Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - Bajaj XCD 125 Pasang Cakram Option


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Hend/Herry Axl


Bajaj XCD (Eksit) 125 cc hanya dilengkapi rem depan teromol. Pihak PT Bajaj Auto Indonesia selaku ATPM merasa sudah sangat cukup. Tapi, tidak haram jika mau lebih pakem lagi pasang cakram sendiri. Kan faktanya motor bebek saja menggunakan rem disc, masak motor sport masih rem drum. Cieettt....
   
Itu yang membuat main-dealer Bajaj Andalan Sakti (BAS) memberikan optional bagi pembeli Bajaj CXD 125 di jaringannya. "Kalau mau, kami bisa modif jadi cakram. Biaya tambahan Rp 1 juta. Harga jadi Rp 14,5 jt," jelas Anton Japutra, General Manager BAS.

Anton menambahkan, penggantian ini secara otomatis menggugurkan garansi sektor kaki-kaki. "Karena tidak sesuai standar pabrik," jelas pria berkantor di Jl. Dewi Sartika, No, 366, Jakarta Timur.

Untuk penggantian cukup mudah kok. Azhar mekanik BAS memberikan tipsnya. "Penggantian mesti satu paket terdiri dari tabung suspensi luar, cakram, master, kaliper dan adaptor (gbr. 1)," jelas Azhar.

Pertama, suspensi depan eksit harus dicopot terlebih dahulu. Ganti bagian luar atau selongsonya saja. Jadi saling atau as dalam tetap, sehingga volume oli sok tidak ada penambahan. "Di bagian luar ini ada kuping (gbr. 2). Sebagai pegangan kaliper," jelas Azhar.

Setelah itu pasang cakram. Namun pelek palang bawaan pabrik harus dibubut ulang sebagai pegangan disc supaya terpasang. "Ukurannya disesuaikan saja. Setelah itu diikat 4 baut (gbr. 3)," jelas Azhar.

Baru pasang kembali suspensi depan yang telah diganti tabungnya berikut master rem bawah. "Baru diikuti pasang pelek yang telah dipasang cakram," ungkap pria ramah ini. Untuk pasang master rem tidak perlu ubahan, karena telah disesuaikan dengan diameter setang.
Jadi tinggal pasang saja. Mudahkan.

TERIMA MODIF

Bagaimana dengan konsumen yang membeli Bajaj Eksit di dealer lainnya? Anton Japutra bilang bisa saja modif rem teromolnya di BAS. "Biayanya Rp 1 juta. Dan harus cash. Kalau beli di BAS bisa dimasukkan dalam tagihan leasing bersamaan dengan saat pembelian unit baru. Beda angsuran Rp 70 ribu dibanding eksit standar," bilang Anton.

Sumber : Penulis/Foto: Hend/Herry Axl - otomotifnet.com



Sponsored Links

Spion sein Honda Jazz - Masih penting banget bung!
Hayo tebak, berapa unit Honda Jazz model pertama yang mondar-mandir di jalanan? Betul! Jawabannya ha...

Perawatan rem Mobil - Awas, mobil tidak bisa berhenti!
Ada orang punya prinsip, kalau mobil asal maju saja. Yang penting bisa dipakai ke mana-mana. Tetapi,...

Bikin Lancar Grip Gas Motor yang Seret
Paling enggak enak, saat mengendarai motor, putaran gas (grip) seret. Apalagi ketika hendak menyalip...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru