Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Gadget dan Otomotif - Program audio - video via i- phone


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Anton / Anton

Setelah mengulas aplikasi software iPhone untuk mesin mobil, edisi ini akan dijabarkan program lainnya untuk mendukung audio-video mobil Anda. 

 

Mau menganalisa kualitas sistem audio mobil sampai mau jadi DJ (Disc Jockey) melalui perangkat keluaran Apple Inc? Gampang...

 

Gambar

 

 

POCKET RTA

 

Sebenarnya sudah banyak software yang tersedia di pasaran, terutama di luar negeri, tapi yang sudah diaplikasi pelaku modifikasi Tanah Air baru beberapa saja.

 

Beberapa di antaranya program Pocket RTA dan Touch DJ. Kedua software opsional pada iPhone ini sudah diterapkan Handy Setiawan, King of Yaris Show Off 2009, (4-5/12) lalu.

 

Aplikasi yang tergolong simpel dan enggak butuh waktu lama, menjadikan kedua software ini lebih diminati kalangan gadget-mania. "Untuk install ke iPhone hanya butuh waktu antara 3-5 menit, karena kapasitas memorinya juga kecil," ujar Handy.

 

Fungsi keduanya berbeda satu sama lain. Pocket RTA (www.4pockets.com) tak lain merupakan software yang fungsinya sama dengan alat real-time spectrum analyzer (RTA), yang kerap dipakai para instalatur car audio. Tapi versi ini khusus untuk aplikasi pada iPhone dan iPhone 3G.

 

 

Gambar 1

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

 

Gambar 4

 

 

 

 

Gambar 5

 

 

Dengan program itu, Anda dapat menganalisa kualitas sound di kabin mobil, cukup dengan mengandalkan iPhone kesayangan. Lantaran Pocket RTA sudah sediakan beberapa fitur unggulan yang mudah diaplikasi sendiri.

 

Contoh analisis spektrum yang cepat dan akurat, cocok digunakan bagi kalangan pencinta car audio amatir yang sedang belajar maupun para instalatur audio profesional sekalipun.

 

Pemakaian fitur analisis spektrum juga berikut sistem kalibrasi di dalamnya, berfungsi untuk memantau level noise dan dapat buat mengetes perangkat audio tambahan. Seperti speaker split versi aftermarket atau subwoofer.

 

Contoh suara yang ditampilkan pada program Pocket RTA, mengandalkan internal atau eksternal mikrofon pada iPhone. Sehingga pemakaiannya tak membutuhkan kabel penghubung antara iPhone dengan head unit (HU).

 

Perlu diketahui kalau HU yang bisa dipakai untuk fungsi Pocket RTA pada iPhone ini, yang sudah tersedia fasilitas iPhone-ready. Seperti Pioneer 2-DIN AVH-P4150 DVD, yang sudah tersedia konektor tersebut.

 

Beberapa display yang ditampilkan pada layar sentuh iPhone meliputi diagram batang yang rapat, diagram logaritma, petunjuk Octave, 1/3 Octave, Osiloskop, SPL (Sound Pressure Level) dan display spektogram dengan bentuk kurva.

 

Penggunaan software multitasking pada iPhone, menyuguhkan hasil secara real-time (sesungguhnya). Contoh saat volume suara dinaikkan, sound akan terdengar lebih menggelegar.

 

Sementara petunjuk di Pocket RTA, pada fitur calibration level, akan menunjukkan titik tertinggi untuk frekuensi (Hz) dan dB-nya.

 

Jika Anda masih pakai iPhone generasi pertama, bukan versi 3G, internal mikrofonnya hanya dibatasi pada level frekuensi suara hingga 8KHz.

 

Untuk itu sebaiknya menambah eksternal mikrofon atau headset, yang dapat mengakomodasi sound level hingga 44KHz sample rate.

 

Sementara model iPhone yang sudah berfitur 3G, tidak bakal menderita sama suara yang punya frekuensi respon mencapai 44 KHz.

 

TOUCH DJ

 

"Sebenarnya software ini (Touch DJ) sekadar buat lucu-lucuan saja. Sebab fungsi utamanya enggak bisa diaplikasi langsung ketika sedang nyetir mobil," jelas Agus Djaja Somat, modifikator dari gerai Autoline di Jakbar.

 

Pasalnya Touch DJ lebih di­peruntukkan buat belajar me-remix lagu sesuai keinginan dan selera bermusik ala DJ, dan dalam kondisi mobil berhenti atau buat kepentingan show-off pameran.

 

Di dalam software ini memang sudah tersedia beberapa lagu bawaannya, namun bisa saja ditambah jika ingin nge-DJ pakai lagu-lagu kesukaan.

 

Check it sound, baby....

 

Sumber :Penulis/Foto: Anton / Anton - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modification Guidance - Modification Guidance
Akibat memapas silinder drastis dan naik stroke, blok silinder berubah ukuran. Bisa berkurang atau m...

Sokbreker Jupiter MX gampang jebol? ganti punya Nouvo Z coy!
Setiap motormania, pasti punya masalah tersendiri terhadap tunggangannya. Seperti dialami Rommy Hami...

Suzuki Satria FU-150 - Bikin rem belakang agar makin pakem!
Hayo apa beda pengereman depan dengan belakang pada motor bebek. Yup di bagian haluan, semuanya suda...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru