Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - Las Dingin = Tambal Fiber


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Suryo Sudjatmiko

Tidak sedikit jip yang menggunakan fiberglass sebagai bagian dari perlengkapan tubuhnya. Atap menjadi contoh yang paling banyak ditemui, mulai dari Jimny Sierra, Jeep CJ7 hingga Wrangler masih setia menggunakan atap dari adonan resin ini.

Bobot ringan menjadi kelebihan fiberglass, jip menjadi lebih enteng dibandingkan menggunakan atap besi. Namun bukan berarti bagian yang terbuat dari campuran serat kaca ini lantas 'suci' dari permasalahan. "Retak dan pecah acapkali mendera bagian-bagian yang terbuat dari fiberglass," terang Hasto, dedengkot dari bengkel Hasto Fiber.

Jika lempengan pelat besi pecah atau patah, maka harus dilakukan pengelasan. Begitu pula dengan fiberglass, untuk memperbaikinya harus dilas. "Namun bukan seperti pelat besi, pengelasan ini menggunakan fiber sebagai medianya," lanjut Hasto. "Kita sebut saja sebagai las dingin, biar mudah diingat," kekeh lelaki yang piawai membuat bodi kendaraan dari bahan fiber ini.

"Sebenarnya masalah seperti ini bukan hal yang rumit. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah," tutur lelaki asal Solo ini sembari menghisap rokok kretek filternya dalam-dalam. 

Bikin Adonan

Buatlah adonan fiber. Campur resin dengan hardenernya. Komposisi 1: 10 menjadi takaran yang paling ideal. Angka 10 merupakan takaran untuk resin, sedangkan 1 untuk hardenernya. Bisa saja komposisi ini diubah, namun perlu diingat bahwa semakin banyak hardenernya, fiber yang dihasilkan akan semakin cepat kering, namun konsekuensinya, fiber menjadi lebih getas. (adonan)

Alat bahan
1. Resin fiber
2. Met serat gelas
3. Kuas
4. Gerinda
5. Dempul

Langkah

  1. Gunakan gerinda untuk mengikis bagian yang retak pada bidang fiber tersebut. Bersihkan dan korek bagian yang akan diperbaiki, untuk memberi ruang bagi bahan yang akan digunakan untuk merekatkan dan menutup bidang rusak tersebut.
     
  2. Hamparkan potongan mat fiberglass pada bagian yang akan direparasi. Lantas oleskan adonan fiber yang sudah dicampur hardener sebagai 'las dingin'. Ulangi beberapa kali hingga bagian tersebut terlapisi dengan sempurna. Bagian yang dilapisi bahan reparasi akan lebih tebal dari ukuran aslinya.
     
  3. Tunggu hingga benar-benar kering. Kemudian gerinda lagi bagian yang telah direparasi tadi. Tujuannya untuk meratakan bagian yang terlalu tebal.
     
  4. Gunakan dempul untuk meratakan bagian tersebut hingga kembali lagi pada kondisi awal sebelum rusak. Haluskan dengan ampelas, lalu lanjut dengan pengecatan.

Hasto fiber
Jl. Melati 4 no 18 RC Veteran Bintaro
T: (021)68429943. 081310651059

Sumber : Penulis/Foto : Suryo Sudjatmiko - otomotifnet.com



Sponsored Links

Oto-Tips Suzuki APV - Usir Sampah Di Celah Atas Roda Suzuki APV
Memarkir mobil di bawah pohon yang rindang, memang menyenangkan karena suasana jadi adem akibat terh...

Rem
Fungsi rem adalah untuk mengurangi kecepatan atau untuk menghentikan roda sekaligus Rem merupakan ba...

Kaca Pintu Mobil Seret? Nih, Cara Memperlancarnya
Kaca pintu mobil mendadak tidak bisa diturunkan. Padahal, Anda harus masuk tol dan membayar tiket. K...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru