Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Merawat Interior- Merawat Fabric, Usir Noda Membandel


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Sumber - Penulis/Foto: Banar- - otomotifnet.com

Membahas debu atau noda yang nyangkut maupun ngumpet disela-sela jok memang enggak ada habisnya. Pasalnya kotoran ini akan selalu ada meski sudah dibersihkan tiap hari. Terlebih kalau jok mobil berbahan dasar dari fabric alias bahan atau kain.

Nah biar hal ini tidak terjadi, sebaiknya dibersihkan setiap hari dan di vakum secara rutin minimal seminggu sekali. "Debu dan kotoran bisa datang dari mana saja. Entah dari udara luar saat kita buka pintu atau dari pakaian maupun sepatu," ungkap Daniel Saputra, Product Specialist & MAD Coord Meguair's.


gbr.1

gbr.2

gbr.3

Terus kalau ada noda membandel seperti di atas susah dibersihkan gimana dung? Enggak usah khawatir. Pasalnya kini sudah banyak salon mobil yang bisa mengatasi masalah tersebut. Juga banyak toko aksesoris yang menjual cairan pembersih khusus noda jok mobil.

Sebagai contoh Stain Remover dari STP, Foerch, Wuerth atau Quik Out asal USA yang dipasarkan oleh Meguiar's di Radio Dalam, Jaksel.

Ada dua pilihan, yakni; Carpet Stain remover (spray) Rp 171 ribu dan Carpet & Upholstery Cleaner (aerosol) Rp 115 ribu.

Kedua cairan ini mengandung ramuan aerosol yang bisa mengangkat dan membersihkan noda membandel, namun tidak merusak bahan jok.

Cara pakainya juga mudah, bisa dikerjakan sendiri dan tidak lebih 1 jam. "Kalau noda lama kurang lebih makan waktu 20 menit," tutur Daniel.

Berikut cara penggunaannya. Pertama semprotkan cairan ke jok yang terkena noda secukupnya (Gbr.1). "Usahakan jangan melebar lebih dari 20 cm dari noda, karena selain jok basah sampai kemana-mana, bikin pekerjaan tidak fokus. Sehingga pengerjaannya akan lebih lama," anjur pria berkaca mata ini.

Lalu tunggu kurang lebih 30 detik agar cairan bereaksi dengan noda dan dilanjutkan menyikatnya (Gbr.2). Kalau nodanya sedikit, bisa disikat pakai sikat gigi.

Tapi kalau noda banyak pakai sikat yang lebih besar. Setelah itu, diseka pakai kain lap bersih agar kotoran yang sudah terangkat oleh sikat menempel pada lap (gbr.3). Jika nodanya susah hilang, saat menyeka pakai kain sambil ditekan berulang-ulang.

Penulis/Foto: Banar



Sponsored Links

Sevice Guidance - Bikin Irit Lewat Tune Up Karburator
Harga BBM naik, harga sembako ikut naik, semua serba naik. Terus apa yang musti kita lakukan? Apa en...

Apa Itu PCD dan Offset pada Velg Mobil?
Barangkali banyak pemilik mobil belum paham betul dengan istilah di velg. Kebanyakan hanya tahu ring...

Utilitas -Pasang LED Starter Key Ring Light
Bawaan lahir, mobil ada yang sudah dilengkapi LED starter key ring light (lampu penerang kunci star...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru