Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification guidance - memasang screen di motor!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 


 

 

 

Enggak selamanya part aksesori untuk mobil itu gak bisa diaplikasi ke sepeda motor. Mau bukti? Ternyata pelindung kaca depan mobil yang biasa disebut sun screen bisa dipakai untuk melindungi jok motor dari panas matahari, lo!

 

Nah mumpung sudah masuk musim pancaroba yang sebentar lagi jadi musim kemarau, enggak ada salahnya sedia payung sebelum panas! "Cara bikinnya gampang kok, cuma butuh sun screen dan braket buat mengaitkan peranti itu," ujar Supri dari Fuji Motor.

 

Mau ikutan aplikasi? Pertama sediakan dulu sun screen yang banyak dijual di toko aksesori mobil. Di pasaran, tersedia dengan dua model. Ada yang berpori dan polos (gbr.1) dengan bermacam pilihan warna dan gambar," ujar Titi dari New Star Motor.

 

Untuk masalah harga, tersedia mulai dari Rp 25-35 ribuan. "Oh iya, jangan lupa! Sun screen-nya yang untuk kaca depan mobil ya. Kalau enggak, peranti ini gak bisa menutupi seluruh permukaan jok motor," wanti Supri.

 

 


Gambar 3

Gambar 3


gbr.4

Gambar 4

 

Oke langsung saja ya! Pertama siap­kan dulu braket yang biasa dijual di toko audio mobil. Satu buah biasa dihargai Rp 5-10 ribu, nah untuk aplikasi sun screen ini butuh dua buah. Jadi, silakan tebus dengan budget Rp 10-20 ribu.

 

Kalau sudah, monggo tekuk ujung braket menyerupai huruf J dilanjutkan dengan menekuk ujung yang satunya lagi menjadi dua bagian (gbr.2). Kalau sudah, lakukan juga langkah ini pada braket yang satunya lagi.


Gambar 5

Gambar 5

 

Sampai sini, giliran memasangkan braket pada sun screen yang sudah ditebus tadi. Pertama, kaitkan karet penarik screen dengan braket di bagian yang sudah dilipat jadi dua (gbr.3). Kalau sudah, lakukan lagi langkah tersebut dengan braket yang satunya di bagian besi penyangga sun screen (gbr.4).

 

Nah kalau mau lebih kuat, ikat saja bagian braket yang dilipat jadi dua dengan memanfaatkan baut dan mur ukuran 8 di tiap braket. Kalau sudah, giliran cara aplikasinya di motor.

 

Untuk motor sport, silakan kaitkan braket pertama di buntut sadel motor dan braket yang satunya di bagian ujung depan tangki. Untuk bebek atau skutik,

 

berhubung posisi tangki ada di bawah sadel, jadi silakan kaitkan ujung yang satunya di cover tengah bagian atas yang berseberangan dengan cover headlamp bagian belakang (gbr.5).

 

Nah, pasang pelindung ini saat Anda memarkir besutan biar tak terpapar sinar matahari langsung.

 

Sumber :Penulis/Foto: Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modifikasi Guidance - Pilih CDI Mio Karena Limiter Lebih Tinggi?
CDI Yamaha Mio, banyak dipakai di motor semerek tipe lainnya. Itu karena dianggap ampuh mendongkrak ...

10 Tips Driving Skills For Life
Tahun ini PT Ford Motor Indonesia (FMI) kembali melanjutkan kampanye dari program Driving Skills For...

Trouble Shooting - Penyebab Jazz i-DSI Ajrut-Ajrutan
Gangguan terhadap performa mesin datangnya belum tentu hanya pada mobil yang sudah berumur saja. Bis...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru