Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Knalpot Racing Vespa Marak Lagi


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: (Belo) - otomotif.kompas.com

Ada yang lokal dan impor. Gampang kok membedakannya

 

 — Vespa pakai knalpot racing bukan hal baru. Tren ini sudah ada sejak beberapa tahun silam. Hanya, dulu vespa mengandalkan produk lokal, seperti merek Sito Racing dan Zipenk Racing. Nah, kini pemakaiannya marak lagi. Ada yang menggunakan produk impor, ada pula yang lokal, seperti terdapat di komunitas Vespa Campur Sari (VCS) yang suka mangkal di Circle K di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan.

Knalpot racing bisa diaplikasikan ke semua tipe Vespa, mulai dari produksi lawas, seperti Super, Sprint, PX, hingga New PX. "Baik yang PTS maupu Vespa Special sudah banyak pakai knalpot racing," bilang M Fadli, pebalap motor yang tergabung dalam komunitas VCS.

Saat ini, pilihan jenis knalpot racing lokal tidak terlalu banyak. Umumnya masih mengandalkan buatan Zipenk Racing. Sementara itu, yang buatan luar, pilihannya justru banyak. Mulai dari Malossi, Proma, Polini, hingga Pinasco. Semuanya berasal dari negeri asal Vespa, Italia.

Bedanya dengan buatan lokal, suara knalpot impor ini lebih lembut. Demikian menurut Leo, pemilik Vespa New PX. Materialnya pun, kalau lokal, pakai pelat lebih tipis dan sambungan antarpelat masih kasar. Selain itu, pemasangan knalpot racing perlu penyetelan ulang pada mesin agar memberikan performa maksimal.

Ada juga knalpot bikinan Thailand, dan tanpa label. Cirinya, moncong knalpot keluar dari kiri dan pelatnya sudah dikrom. Soal harga, knalpot ini cukup tinggi. Untuk yang impor, seperti Pinasco, knalpot tersebut dibanderol Rp 3,5 juta. Sementara itu, produk lokal memiliki harga antara Rp 150.000 dan Rp 250.000. (Belo)



Sponsored Links

Bajaj Pulsar 135LS; "Handling" Mudah dan Tenaga Cukup Agresif
PT Bajaj Auto Indonesia, produsen motor India di Indonesia baru memasarkan model sport terbarunya, P...

Honda Supra X125 PGM-FI - Aplikasi Camshaft Racing
Mendongkrak performa motor injeksi produk dalam negeri seperti Honda Supra X125 PGMFI dan Yamaha V-I...

Modification guidance - Bikin dan pasang sendiri Velocity Ring!
Tak selamanya memodifikasi mesin harus memanfaatkan barang aftermarket. Prinsip kerja mesin membutuh...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru