Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification guidance - Bikin sokbreker dobel di Yamaha Mio!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx / Atenx

Menganut aliran lowrider ada beberapa bagian yang harus ikut dibenahi seperti sokbreker belakang.

 

Seperti kata Donny Permana dari rumah modifikasi Hantu Laut, "Logikanya, kalo ban dan mesin jadi mundur, sok belakang juga harus ikut dimodifikasi.

 

Sebab semakin panjang undur-undurnya, kian ringkih pula tumpuan bagian tersebut."

 

Masuk akal. Gejala ban geol-geol mirip unta mengunyah bisa disebabkan karena lemahnya titik tumpu mesin dan boks CVT. Solusinya?

 

 

 

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

 

Sebenarnya banyak cara bisa diterapkan. Misal mengaplikasi double sok belakang (gbr.1).

 

Dengan begitu engine mounting yang sudah dipanjangin enggak gampang oleng. Penasaran? Oke, simak cara buatnya di Mio, yuk! Pertama siapkan dulu 3 buah pelat setebal 7 mm dengan panjang 11 cm dan lebar 3 cm (gbr.2). Pelat ini nanti bakal dipakai sebagai dudukan kedua sok.

 

Nah sampai di sini, langsung buka cover bodi samping Mio beserta tutup boks CVT dan baut sok bagian atas dan bawah pakai kunci 12 dan 14.

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

Lalu buat dudukan untuk sok pertama dengan pelat setebal 7 mm dan tinggi 6 cm yang diberi lubang di bagian atas dan bawah (gbr.3).

 

Lubang atas untuk mengikat pelat ke sasis pakai baut 14. Sedang di bawah untuk mengikat dudukan kedua sok nantinya.

 

Lanjut? Siapkan satu pelat dari tiga pelat yang sudah disediakan tadi. Lubangi pelat itu di tiap ujungnya dengan jarak antar lubang 9 cm (baut 14) (gbr.4).

Ingat, di bagian tengah dibikin siku agar enggak mentok dengan sok kedua nantinya.

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

 

Sedang 2 pelat sisanya, lubangi dengan ketentuan yang sama sepeti pelat pertama. Bedanya, berikan tambahan lubang di bagian tengah pelat (baut 12). Selesai melubangi ketiga pelat, sekarang giliran merakitnya.

 

Oh ya untuk pilihan sok, Donny tak mematok satu merek. "Tergantung selera, kalo gue pake bawaan Honda Grand yang bagian per ulirnya tertutup," urai pria yang mematok harga Rp 600 ribu untuk ongkos bikin berikut sok dobelnya ini.

 

Oke, pelat pertama langsung saja dibaut pada dudukan sok yang sudah nempel di sasis. Pasang peranti itu berbarengan saat memasang sok pertama dan sok kedua memakai baut 14 (gbr.5).

 


Gambar 5

Gambar 5

 

 

 

 

Dari sini, giliran bagian bawah sok yang dipasang pakai 2 pelat yang tersisa. Lubang tengah untuk dudukan sok aslinya di CVT, sedang lubang di kiri-kanan untuk mengikat sok bagian bawah yang lagi-lagi memakai baut dan mur 14.

 

"Selesai. Tinggal rakit semua bodi yang sudah dilepas," tutup pria yang juga bilang dengan aplikasi sok dobel ini, bodi sebelah kiri harus sedikit dicoak mengingat sok sudah bertambah satu.

 

Sumber :Penulis/Foto: Atenx / Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modification Guidance - Modification Guidance
Akibat memapas silinder drastis dan naik stroke, blok silinder berubah ukuran. Bisa berkurang atau m...

Problem Solving - mengatasi knalpot slip on bocor?
Saat ini, knalpot aftermarket untuk 4-Tak model slip on lagi in dan digemari motormania. Maklum, unt...

Merasakan Sensasi Honda CR-Z Hybrid
Honda CR-Z berteknologi hibrida baru diluncurkan pada Februari lalu, eh tahunya sudah ada di Indones...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru