Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 - Subtitusi part aksesori Ninja 250cc


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx / Kawasaki, Atenx

Gambar 1

 

 

 

 

Mengacu harga jualnya yang Rp 46 jutaan, semua setuju kalau target pembeli Kawasaki Ninja 250 kelas menengah ke atas. Alhasil, harga part aksesorinya juga ikut melambung.

 

Mahal, wajar! Sebab part itu barang impor. Tapi kok, part lokalan sama mahalnya? Nah itu dia, predikat motor mahal itu yang dimanfaatkan para pedege. Kalau sudah begini, Anda tentu bisa cari solusi ekonomis buat berdandan.

 

Caranya? "Sebenarnya kalau kreatif, pengaplikasian part aksesori ini bisa menghemat biaya sampai jutaan rupiah lo!" seru Ari Kristanto dari bengkel GMotor. So, mau tau aksesori motor lain yang bisa di aplikasi ke Ninja nopego? Nih, dia!

 

 

 

Footstep


Di pasaran, bia­sa dijual se­­harga dari Rp 1,8-4 jutaan. Weew! Mau hemat? Mending aplikasi foot step racing bawaan Suzuki Satria FU. Tapi, agar peranti itu bisa klop di Ninja, harus dibuatkan adaptor dulu mengingat jarak antara baut foot step di Ninja nopego dan Satria FU berbeda.

 

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

 

"Nah adaptornya itu bisa pakai pelat aluminium setebal 10 mm," tambah Ari. Mau tau harganya? Di Toko aksesori dijual dari Rp 300-700 ribuan. Untuk pilihan merek ada Yoshimura R-Pro dan RDR yang diklaim buatan Thailand.

 

Kampas Rem Racing


Di sektor ini memang belum ada satu merek yang mencuat untuk nopego. "Tapi kalaupun ada, pasti mahal," yakin mekanik humoris yang bilang, mending pakai kampas racing untuk Ninja RR karena bentuknya sama persis dan tinggal pasang.

 

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

 

Selain itu kata Tommi dari bengkel Ngayun Speed, perbedaan antara kampas rem nopego dan RR ada pada alurnya. "Bawaan Ninja 250 hanya terdapat satu alur, sedang Ninja RR ada 3 alur," ucapnya. Masalah harga, kampas rem racing Ninja RR label TDR dibanderol Rp 125 ribuan.

 

Headlam


Ini buat penyuka tampilan street fighter di Ninja 250 yang minim fairing. Nah karena melepas fairing sama dengan melepas headlamp, maka sebagai gantinya bisa lirik lampu depan aftermarket yang biasa dipakai motor dual purpose.

 

 

 

 

 Gambar 4

 

 

 

 

 

Di pasaran ada A­cer­bis, Polisport dan KW non merek seharga Rp 300-900 ribuan. Untuk merek Acerbis, Polisport, pegangan batok lampu sudah tersedia, sehingga gak perlu lagi membuat braket tambahan sebagai pegangan lampu.

 

Frame Slider


Berfungsi me­lindungi fairing saat motor jatuh. Nah yang banyak beredar di pasaran rata-rata dibanderol mulai Rp 700 ribu -1,5 jutaan. Mau yang lebih murah? Buatan Haryo Suyono dari Duta Teknik yang dijual Rp 300 ribu ini bisa jadi pilihan.

 

Bisa murah lantaran bagian rollernya gak pakai teflon seperti kebanyakan. "Saya pakai plastik paling kuat jenis pom, agar dapat menekan budget," ujar pria ramah ini. Selain itu, peranti ini juga bisa ditebus pretelan seperti bagian roller-nya saja seharga Rp 100 ribu/pasang.

 

Sumber :Penulis/Foto: Atenx / Kawasaki, Atenx - otomotifnet.com


wahyudani commented on 17 Aug 2010, 21:32:38
tolong dong dimana beli penahan fering ninja 250.. makasih



Sponsored Links

Berangus kerak karbon di ruang bakar mesin..
Mobil terasa kurang bertenaga, ngelitik, boros bensin dan emisinya kurang bagus meski rajin tune up?...

Suzuki Luncurkan SX4 Aerio Edisi Khusus
TEMPO Interaktif, London:Suzuki Motors Co, meluncurkan Suzuki SX4 Aerio edisi khusus. Crossover besu...

Yamaha Jupiter MX Bergaya MotoGP
Dari segi tampilan, Yamaha Jupiter MX 135 LC sudah keren, apalagi dimodifikasi, mau aliran apa saja,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru