![]() |
![]() |
||||
|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
||||||||||
Service Guidance - Beda Tipe Beda Perlakuan Filter Udara![]() Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Perawatan
Sponsored Links
Author: Penulis/Foto: Aong-Eka/M DAVID - otomotifnet.com
Filter udara di motor sudah mengalami tiga kali evolusi. Generasi pertama, menggunakan bahan busa. Lanjut tipe kertas kering dan kemudian yang terakhir dan terbaru, kertas basah. Lantaran beda tipe, tentunya beda pula di soal perlakuan.
Tipe saringan udara ini, boleh disebut konvensional. Itu karena modelnya yang umum dan sudah dipakai sejak lama. Nggak sedikit pabrikan aplikasi saringan model ini, karena mudah di soal perawatan. "Membersihkannya cukup pakai bensin. Busa direndam atau disiram bensin lalu diperas. Ulangi hingga dua atau tiga kali," timpal Songa yang tidak hanya terima servis motor harian, tapi juga bikin motor road race.
Filter alias saringan yang kedua, dari kertas kering atau dry element. Tapi, bukan kertas seperti buku tulis ya. Kalau itu sih, waduh, tipis bener! Kertas ini, tetap punya bahan yang tebal sehingga tidak cepat rusak ketika dipaksa menyedot udara. Meski, terkadang udaranya bercampur cairan. Misal, air.
Generasi filter terbaru menggunakan kertas basah atawa wet element. Bahan yang dipakai hampir sama dengan saringan kertas kering. Namun filter ini sudah memiliki pelumas khusus di kertasnya. Fungsinya, tentu untuk menangkap kotoran agar tidak ikut nyelonong ke ruang bakar. Tapi bukan berati pelumasnya boleh ditambah. Saringan tipe ini juga minim perawatan.
Kendala bakal menghampiri motor yang pakai filter kertas tipe basah. Terutama kalau motor sering dipakai melintas daerah berdebu. Tentunya, bakal sering ganti filter. Kan, jadi lebih gampang kotor. Ada cara mudah dan praktis! Gimana kalau filter itu disubsitusi pakai filter model busa. Jadi, kalau kotor tinggal dicuci. So, gak mesti 16 ribu kilometer dan keluar uang lagi. Sponsored Links |
Service Guidance - Deteksi Problem Disk Brake Dari Bunyi Aturan dalam memilih sokbreker belakang - Style versus fungsi! Perawatan standar tengah - Hindari As atau rumah standar tengah Aus atau kering.. |
|||||||||
![]() |
![]() |