Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda murah hanya
Rp84.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini.
5 in 1 dengan fungsi tambahan, bisa sekaligus sebagai palu, pisau kecil, lampu putih, lampu red darurat!
Rp150.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil, car organizer
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Transmisi Manual - Bushing Tongkat Transmisi Manual Longgar?

 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Ade/Uky


gbr.1


gbr.2

 

Maksud hati ingin pindah gigi dengan cepat saat menyalip kendaraan di depan. Namun ternyata tuas transmisi salah masuk. Bahkan posisi tuas tidak bisa lagi dipindah dari posisi gigi 3 alias menyangkut. Padahal awalnya tuas hanya terasa longgar atau terlalu banyak gerak, saat posisi gigi masuk ke depan ataupun mundur. Inilah nasib sial yang dialami Surahman pada Suzuki Katana miliknya yang bertandang ke OSS di Jl. Panjang 8A, Jakbar. Hal yang sama bisa terjadi pada semua mobil manual. Nah bagaimana supaya pindah gigi menjadi rapat dan pas?

Celah Got
Sebelumnya, problem ini kerap dialami lantaran umur peranti tuas yang selalu ditarik-dorong. Komponen di dalamnya antara lain berupa bushing, per, mangkok per dan as tuas itu sendiri. Saat bergesekan, salah satu komponen akan mulai aus sehingga membuat celah bagaikan got di peranti tuas. Pada umumnya yang cepat aus adalah bagian bushing. Nah, saat bagian ini mulai aus tuas bakal terasa speleng dan longgar. Biar masalah enggak merembet, sebaiknya segera lakukan perbaikan. Cara penggantiannya mudah dan harga bushing pun relatif tidak mahal di pasaran.

 


gbr.3


gbr.4

 

Cara pertama bisa dengan melepas karet penutup tuas dengan membuka baut pengikatnya dari dalam kabin (Gbr.1). Kemudian, kancing pengunci yang berupa snap ring ataupun yang berupa baut penahan dudukan dilepas agar tuasa bisa keluar dari transmisi (Gbr.2). Barulah peranti tuas ini bisa Anda perhatikan bagian mana saja yang sudah aus (Gbr.3). Jika belum terlalu lama kejadian speleng, umumnya bushing yang berada di ujung tongkat yang perlu diganti. Pastikan saja bagian ini tidak mudah terlepas saat digoyangkan.



Lain jika kejadiannya sudah berangsur-angsur. Bagian bushing penahan as tengah juga bisa aus (Gbr.4). Sebagai indikasinya, tuas tidak hanya speleng. Namun tuas dapat ditarik ke atas saat masih terpasang. Penggantian bushing ini perlu melepas karet tuas dan boot pelindung kabin terlebih dulu. Pasalnya, bushing mesti keluar ke arah atas tuas satu persatu komponen.

 


gbr.5

gbr.6

Paling parah, speleng di tuas sudah merembet pada as tuas bagian ujung yang bertugas sebagai pengungkit as transmisi. Setelah melepas bushing bagian ujung tuas, bagian as ini semestinya punya permukaan yang rata. Sayang perbaikan bagian ini perlu bantuan alat las (Gbr.5). Proses pengelasan sebaiknya tidak terlalu tebal, lantaran bentuk asli jangan sampai berubah. Setelah dilas, proses perataan permukaan bisa dengan bantuan gerinda tangan atau dengan bantuan kikir (Gbr.6).



Setelah ujung pengungkit rata, ada satu bagian lagi yang perlu diperhatikan. Yaitu mangkok penahan per, bagian ini semestinya dapat menahan per pada sesuai kedudukannya. Jika sudah aus sebaiknya diganti baru. Setelah semua komponen dalam tuas diperbaiki, tuas bisa dipasang kembali sesuai proses pembukaan. Speleng minim, pindah gigi terasa enteng.



Sumber : Penulis/Foto: Ade/Uky - otomotifnet.com


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Setel karburator dengan benar, supaya lolos uji emisi?
Wacana uji emisi di motor yang digulirkan Pemprov DKI kembali menuai beragam reaksi. Terutama di kal...

Merawat Pelek Mobil - Cegah Pelek Panuan Pasca Hujan
Pakai pelek racing memang keren, bikin tampilan mobil jadi kelihatan beda. Tetapi kalau enggak diraw...

Yamaha Mio Low Rider dari Malang
Malang lagi dilanda deman low rider. Lihat saja karya Fatkhur Rohman terhadap Yamaha Mio 2004. Skube...



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

5 in 1 Kenmaster, alat multifungsi saat darurat :
- Jump Starter (Pengganti aki mobil mati)
- Pompa ban
- Lampu penerang jalan (Pengganti lampu mobil/motor yang rusak, taruh di jendela atau tempat lain)
- Power Bank (charger handphone/tablet/gadget)
- DC Output 12V
Rp799.000



Uniqtro Racun Api Mini
Sangat efektif memadamkan api dalam sekejap jika ada bagian terbakar, wajib untuk mobil/truk, bisa juga untuk motor. Sangat murah dibandingkan mobil anda terbakar seluruhnya, hanya
Rp130.000


Pembersih Kaca Windshield
- Menjangkau Tempat Sulit
- Mampu membersihkan hanya dengan air biasa, hasilnya kaca anda tampak bersinar
- Bahan Aman untuk kaca
- Cocok untuk perjalanan jauh, menghilangkan kabut & kelembaban kaca mobil
- Untuk semua ukuran mobil, truk, SUV dan bahkan RV
Rp124.999



Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru