Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - Pasang Nipel Lengan Ayun Scorpio


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Tining/Yudi


Swing-arm Yamaha Scorpio juga perlu perawatan! Kalo dicuekin, dapat berisiko macet seperti padatnya lalu lintas Jakarta. Akibat karat, efeknya bisa parh. Bos atau bushing arm nempel dengan lengan ayun dan susah dicopot.

Sebelum telanjur, pasang nipel di jembatan lengan ayun (gbr. 1). Cara bikinnya gampang dan nggak butuh biaya banyak. "Cukup dengan modal Rp 25.000. Dijamin bisa bikin bos lebih awet dan terhindar dari karat," terang Dwi Utomo alias Jidat dari Datz Motors di Jl. Meruya Ilir Raya, No. 1A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


gb.1

gb.2

Pengerjaannya pun nggak butuh waktu lama. Pertama, siapkan nipel yang mau dipasang. Pilih sesuai selera. Dari yang harga Rp 10.000 sampai Rp 50.000. Kemudian lanjut dengan melepas arm yang hendak dilubangi. Siapkan bor untuk melubangi bagian tengah arm. Ukuran lubangnya kurang lebih 5 mm (gbr. 2). Setelah dibor, lubang tadi dibikin derat.

Fungsinya agar nipel langsung nempel dan gampang dipasang. Kelar itu pasang nipelnya. Beres deh. Fungsi nipel ini untuk nyuntikkan oli ke dalam bos arm. Sehingga nggak murah diserang karat. Menurut Jidat lagi, atas nama pemeliharaan, penyuntikkan bos arm ini baiknya dilakukan tiap 8 bulan. Coba deh!

Sumber : Penulis/Foto: Tining/Yudi - otomotifnet.com



Sponsored Links

Panduan ganti oli - Awas terlalu banyak isi oli mesin, bisa bikin air filter rusak!!!
Secara fungsi, oli mesin dipakai untuk meminimkan gesekan antar part yang ada di dalam mesin. Bila t...

Toyota Kijang Innova diesel - Cara mudah dongkrak 10 Dk!
Mengendarai mesin yang awalnya diciptakan Rudolf Karl Diesel pada Toyota Kijang Innova memang sangat...

Subtitusi per kopling kawasaki Ninja 250 - Ninja 250 adopsi per kopling jupiter MX: murah dan nendang...
Kawasaki Ninja 250 yang diupgrade mesin, punya gejala selip saat full throttle. Apalagi bila suhu ke...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru