Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - Glasswoll Knalpot Panjang Umur


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/foto:Popo - otomotifnet.com

Buat yang rajin nongkrong di dapur pasti tidak asing lagi dengan alat pencuci panci yang satu ini. Fungsinya sebagai scrubber atau penggosok saat mencuci pantat panci yang biasanya gosong. Materialnya kasar dan oleh produsennya diklaim terbuat dari stainless steel yang tahan karat.

Namun oleh Oky dari Bengkel Pak Pardi, perkakas dapur ini biasa digunakannya untuk menggantikan glasswoll pada knalpot. "Sudah lama kita pakai dan jauh lebih awet ketimbang pakai glasswoll konvensional," buka Oky. Menurutnya bahan dasarnya yang terbuat dari stainless membuatnya tidak mudah terbakar dan jauh lebih tahan lama.

"Bila menggunakan glasswoll biasa akan lebih mudah terbakar dan umumnya hanya tahan 3-4 minggu. Sedang pakai penggosok panci bisa kuat lebih dari satu tahun," yakin Oky Ternyata bukan hanya tahan lama, tapi juga murah. Untuk knalpot Binter Merzy butuh 20 buah, satunya dijual Rp.1.200, berarti butuh Rp.24.000 tapi bisa digunakan lebih dari satu tahun tanpa perlu bongkar pasang lagi.

Bandingkan dengan glasswooll biasa yang dijual Rp.2.000, satu knalpot Binter Merzy butuh 4 lembar, artinya Rp.8.000 untuk satu knalpot. Tapi bila tiap bulan harus diganti berarti dalam satu tahun butuh Rp.96.000. "Memang lebih mahal diawal tapi jatuhnya lebih murah dan tidak perlu repot karena harus bongkar pasang," kata Oky sambil mempraktekkan memasang glasswoll alternatif ini pada Binter Merzy milik pelangganya.
 


"Yang pertama dilakukan adalah merenggangakan kumpalan penggosok ini (gambar.1)," tuntun Oky yang bengkelnya terletak di Tahunan, Jogjakarta ini. Penggosok yang sekilas bulat ini ternyata berbentuk seperti gelang, jadi perlu direnggangakan sebelum dimasukan kedalam sarangan didalam silencer. Baru setelah itu dimasukan dan disusun satu persatu kedalam sarangan silencer (gambar.2).

"Kepadatanya boleh diatur sesuai selera," tambah Oky. Dan terakhir tinggal dipasangkan kedalam silencer (gambar.3). "Suaranya lebih mantap, dan suaranya juga tidak pernah berubah sejak pertama pasang," yakin Agus pemilik Binter Merzy yang sudah lebih dari sebulan pasang glasswoll alternatif ini.



Sponsored Links

Kijang Innova & Fortuner Diesel - Upgrade Performa Kijang Innova (1)
Varian diesel dari Toyota Kijang Innova sempat menghilang dari peredaran. Namun tahun silam kembali ...

Cegah Mobil Bocor Kala Hujan
Bocor selalu memberi hasil yang tidak menyenangkan, bahkan di mobil sekalipun. Padahal salah sat...

Toyota Soluna (2) - Bagaimana merawat kaki-kaki dan mesin Soluna yah?
Berbicara soal kaki-kaki, boleh dibilang sedan 1.500 cc ini tergolong 'badak' alias kuat. Tak heran,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru