Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Servis Karburator - Buat yang hobi utak - atik karburator mobil!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Manut / Rio

Pemilik mobil lawas usah minder sama yang anyar. Buktinya beberapa surat yang masuk ke redaksi menanyakan hal yang bisa dilakukan sendiri. Misalnya ada keluhan tarikan loyo dan menanyakan setelan karburator yang pas.

 

Nah, buat Anda yang punya mobil lawas dan kian tertarik buat utak-atik, bisa trik berikut ini yang diperagakan pada Toyota Kijang, bisa untuk mesin 5K maupun 7K karburator.

 

CARBURETOR CLEANER

 

Toyota Kijang punya karburator yang lumayan simpel. Membersihkannya mudah, kok. "Selama tidak ada keluhan cukup dibersihkan saja," bilang Ade Rahmat, mekanik bengkel OSS di Kebon Jeruk, Jakbar.

 

Siapkan kunci-kunci 10, 12 dan 14 mm, obeng minus dan carburetor cleaner. Pertama, tentu copot dulu saringan udara dan rumahnya yang biasa diikat baut 10 dan 12 mm.

 

Setelah terbuka semua, bersihkan bensin yang ada di ruang pelampung. Caranya, buka baut setelan angin yang ada di bawah karburator sebelah kanan pakai obeng minus (Gbr.1). Bensin akan mengucur keluar. Buka saja sampai copot. Hati-hati jangan sampai hilang.

 

Lanjutkan membuka baut drain 14 mm penutup spuyer di bagian depan bodi karburator (Gbr.2). Bensin pun mengucur keluar juga. Dari lubang ini tampak spuyer-spuyernya. Langsung semprot carburetor cleaner ke lubang spuyer dan baut setelan angin tadi.


Gambar 1

Gbr 1

 


Gambar 2

Gbr 2

 


Gambar 3

Gbr 3

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

Kelar menyemprot, pasang lagi bautnya dan hidupkan mesin. Setel angin supaya mesin langsam, kira-kira 1,5 putaran. Lalu bekap karburator pakai tangan beberapa kali (Gbr.3). "Tujuannya mengeluarkan bensin kotor yang tersisa di dalam karburator," lanjut Ade.

 

Lanjutkan semprot carburetor cleaner ke dalam karburator (Gbr.4). Putaran mesin akan turun seperti mau mati. Sebaiknya naikkan putaran dengan membuka skep gas. Kalau mati, tinggal start lagi.

 

Setelah kelar membersihkan, setel kembali angin. Tutup baut setelan dulu sampai mesin mau mati, lalu putar untuk membuka kira-kira 1,5 putaran. Dapatkan feeling terbaik, karena saat dibuka, putaran mesin akan naik.

 

Sampai suatu saat, putaran mesin akan turun. Hentikan putaran saat putaran mesin tertinggi dan stabil. Kalau perlu tambahkan seperempat putaran supaya mudah hidup pada saat dingin. Kelar, deh. Gimana, sudah siap utak-atik?

 

Sumber :Penulis/Foto: Manut / Rio - otomotifnet.com



Sponsored Links

Mesin
pada mobil adalah pembangkit tenaga gerak. biasanya mesin yang digunakan sama mobil merupakan mesin ...

Pasang visor aksesori Jupiter MX untuk honda Beat
Percaya, enggak? Dengan se­­­dikit sentuhan berbiaya eko­­­nomis, tampilan Honda Be­AT Anda bisa leb...

Utilitas - Seting Spion Cegah Nyangkut
Bagi pemilik motor Honda tipe lama atau beberapa motor merek lain kadang merasa punya masalah dengan...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru