Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Audio Mobil - Cegah Speaker Jebol


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Anton


Setelah mengganti speaker bawaan mobil dengan versi aftermarket, perlu treatment khusus agar komponen penghasil suara ini tak mudah terkena air. Pasalnya celah di antara pelat, memungkinkan air hujan merembes masuk ke bagian dalam panel pintu. Hal ini lah yang menyebabkan bagian spider di balik konus speaker, rentan terkena cipratan air yang masuk melalui celah tadi. Kerap terjadi Toyota Innova, Avanza hingga Honda Jazz.

Sekadar perbandingan, umumnya desain pada speaker standar, sudah dilengkapi rangka pelindung conus spider. Letaknya di sekeliling bibir rumah speaker (Gbr.1). Sementara versi aftermarket, tidak ada yang dilengkapi cover berbahan plastik atau ABS itu.
   
Cara termudah bisa dengan menutup lubang ventilasi, yang terdapat di sekeliling crown (cangkang) speaker (Gbr.2), pakai dobel tape atau plastik pada sisi atasnya. Kiat ini memang efektif, tapi konsekuensinya low frequency dari speaker mid-bass tidak bisa optimal.
   
Menurut Eddy, salah satu instalatur di sentra onderdil Duta Mas, Fatmawati, Jaksel, lubang ventilasi pada speaker berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara. "Kalau salah satu ada yang ditutup, daya hentak konus bisa berkurang. Sehingga nada low enggak bakal tercipta dengan baik," urai pembesut Daihatsu Xenia ini.
   
Supaya kualitas suara dari speaker mid-bass tak berkurang, menurut Eddy, bisa mengakalinya pakai kanopi alias penutup lubang ventilasi dari papan MDF. Pilih yang tebalnya 18 mm (Gbr.3). Pasang di dalam celah panel, dengan jarak sekitar 4-5 cm tepat di atas dudukan speaker pada pintu. Sebaiknya papan MDF yang akan dipakai, dilapis resin dan didempul layaknya memperkuat dinding boks subwoofer. Tujuannya agar tak mudah lapuk akibat tetesan air.

Supaya kanopi tak bergeser saat mobil berjalan, harus ditambahkan 3 baut terlebih dulu dengan posisi horisontal. Kelar itu semua, pasang doortrim seperti semula, dan dijamin air enggak bakal membasahi speaker lagi.

Sumber :Penulis/Foto : Anton - otomotifnet.com



Sponsored Links

Panduan Modifikasi - Pasang Cakram Belakang Vario
Agar Buritan Semakin Mencengkeram Variomania yang ingin tampil beda, banyak cara bisa dilakukan. Mis...

Yamaha Jupiter Z - Upgrade performa yamaha jupiter z biar makin ngacir pastinya...
Tentu senang jika punya motor bisa bikin orang lain berdecak kagum. Tak hanya tampilan kinclong dan ...

Sokbreker depan Honda Vario CBS Techno - good bye jedag - jedug Vario Techno?
Ada rasa penasaran saat Mr. Testo test ride Honda Vario CBS Techno. Sokbreker depannya terasa lebih ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru