Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Usir suara berisik gir rasio Mio


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Jotos / Jotos - otomotifnet.com

Jalan-jalan setiap sore (JJS) sama istri dan anak, merupakan kebahagian tersendiri bagi suami.

 

Karena hal itu bisa menikmati kebersamaan bareng keluarga. Tapi gimana ya, kalo lagi asyik-asyiknya jalan, tiba-tiba besutan mengeluarkan suara berisik yang enggak enak didengar? Wah pasti jadi terganggu dong.


Gambar 1

Gbr 1

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

Kisah itu dialami Edi Sumaryo warga Cipondoh, Tangerang, Banten. “Iya waktu saya sedang enak jalan sama istri dan anak, tiba-tiba ada suara dari dalam CVT.

 

Bukan suara knalpot, tapi bunyinya setiap di atas kecepatan 60 km/jam,” kata pria berambut putih ini.

 

 

Nah, gara-gara masalah itu Edi dan keluarganya batal JJS. Wah, kacau deh! Tapi biar enggak nyusahin terus, Yamaha Mio 115 cc keluaran 2008 itu digelandang ke bengkel Bonano Fiananda (BO) di Jl. KH. Maulana Hasanudin, Porisgaga Batu Ceper, Tangerang, Banten.

 

 

Di BO Edi bertemu Muhammad Nurdiansyah, mekanik BO. Dia menceritakan yang dialami pada besutannya.

 

Setelah Edi curhat sama pria ramah yang biasa disapa Aan itu, skutik yang katanya market leader itu pun langsung dibongkar.


Gambar 5

Gbr 5

 

 

 

 


Gambar 6

Gbr 6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah dicek and ricek, ternyata pemicu suara yang keluar dari dalam CVT adalah gigi rasio (gbr.1). “Memang kalo gigi rasio itu renggang antara primer dan skunder akan menimbulkan bunyi (gbr.2).

 

Karena antara gigi rasio dan primer terdapat satu ring besar, jadi kalau enggak rapat ring itu akan bergetar. Makanya kalo motor dalam keadaan kencang jangan direm mendadak, itu bisa membuat gigi rasio jadi abis alias ompong,” jelas Aan.

 

 

 

Biar gak beli baru, solusinya dipres dan dilas kuningan. Penasaran kan, apa yang dilakukan Aan. Yuk kita lihat. Sebelum dibongkar, siapkan dulu perkakas yang diperlukan; T-8, tracker, kunci sok ukuran 24 dan kunci L-5.

 

 


 

 

Gambar 7

Gbr 7

 

 

 

Pertama buka 22 baut yang mengunci di bak CVT menggunakan kunci T-8 (gbr.3). Lalu lepas kopling sentrifugal dengan kunci sok 24 (gbr.4). “Jangan lupa pakai tracker biar gampang buka sentrifugalnya,” tambahnya.

 

Setelah itu copot baut L penutup rasio sebanyak lima buah pakai kunci L-5 (gbr.5). Kalau sudah buka, rasionya dipres menggunakan alat catokan pres (gbr.6). “Biar rasio itu gak kambuh lagi maka harus dilas kuningan (gbr.7),” bilang pria ini sambil tersenyum.

 

Buat biayanya, cukup bayar Rp 50 ribu. “Itu sudah berikut ongkos pasang, lo,” ucapnya. Hasilnya, skutik Edi sudah enggak ‘sakit’ lagi, deh.

 

Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Honda VFR1200F 2010: Motor Pertama di Dunia dengan Kopling Ganda
Honda Eropa merilis varian baru model VFR1200F yang telah dilengkapi teknologi transmisi kopling gan...

Modification guidance - Paket rem cakram belakang bebek?
Banyak pemilik motor bebek yang masih pakai rem belakang model teromol mengupgrade jadi cakram. Ten...

Komponen Mobil yang Diperiksa Pasca-Mudik
Setelah mobil "diperas" pergi-pulang untuk tujuan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung hal...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru