Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

BMW 318i dan Peugeot 206 - Cermat Saat Transmisi Matik Tertahan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Ade


BMW dan Peugeot umumnya tidak memiliki batang dipstik sebagai pengukur kondisi oli.

Kondisi matik yang mengalami limp home berarti transmisi sengaja diatur oleh ECU agar tidak dapat melaju dengan normal. Maksudnya, saat maju posisi gigi tidak berurutan dari gigi satu. Melainkan langsung pada posisi tiga, sehingga sangat sulit melaju dengan putaran tinggi.

Seperti yang dialami salah satu pembaca yang mengeluhkan problem di atas kepada kru Otomotif Service Station (OSS). BMW 318 E46 nya sulit menanjak di salah satu apartemen di Jakarta Barat. Setelah 'dituntun' ke bengkel OSS, diketahui bahwa indikator tanda seru berwarna kuning yang berada di sebelah petunjuk posisi tuas dalam spidometer menyala. Apakah sebabnya?

Pertama tentu dengan melihat kondisi oli matik. Sayangnya, untuk mengetahui kondisi oli matik BMW E36 memang cenderung sulit. Tanpa adanya bantuan batang dipstik, oli perlu dikuras terlebih dulu. Pengurasan bisa melalui saluran pembuangan di bak oli besar dan kecil, yaitu dengan membuka baut penutup kuras yang berada paling bawah bak. Sedangkan untuk bak oli kecil yang berada di depannya perlu melakukan pembukaan seluruh baut kedudukan untuk dibersihkan.

Setelah terkuras, pastikan oli berjumlah sekitar 5 liter dan berwarna merah kecoklatan tidak mengeluarkan bau hangus. Jika jumlah kurang dari 4 liter dan mempunyai warna kehitaman berbau hangus, artinya oli perlu diganti segera. Pastikan jumlah oli matik berjenis ATF Dexron III atau sejenisnya masuk melalui baut tengah pengisian. Oh iya, sebaiknya pengisian penuh dilakukan saat mesin hidup dengan posisi tuas 'N'. Jika sudah terisikan penuh, pastinya tanda seru yang menyala pada indikator spidometer sudah tidak menyala lagi.


Jika menyala pertanda matik dalam kondisi limp home

Problem yang sama juga dialami Elwin pada Peugeot 206 miliknya. Saat limp home, lampu indikator tuas berkedipan hingga pada lampu petunjuk 'snow' dan 'sport'. Masalahnya juga pada oli matik yang kurang isinya dan melewati masa penggantian. Sehingga tidak perlu menuding komponen transmisi lain yang rusak. Langkah pertama cukup dengan melakukan penggantian oli matik sekitar 3 liter atau sesuai buku petunjuk.

Sumber : Penulis/Foto: Ade - otomotifnet.com



Sponsored Links

SISTEM STARTER
Untuk menghidupkan mesin diperlukan tenaga dari luar yang dapat memutarkan poros engkol sampai ter...

Custom Sprocket Fixing Honda Tiger..
Buat pengendara Honda Tiger, coba perhatikan gir belakang. Ada 4 buah besi penahan (sprocket fixing)...

Bajaj XCD 125 - Ragam subtitusi part bajaj XCD 125 : mayoritas part honda!
Sama seperti motor lain, di soal spare-part, Bajaj XCD 125 juga punya substitusinya, lo. "Setelah ki...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru