Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Deteksi Komstir Thunder 125 Oblak


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Atenx

Cesar Reza, pemilik Suzuki Thunder 125 merasa risih akibat getaran oblak yang ditimbulkan di sekitar komstir dan mesin miliknya. "Saat dipakai jalan mulus, oke. Tapi saat melahap poldur atau lubang, motor terasa mau rontok," jelas Reza.

Usut punya usut, ternyata hal itu bisa diakibatkan beberapa hal. "Bisa dari baut yang kendur di bagian tertentu atau juga dari laher yang sudah enggak layak pakai," ungkap Rojali dari bengkel Fuji Motor (FM) di daerah Rempoa, Jaksel. Nah, baut kendur itu sendiri bisa diakibatkan karena adanya getaran berlebih di motor itu. Selain itu, getaran itu bisa juga datang dari luar seperti saat menghajar lubang dengan keras.


Gbr 1                                                                    Gbr 2

Sebab lainnya, kondisi laher atau bos disinyalir sudah gak layak pakai. "Sekarang musim hujan, air hujan itu sangat berpotensi menimbulkan karat pada laher atau bos. Ujung-ujungnya, karat bikin kerja peranti tersebut tak maksimal," tambah Rojali. Itu kalau ngomongin sebab akibat! Lalu bagian mana aja ya yang berpotensi bikin Thunder berasa 'goyang patah-patah'? Nah, untuk permulaan bisa cek bagian komstir (gbr.1), biasanya komstir yang kendur bisa bikin motor berasa oblak di bagian setangnya.


Gbr 3                                                                        Gbr 4

Selain komstir, getaran oblak bisa juga ditimbulkan karena baut pegangan mesin di sasis (gbr.2) dan baut as swing arm longgar (gbr.3). Kalau memang longgar, cukup dikencangkan dan diberi sealent agar baut gak gampang kendur nantinya.

Masih ada lagi? Ada dong! Cek juga baut pengikat sok ke sasis (gbr.4) atau ke swing arm. "Kalau patah atau kendur, bisa bikin buritan terasa oblak saat melewati poldur," urai mekanik wong Jowo ini. Nah, biar lebih jelasnya silakan lihat tabel.

Fuji Motor : 021-93858032

 Sumber :   Penulis: Atenx  - otomotifnet.com



Sponsored Links

Utilitas - Yuk Ganti Roller CVT Sendiri
Terkadang ada satu hal yang tak perlu dilakukan sama yang ahli. Misalnya, ganti roller di skubek kes...

Fungsi Kopling
Fungsi kopling adalah sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol

Jangan Panik Jika Muncul Bunyi Decitan dari CVT Skutik
Barangkali ada yang mengalami dengan skutiknya seperti ini. Saat jalan, dari CVT muncul suara decita...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru