Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Audio Mobil CBU - Pasang FM Konverter, Sinyal Kuat


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Anton

Pemilik mobil-mobil CBU (Completely Built Up) versi importir umum, kerap direpotkan saat hendak tuning frekuensi radio lokal. Pasalnya sinyal frekuensi bawaan head unit (HU) standar, memiliki perbedaan range atau jangkauan sangat signifikan.
   
Menurut Bari Setiadi, instalatur Baze Audio yang kerap menangani keluhan dari pemilik besutan CBU, perlu menambah modul FM konverter (Gbr.1) supaya bisa menerima sinyal frekuensi radio lokal. "Prinsip kerja alat ini untuk menaikkan kekuatan daya tangkap, terhadap sinyal frekuensi radio di sini (Indonesia)," jelas pria jebolan Universitas Atma Jaya, Jakarta ini.

Pemasangannya tergolong mudah, lantaran hanya perlu menghubungkan beberapa kabel ke bagian ACC pada kunci kontak, ground, serta ke konektor kabel antena pada HU. Kabel warna merah dihubungkan ke kutub + pada kunci kontak (ACC). Dilanjutkan dengan menyambung kabel warna hitam ke ground (Gbr.2).
   
Lubang pada modul untuk menghubungkan kabel dari antena luar (Gbr.3), sementara kabel konektor pada modul langsung ditancapkan ke konektor antena di bodi belakang HU (Gbr.4). Meski sudah bisa dipastikan alat seharga Rp 750 ribu ini mampu menangkap sinyal radio lokal, jangan kaget jika posisi frekuensi riil melenceng dari angka frekuensi normal pada HU.
   
"Terdapat perbedaan angka frekuensi lebih tinggi dari standarnya. Sebab FM konverter memang untuk menaikkan sinyal frekuensi radio standarnya. Kalau bawaan mobil built up Jepang, angka frekuensi radionya lebih rendah ketimbang frekuensi standar di Indonesia yang sampai di atas 100 Hz," papar Bari.

Sumber :Penulis/Foto : Anton- otomotifnet.com



Sponsored Links

Pasang fairing bawah custom Kawasaki Ninja 250 - Makin panjang, lebih garang!
Mempergagah tampilan besutan kesayangan? Wow... tentu saja ada berjuta metode. Dari yang simpel samp...

Modifikasi Guidance - Skywave dan Spin Pakai Piston Smash
Banyak penikmat adu kebut bertanya. Terutama, pemilik Suzuki Skywave 125 atau Spin 125. Ya, bagaiman...

Merawat Pelek Mobil - Cegah Pelek Panuan Pasca Hujan
Pakai pelek racing memang keren, bikin tampilan mobil jadi kelihatan beda. Tetapi kalau enggak diraw...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru