Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Honda Mega Pro - Bersihkan kran bensin motor kamu?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Teguh

Pada motor sport kayak Honda Mega Pro, ada peranti yang jarang banget dijamah. Yup! Alat itu kran bensin.

 

Padahal fungsi part itu cukup penting. Yakni mengatur banyak atau dikitnya BBM yang mengalir dari tangki ke bagian pengabut atau karburator.

 

 

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 

Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 

 

Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

 

Nah, di dalam kran itu ada saringannya. Dalam jangka waktu tertentu akan dipenuhi kotoran yang dibawa dari bensin.

 

Efeknya, akan menghambat aliran bahan bakar tadi. Ujung-ujungnya, karena bensin telat, tarikan jadi ndut-ndutan dan mogok.

 

 

Kelihatannya masalah itu emang sepele. Tapi ngeselin juga kan, kalo problem sudah datang mengadang. Makanya, biar enggak diganggu hal-hal seperti itu, sebaiknya melakukan perawatan kran bensin secara berkala beserta jeroannya tadi. Apalagi kalo umur besutan sudah di atas 5 tahun. Wajib tuh, dibersihkan.

 

"Oh ya, membersihkan peranti itu gak susah, kok. Bisa dilakukan sendiri di rumah!" bilang Hendi mekanik dari KBX Motor yang bermarkas di daerah Pondok Aren, Jaksel sembari bilang, kran berada di bawah tangki sebelah kiri.

 

Oke, sekarang kita praktikkan yuk di Mega Pro kesayangan Anda. Tapi sebelumnya, sediain perkakas kerjanya; kunci ring 10 dan sikat gigi atau kuas kecil (gbr.1). Setelah itu, mari kita masuk ke langkah kerja.

 

Sebelumnya, pastikan kran bensin pada posisi off, supaya bensin gak ngucur (gbr.2). Lebih baik lagi, tangki bensin dikosongkan, sekalian kuras wadah bensin itu. Langkah pertama! Lepas mangkuk kran bensin dengan kunci ring 10 (gbr.3). Hati-hati jangan sampai krannya ikut memutar.

 

Terus! Bersihkan mangkuk kran bensin yang tadi dicopot dengan kuas atau sikat gigi sampai kotorannya hilang (gbr.4). "Untuk bagian bawah memang agak susah, tapi harus dibersihin juga lo. Ingat, jangan pakai sikat kawat, karena bisa bikin bolong dan bocor," wanti pria yang disapa Mbe ini.

 

Kalau diyakini sudah bersih semua, pasang kembali kran bensin seperti semula dan jangan lupa untuk mengeceknya tiap bulan, supaya kotoran dari dalam tangki gak menumpuk dalam kran bensin.

 

Sumber :Penulis/Foto : Teguh - otomotifnet.com



Sponsored Links

Kelebihan Profil Ban Motor Model U dan V
Pemasangan ban pada pelek ikuti sesuai petunjuk pabrik Bentuk tapak ban sepeda motor sangat berpeng...

Yamaha V-ixion Bercita Rasa CBR 1100 R
Pemodifikator Wardoyo dari Dave Motor Concept (DMC) terpaksa berpikir dan kerja keras menerima tanta...

Modifikasi Guidance - Pilih CDI Mio Karena Limiter Lebih Tinggi?
CDI Yamaha Mio, banyak dipakai di motor semerek tipe lainnya. Itu karena dianggap ampuh mendongkrak ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru