Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Ganti membran pair Satria FU agar tidak Dar-Der-dor!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Jotos / Jotos - otomotifnet.com

Motormania lain pasti ogah mengalami hal seperti Viv Yanto, warga Tangerang, Banten. Bayangin aja, lagi asyik-asyiknya berkendara pakai Suzuki Satria FU 150 keluaran 2008-nya, eh terdengar suara nembak-nembak. Dor..dor..dor..

 

 

Kebisingan jelas muncul dari knalpotnya. "Iya, saya sampe kaget. Kirain ban belakang motor saya meletus. Eh, enggak tahunya knalpot yang jedar-jedor," celoteh pedagang makanan ini sembari bilang hal itu bikin malu. Maklum, sosok motor udah keren, masak berisik gitu.

 

 

Gbr 1

 

Gbr 1

 

 

Takut masalah makin parah, pria disapa Vivi ini memutuskan untuk mampir ke bengkel langganannya. Di bengkel resmi Suzuki di Jl. Perintis Kemerdekaan No.4, Tangerang, Banten Vivi ngobrol sama Agus Setiawan kepala mekaniknya.

 

 

Mendengar cerita Vivi, agus tersenyum-senyum. Maklum, mimik Vivi lucu saat cerita. "Kalau bunyi suara dar-der-dor itu ada dua faktor. Itu bisa busi mau mati atau membran Pairnya yang enggak beres," ucap Agus masih dengan senyumnya.

 

 

Nah, setelah ditelusuri, busi masih bagus. Tapi membran Pair yang mesti diganti (gbr.1). "Sebab akibat usia pakai, peranti itu sudah mangap alias rusak, jadi harus diganti baru," terangnya sembari bilang, biasanya suara nembak itu muncul saat gas mulai dikendurkan. Fungsi Pair adalah untuk menetralisir gas karbon dari sisa pembakaran.


Gbr 2

Gbr 2


 

 

 

Gbr 3

Gbr 3

 

 

 

 


Gbr 4

Gbr 4

 

 

 


Gbr 5

Gbr 5

 

 

 

 

 

 

Nah kalau katup sudah mangap maka udara segar masuk melewati Pair menuju saluran buang. Jadi, peranti itu lebih baik diganti yang baru. Untuk menebusnya, siapkan dana Rp 49 ribu. "Tapi kalo satu set harganya Rp 109 ribu," ungkap mekanik ini.

 

 

Sebelum dibongkar siapkan perkakasnya obeng plus dan kunci ring ukuran 10. "Oh iya ini bisa dikerjakan sendiri, lo. Pertama buka baut sayap menggunakan obeng plus (gbr.2). Lalu lepaskan ke dua baut yang mengikat Pair dengan kunci ring ukuran 10 (gbr.3). "Jangan lupa sekalian copot kedua slangnya ya (gbr.4)," anjurnya.

 

 

Setelah dibuka, ambil membran Pairnya yang rusak (gbr.5). Setelah itu, pasang yang baru. "Enggak susah kok, memasangnya. Ya, sesuai kebalikan waktu membuka yang lama tadi," urai Agus sembari mencontohkan penerapan langkahnya.

 

 

Nah, setelah terpasang. Artinya, kerjaan Anda beres. Pastikan sekali lagi kalau pengaplikasian membran sudah tepat dan pas pada dudukannya. Sekarang, silakan rangkai kembali komponen-komponen yang sudah dibuka tadi. "Dijamin suara nembaknya hilang, deh!" yakin Agus.

 

Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Kuras air radiator Honda CBR 150?
Sudah tahu, kan? Fungsi radiator sebagai peranti pendukung pendingin mesin saat berkendara, baik jar...

Substitusi part motor - Substitusi stut As master rem Kaze R?
Ribet juga ya, kalo punya motor udah cukup berumur. Saat harus mencari spare-partnya, kadang agak-ag...

Tips untuk pergi jauh saat menggunakan kendaraan!
1.periksalah ban pada kendaraan 2.periksalah mesin kendaraan


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru