Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bikin pakem rem belakang Suzuki Spin low rider!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx / Atenx- otomotifnet.com

Modifikasi lowrider di skutik yang wajib mengaplikasi undur-undur sebagai ciri utama, jelas butuh penyesuaian di berbagai sektor. Salah satunya, sistem pengereman belakang yang otomatis jadi ikut mulur.

 

 

Nah buat mengatasi hal itu, beberapa modifikator mensiasatinya dengan membuat tuas pengungkit rem belakang yang lebih panjang (gbr.1). Di sebagian jenis motor skutik, cara tersebut terbilang ampuh tanpa mengurangi kualitas pengereman.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

Namun begitu, kadang trik tersebut malah bikin rem belakang jadi gak pakem! "Banyak keluhan dari pengguna Spin lowrider. Maklum, rem standarnya kerap dirasa bagel," ungkap Donny Permana dari rumah modifikasi Hantu Laut.

 

Masih menurut Donny, penyebab rem belakang Spin lowrider bagel bisa disebabkan kesalahan pada konstruksi rem yang dimodifikasi.

 

Nah untuk itu, Donny mau berbagi trik bikin rem belakang Spin lowrider jadi pakem. Simak ya!

Pertama, buat dudukan kabel rem belakang pakai pelat besi setebal 3 mm yang ditekuk menyerupai huruf L (gbr.2). Ukuran teknisnya, tinggi badan 4,5 cm dan panjang kaki 3 cm.

 

Selanjutnya bagian kaki diberi lubang berdiameter 10 mm untuk menahan kabel rem dan ukuran 8 mm di badan pelat untuk mengikat peranti itu ke mesin.

 

Kalau sudah, langsung pasang pelat tersebut pada baut mesin di bawah cover CVT menggunakan baut 8 bawaan motor. "Posisi pasangnya harus nyamping biar pelat bisa menahan kabel rem nantinya (gbr.3)," sambung Donny.


Gambar 5

Gbr 5

 

 

 

 

 


Gambar 6

Gbr 6

 

 

 

 

 

Kelar di bagian tersebut, lanjut membuat as pengungkit di paha ayam (gbr.4). Ukurannya, panjang 15 cm dan diameter as 10 mm. "Jangan lupa lubangi ujungnya dengan diameter 7 mm untuk tuas pengungkit. Dan ujung satunya lagi diberi tonjolan besi untuk menahan as nantinya," wanti modifikator cerdas ini.

 

 

Sudah siap? Sekarang tinggal proses pemasangan kabel rem. Pasang kabel rem melewati pelat di bawah cover CVT yang sudah dibuat tadi. Sampai sini, jangan lupa masukan pegas pengungkit as rem belakang dan 'kunci' per itu memanfaatkan baut 10 (gbr.5).

 

 

Sudah? Pasang as pengungkit paha ayam dan langsung sangkutkan tuas pengungkit rem belakang sebelum akhirnya diikat dengan mur setelan rem belakang (gbr.6). Kalau sudah, boleh langsung dicoba deh!

 

Penulis/Foto: Atenx / Atenx- otomotifnet.com



Sponsored Links

Service guidance - Ganti bohlam spidometer Honda Tiger!
Agar panel spidometer dan takometer Honda Tiger bisa terlihat saat berkendara di malam hari, maka di...

Problem Solving - Jika Alarm Avanza Cerewet Dan Low Batt
Hampir semua varian Avanza baik tipe E, S dan G sudah dilengkapi alarm sebagai perlengkapan standar....

Modification Guidance - membikin knalpot slip on di Honda BeAT?
Pernah dengar istilah slip on (SO)? Idiom ini sering banget digunakan untuk menyebut model knalpot y...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru