Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification Guidance - Sulap Lampu Belakang Jazz Modal 150 Ribu


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Rendi:Robert Silaban

OTOMOTIFNET - Siapa tak kenal Noblesse, tuner Jepang yang punya konsentrasi penuh mendandani Honda Jazz baru (tipe GE). Kreasi body kitnya bergaya elegan dan sporty sudah mulai banyak diadopsi pemilik Jazz di Tanah Air. Salah satu detail unik adalah aksen stop lamp rancangannya, detail warnanya mirip sekali lampu belakang Mercedes-Benz S-Class teranyar. Aksen lampu seperti ini nyata bikin sosok buritan terkesan lebih mewah.

Ternyata detail seperti ini bisa loh dikerjakan sendiri, bahkan tim kreatif dari Genji, komunitas GE New Jazz Indonesia Community yang dikomandoi Anthony rela berbagi untuk pembaca MOTOR yang punya tipe Jazz baru. "Cuma butuh stiker cutting saja kok, dikerjakan sendiri juga bisa," kata cowok ramah ini. Bahkan biaya yang dihabiskan diklaim tak sampai menyentuh angka Rp 150 ribu. Namun tampilan buritan banyak berubah.


gbr.1

gbr.2

gbr

Agus Djaja, pentolan bengkel Autoline, Kedoya, Jakarta Barat yang jadi tempat nongkrong anak-anak Genji juga ikut angkat bicara, "Lampu asli Noblesse juga pakai stiker cutting kok, hanya untuk garis kromnya digunakan lis krom," katanya. Mau tahu cara simpel bikin stoplamp Noblesse ala anak-anak Genji? Ikutin deh, langkah-langkah berikut ini. Rendy/Robert Silaban/??

Persiapan Bahan
1.    Stiker cutting warna merah transparan 0,5-1 meter
2.    Stiker cutting warna hitam 0,5 meter
3.    Stiker cutting warna krom 0,5 meter

Persiapan Alat
1.    Cairan pembersih merk SanPoly
2.    Lap pembersih
3.    semprotan berisi air sabun
4.    pisau pemotong (kater)

Langkahnya

Copot lampu asli lalu bersihkan permukaannya dengan lap dan cairan SanPoly sampai tidak ada kotoran menempel.

Tempel stiker warna merah transparan terlebih dahulu di mika bagian bawah (bening). Supaya posisinya bisa tepat dan bisa digeser-geser, sebelum ditempelkan, bagian dalam permukaan stiker disemprotkan cairan air sabun. Setelah pas ditempel, lalu dikeringkan dengan pemanas / dryer (gbr.1).

Giliran stiker warna hitam sebagai aksen pembatasnya. Lebarnya sekitar 4-5 cm. Stiker lis hitam ini dipasang di bagian atas (di batas bagian bawah mika warna merah), sedangkan stiker lis hitam bagian bawah dipasang tepat dibatas bagian atas stiker merah. Cara penempelannya sama persis seperti stiker warna merah (gbr.2).

Terakhir, aksen lis krom bisa diganti dengan stiker krom dengan lebar 3-4 milimeter. Posisinya penempelannya diatas stiker hitam dan mengapit sisi atas dan bawahnya. Sehingga terkesan satu kesatuan (gbr.3). Beres deh! Tinggal pasang, dijamin langsung keren!

Lebih Aman
Dibalik mika bagian atas lampu Honda Jazz ini aslinya memang tidak dilengkapi dengan bohlam atau lampu LED. Namun, untuk lebih safety dalam memberi peringatan pada mobil di belakangnya, Anthony menyarankan untuk menambahkan lampu LED di dalamnya. "Tinggal pasang dan sambungkan dengan kabel stop lamp bawah," katanya. Tidak terlalu rumit kok, karena dalam rumah lampunya sudah disiapkan lubang dan dudukan untuk menanamkan lampu tambahan. Jadinya lebih terang, lebih aman.

Penulis/Foto: Rendi:Robert Silaban
 - otomotifnet.com



Sponsored Links

Suzuki Spin - Kampas rem depan spin pakai punya Shogun 125, harga sama tapi lebih awet dan irit..
Gara-gara sering bolak-balik bengkel ganti kampas rem depan Suzuki Spin 2007-nya, Yogi Permana, maha...

Ganti Sein Skutik - Jangan biarkan lampu sein mati loh?
Produk besutan kelahiran pabrik, baik bebek, sport dan skutik pasti dilengkapi lampu sein. Yakni lam...

Sedikit Variasi Honda Beat Cukup Aksi
Coba Anda perhatikan Honda Beat milik Yanuar ini. Tak ada yang ekstrem dari modifikasi yang dilakuka...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru