelah itu, bisa diberi sedikit oli untuk menangkap debu halus," ujar mekanik humoris ini (gbr.2).

Busi sebagai pematik api juga kudu dicek kondisinya. Bila ada kotoran, cukup bersihkan pakai sikat kawat (gbr.3). Jangan lupa mengatur ulang celah busi dengan ukuran 0,7-0,8 mm. "Oh ya, umur pakai busi jangan lebih dari 10 ribu km ya," nasihat Ari.

Membersihkan kerak di ruang bakar juga penting, biar motor gak ngelitik. Membersihkan part ini selain melepas kepala silinder, juga ada cara lebih praktis.

Semprot aja pakai engine cleaner dari lubang busi. Tunggu beberapa saat, lalu nyalakan mesin.

Lanjutkan dengan mengatur ulang celah klep (gbr.4). Ukuran celah klep Vega R adalah 0,5 mm untuk klep isap dan 0,6 untuk klep buang. Biar presisi, silakan ukur celahnya menggunakan alat yang namanya filler gauge.

Untuk bagian transmisi, silakan cek kondisi ketebalan dari kampas kopling. Pemakaian selama 6 bulan atau ketebalan kurang dari 0,8 mm, membuat kampas kopling sudah tidak bekerja secara maksimal.

Jurus pamungkas buat memulihkan kondisi kesehatan Vega, dengan ganti oli mesin dan lakukan teratur setiap 2.000-2.500 km atau setiap 1 bulan sekali. Hal itu dilakukan agar komponen dalam mesin tidak cepat aus.


IUA commented on 03 Jun 2011, 21:53:12
Celah klep in 0.5 mm (setengah mili meter) yang out 0.6 mm, beneran kah? Kok renggang banget Bos? Apa bukan 0.05 mm dan 0.06 mm ya? Pengaruhnya apa Bos setel celah klep ini? Maaf, awam tentang mesin.



Sponsored Links

Knowledge bohlam - Bohlam : waspada panas dan getar!
Menjelang mudik Lebaran tak ada salahnya memasukan bohlam headlamp ke dalam boks sparepart cadangan....

Yamaha V-ixion Bercita Rasa CBR 1100 R
Pemodifikator Wardoyo dari Dave Motor Concept (DMC) terpaksa berpikir dan kerja keras menerima tanta...

Yamaha Mio "Rp40 juta" Juara Kontes Modif di Bali
KUTA, MINGGU - Yamaha Mio milik I Made Ambara berhasil menggondol predikat Best of the Best dalam aj...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru