Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Motor mogok karena sering berjemur? cermati lubang hawanya!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto:oct


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

Parkir kelamaan di lapangan terbuka saat matahari terik bersinar, bisa bikin motor ogah distarter, lo. Hal ini pernah dialami, sebut saja namanya Rinto, tiba-tiba besutan; Bajaj Pulsar 200 DTS-i ogah distarter. Keruan, hal ini membuatnya panik. "Kenapa, ya?" pikirnya.

 

Setelah konsultasi, ternyata hal itu gak cuma bisa dialami satu tipe dan merek motor saja. "Bisa terjadi pada semua jenis motor, kok," ujar Kiki Gustiawan, mekanik bengkel umum Joeray Motor Sport di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Pemicunya, kotoran yang menyumbat lubang hawa pada tangki bahan bakar, menjadi biang kerok besutan jadi ngambek (gbr.1). Kotoran itu sendiri, datangnya dari berbagai macam media.

 

Bisa emang dari bahan bakarnya yang Anda beli kurang steril, bisa juga karena kotoran berhasil menyelinap ke peranti itu. "Nah, saat hawa panas itu langsung ke tangki, membuat oksigen di dalamnya menguap.

 

Alhasil bensin yang seharusnya turun ke karburator, jadi mampet," kata mekanik berbadan subur ini.

 

Mau tau letak lubang hawa tersebut? Pada motor sport yang model tutup tangkinya seperti Bajaj Pulsar, punya 2 lubang hawa. Pertama di dalam tangki dan yang berikutnya pada tutup tangki (gbr.2).

 

"Untuk Honda Tiger, lubang hawanya hanya ada 1 dan terdapat di dasar tutup tangki," tutur Juki, panggilan akrab Kiki Gustiawan (gbr.3).

 

Sementara bila biker besutannya motor bebek dan skutik, lubang hawanya didesain atau diletakkan pada tutup tangki. Ada 4 buah lubang hawa pada motor jenis ini (gbr.4).

 

Nah agar enggak malu karena motor mogok setelah mengajak pacar melihat-lihat pemandangan pantai pada siang hari, pastikan lubang hawa baik yang di tangki maupun pada tutup tangki bersih dari kotoran.

 

"Caranya gampang dan enggak perlu butuh banyak alat. Tinggal semprot lubang hawa yang di tangki dengan angin dari kompresor, sroot... Pun demikian pada lubang hawa yang ada pada tutup tangki," anjur Juki.

 

Sumber :Penulis/Foto:oct - otomotifnet.com



Sponsored Links

Tips jika mengalami kecelakaan
1.bersikaplah tenang 2.harus bertanggung jawab dan harus bisa menyelamatkan si korban 3.dan harus ...

EZ Matic : Konversi Transmisi Manual ke Matic
Transmisi manual dan otomatis memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing dan peminatnya sendiri-...

SERVIS KHUSUS TRANSMISI MANUAL
MENCARI GANGGUAN PADA TRANSMISI


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru