Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification guidance - Turbo kit Daihatsu?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto:Toncil/F.Yosi

Mengupas komponen peningkat performa kendaraan, pemilik Daihatsu kerap mengelus dada. Pasalnya jarang tersedia komponen performa untuk pabrikan berlambang D ini.

 

Seperti pada aplikasi turbo, jika Toyota atau Honda memiliki turbo kit untuk jualan varian terlarisnya, tak demikian dengan Daihatsu. Namun usah patah arang dulu, tetap bisa ditingkatkan performanya. Meski effort lebih tapi bisa lebih menggigit.

 

 

 

 

Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

 

Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 

 

 

Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

 

 

Jika tak ada turbo kit, maka jalan yang harus ditempuh yakni modifikasi dengan mengandalkan komponen yang ada. Seperti turbo itu sendiri (Gbr 1), berarti harus cari yang pas. "Penentuannya bisa menggunakan turbo calculation.

 

Disitu akan dihitung mengenai beragam masukan. Seperti kapasitas mesin, pressure turbo mau berapa, putaran mesin dan banyak lagi. Hasilnya akan keluar tipe turbo yang sesuai," ucap Carmen, dari bengkel Autotech di Sunter, Jakut.

 

Hasil kalkulasi tersebut, pria yang sudah buka bengkel pada 1992 ini menggunakan Garret T2 pada Daihatsu Gran Max dan RHB4 pada Xenia 1.0.

 

Namun tak semudah yang dikira, karena keterangan turbo tersebut belum lengkap. "Detilnya tuner yang tahu, karena berhubungan dengan banyak parameter. Tiap mesin bisa saja berbeda," ucapnya ramah.

 

Untuk memasang turbo, sebaiknya juga persiapkan komponen pendukung lainnya. Seperti engine management, intercooler, injektor tambahan, atau pompa bahan bakar.

 

Carmen menyarankan lebih baik beli sekalian yang bagus supaya semua pihak (tuner dan pemilik mobil) bisa nyaman. "Memang dana yang keluar lebih banyak, tapi hasil akan memuaskan," ucapnya.

 

Intercooler (Gbr 2) dipakai untuk mendinginkan udara panas yang akan masuk ke ruang bakar. Memilihnya juga tak bisa asal-asalan, karena kalau terlalu besar atau kecil, hasilnya justru tak efisien.

 

Engine management baik itu hanya berupa piggyback (Gbr. 3) atau lainnya mutlak tersedia. Karena biasanya ECU bawaan mobil tak bisa akomodir keinginan mesin yang sudah dipasang turbo.

 

Sedang ekstra injektor dibutuhkan jika debit kucuran bahan bakar dari injektor standar sudah tak lagi mencukupi.

 

Problemnya, kerap kesulitan mencari injektor pengganti (Gbr 4) sesuai spesifikasi hasil perhitungan. Jika tak ada, maka menambah satu injektor dengan lainnya masih standar menjadi salah satu solusinya.

 

Hasil modifikasi turbo di mesin kecil, biasanya tak jauh berbeda dengan mesin besar. Seperti biaya yang dikeluarkan oleh pemilik Daihatsu Xenia, menyentuh angka Rp 40 jutaan.

 

Perbedaan dengan mesin besar, hanya di harga turbo dan intercooler. Sedang untuk engine management harganya sama, demikian juga untuk jasa atau pembuatan jalur bahan bakar yang aman.

 

Sumber :Penulis/Foto:Toncil/F.Yosi - otomotifnet.com


xenia82 commented on 03 Mar 2010, 18:36:42
saya tertarik dengan artikel ini .dimana saya bisa membeli turbo kit dan bengkel yg bisa pasang untuk daerah surabaya. terima kasih atas infonya

yudis commented on 25 Apr 2011, 06:04:01
saya ad grand max,kira2 abis brapa pasang turbo..mta alamat n no telpnya.trims

yudis commented on 25 Apr 2011, 06:05:06
saya ad grand max,kira2 abis brapa pasang turbo..mta alamat n no telpnya.trims.ni no saya 081367030377



Sponsored Links

TUNE-UP MESIN
Beberapa bagian yang biasa diperiksa dalam pekerjaan tune-up mesin adalah sistem pendinginan, tali...

Cek Auto Choke New Nouvo Z - Cukup Ditiup, Wussss...!!
Sistem cuk Yamaha New Nouvo Z terbilang modern. Enggak lagi model manual lewat tarik tuas tapi sudah...

Modifikasi Guidance - Pasang Seat Belt Otomatis
Sebagian besar mobil baru dilengkapi dengan sabuk pengaman yang otomatis dapat menggulung sendiri. J...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru