Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Atasi sensor spidometer Satria FU 150 ngadat?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav-Otomotifnet.com

Di tengah perjalanan, Antonius kaget sama indikator Suzuki Satria FU 150-nya. Apa yang ia lihat sungguh di luar dugaan. Kenapa, sih? "Itu lo, masak angka di spidometer nol terus. Padahal feeling saya motor itu berjalan pada kecepatan 60 km/jam. Kenapa ya?" ucapnya.

 

Ogah buang-buang waktu, segeralah ia menggiring besutan kesayangannya itu ke bengkel terdekat. Setelah dicek oleh Igun, salah satu mekanik bengkel Mitra Mulia Motor (MMM), ditemukanlah biang keladinya.

 

 

"Ini sih biasa di FU, sensor spidometernya yang bermasalah, paling juga karena kotoran. Letak perangkatnya ada di balik pelindung gir depan dekat mesin," ucap pria yang bengkelnya di daerah Jl. H. Mencong, Tangerang, Banten.

 

Untuk membuktikan omong­an montir itu, kita langsung praktikkan saja. Tetapi yang harus dilakukan, sudah tentu menyiapkan peralatannya dulu, dong. Yakni, kunci ring 12, T-8, bensin secukupnya, wadah dan kuas.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

 

Sudah? Langkah pertama, membuka dulu dua baut pijakan kaki sebelah kiri menggunakan kunci ring 12 (gbr.1). Selanjutnya melepas tiga baut penahan cover penutup gir depan dengan kunci T-8 (gbr.2).

 

Setelah terbuka, cek keadaan sensornya (gbr.3). Jika ada penumpukan bekas oli rantai dan debu, maka itulah penyebab utamanya. "Keadaan sensor harus tetap bersih, perangkat ini kan bekerja seperti infrared. 

 

Yah, ibarat mata kita, enggak akan kelihatan apapun kalo tertutup dengan benda atau kotoran," terang pria yang punya badan ramping itu.

 

Bersihinnya gimana? Gam­pang, tinggal kita basuh aja pakai bensin sambil mengoleskan dengan kuas di atas wadah yang sudah kita sediakan (gbr.4).

 

 "Lakukan langkah tadi sampai benar-benar bersih hingga enggak ada lagi kotoran yang menempel. Yah, minimal sebulan sekali deh," terangnya.

 

Nah, jika dirasa sudah bersih, rakit kembali semua part yang telah kita lepas ke posisi semula dan pastikan enggak ada baut yang kendur atau lupa dipasang.

Silakan mencoba.

 

 

 

Penulis/Foto: Pidav / Pidav-Otomotifnet.com

 



Sponsored Links

Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
Ban motor cepat rusak karena dua hal. Pertama, karena ulah penjahat menyebar "ranjau" berupa paku...

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 - Subtitusi part aksesori Ninja 250cc
Mengacu harga jualnya yang Rp 46 jutaan, semua setuju kalau target pembeli Kawasaki Ninja 250 kelas ...

Service Guidance - Memilih bohlam, perhatikan inputnya?
Kerap penggantian bohlam di headlamp baru terpikir saat cahayanya mulai meredup atau bahkan mati sam...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru