Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bajaj Pulsar 180 DTS-i - Bikin Keras Sok Depan Bajaj Pulsar


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis : Oct - otomotifnet.com



Lepas tutup tabung dengan kunci L 14 mm

Sok depan Bajaj Pulsar terlalu lembut mengayun. Untuk hal yang satu ini, pengguna Pulsar baik yang 180 DTS-i atau 200 DTS-i sudah pada paham. Makanya mereka punya solusi, agar si Pulsar tetap enak dibawa menikung dengan kondisi jalan yang agak bumpy.

Salah satu treatment datang dari otak encer Mulyadi, mekanik MJ Motor di Arteri Pondok Indah, Jaksel. "Meski sama-sama terlalu lembut, solusi yang diberikan antara yang 180 cc dan 200 cc enggak jauh beda," ujarnya.

Wah gimana tuh? Untuk Pulsar 180 cc, treatment-nya bisa 2 cara. Pertama menambahkan oli khusus sok ke dalam tabung. "Enggak perlu banyak-banyak, pada tiap tabung sok cukup dituangkan setengah botol oli khusus sok," kata pria ramah ini.


Ganti tutup sok depan dengan punya GL Pro

Selain memang sudah dibuktikan bisa menambah keras ayunan, solus ini tergolong murah meriah. Pasalnya cukup membeli oli sok yang di pasaran harganya hanya Rp 4 ribu. Selain itu, proses penambahan olinya cukup gampang.

Tinggal lepas tutup tabung sok dengan kunci L ukuran 14 mm, namun sebelum itu dilakukan, lebih dulu kendorkan baut L ukuran 6 mm yang berada pada dudukan sok.

Solusi ke-2, di motor yang sama adalah tambah angin. Tentu bingung deh, sok depan Pulsar isinya oli mana mungkin ditambah angin? Mungkin saja kok, caranya mengganti tutup tabung bawaan pabrik dengan punya Honda GL Pro.


Setelah ganti tutup sok, tinggal tambah angin

Lho kok punya GL Pro? Pasalnya di motor itu buat mengeraskan atau melembutkan ayunan sok, bisa memanfaatkan angin. Caranya tinggal tambahkan angin dari kompresor melalui tutup tabung sok depan. Itu yang juga dilakukan, kala tutup sok Pulsar sudah diganti bawaan GL Pro. "Soal harganya, tinggal rogoh kocek Rp 25 ribu buat tutup tabung dengan spesifikasi imitasi lo," seloroh Mulyadi.


Solusi buat Pulsar 200 cc tinggal tambahkan oli

Nah sekarang untuk yang Pulsar 200 cc. Ukuran diameter tabung yang lebih besar, membuat solusi ke-2 tidak dapat diterapkan di sini. "Menambah oli ke tabung sok depan jadi satu-satunya solusi paling murah meriah," tutup pria berambut ikal ini (gbr.4). Sementara untuk banyaknya oli yang ditambahkan, sama dengan treatment sok depan Pulsar 180 DTS-i.

MJ Motor : 021-92614493



Sponsored Links

SISTEM REM
Sistem rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan serta memb...

Kaki-Kaki Mobil - Hilangkan bunyi berisik pada per?
Bunyi menjengkelkan itu, biasanya akan hilang sehabis dicuci. Tapi, selang beberapa lama akan muncul...

Problem Solving - menyetel AFR membikin irit innova?
Toyota Innova bensin keluaran pertama sampai 2006, pengaturan emisi masih mengusung peranti Variable...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru